60 Kata-Kata Makrifat Menyentuh, Nasihat Islami yang Bijak

Minggu, 06 Juni 2021 11:11 Penulis: Dhia Amira
60 Kata-Kata Makrifat Menyentuh, Nasihat Islami yang Bijak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Makrifat adalah sifat berani melawan syahwat, amarah, serta mampu meninggalkan berbagai hal buruk yang dilarang dalam agama. Makrifat merupakan suatu pengalaman batin yang tidak tampak atau tidak terlihat. Sebab, hal ini berkaitan dengan pola pikir seseorang yang dapat menghindarkan diri sendiri dari berbagai perbuatan buruk dan maksiat. Ada banyak sekali kata-kata makrifat yang bisa menjadi sebuah nasihat diri.

Dalam agama Islam setan merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang ada untuk mengganggu manusia. Di sini, setan dapat mempengaruhi pikiran manusia untuk melakukan suatu tindakan atau hal yang buruk. Jika manusia tergoda dan mengikuti pikiran tersebut, maka setan berhasil membawa manusia pada hal yang dibenci Allah.

Meskipun dalam ajaran sangat wajar terjadi, namun manusia perlu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah agar senantiasa dilindungi dari segala godaan setan. Dan untuk mengingatkan diri agar selalu berada di jalan Allah SWT, kalian bisa menggunakan kata-kata makrifat yang menyentuh tersebut.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 60 kata-kata makrifat yang bijak dan menyentuh hati. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Makrifat Penuh Makna

Kata-kata makrifat yang pertama yaitu ada kata-kata makrifat yang penuh akan makna mendalam. Kata-kata ini bisa menggetarkan hati kita sebagai seorang muslim. Berikut ini kata-kata makrifat yang penuh makna tersebut:

1. "Mengikuti kehendak hawa nafsu, berarti menjauhi kebenaran."

2. "Sering mengubur orang mati diantara mereka, namun mereka tak mengambil pelajaran dari kematian itu."

3. "Orang yang dicintai Allah SWT diantara kalian adalah orang yang paling sedikit makannya."

4. "Setiap orang yang mencintai sesuatu pasti memburunya .Setiap orang yang berani kepada Allah SWT pasti akan takut pada makhluknya."

5. "Harta adalah kemegahan orang-orang yang takabur."

6. "Orang yang lirikannya tidak bermanfaat maka ucapannya pun tidak akan bermanfaat."

7. "Jangan melakukan perdebatan dengan orang bodoh dan dungu nanti engkau akan dihina dan disakiti."

8. "Jangan berdebat dengan orang pandai nanti engkau akan dikecam dan dimusuhi."

9. "Orang yang merampas hak orang lain maka di akhirat akan dirampas amal baiknya oleh orang yang didzaliminya."

10. "Jangan mencintai dunia membabi buta,karena dunia bukan tempat orang orang mukmin."

11. "Doa mungkin tidak mengubah keadaan kita. Tapi doa memampukan kita untuk menghadapi masalah kita."

12. "Kamu mungkin melewati hari tanpa memikirkan Tuhan, namun tak pernah sedetikpun Dia tak memikirkanmu. Bersyukurlah."

13. "Cintailah seseorang dari kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya."

14. "Jika kamu hanya lakukan apa yang kamu tahu bisa kamu lakukan, kamu tak akan pernah melakukan banyak hal. Jangan takut mencoba!"

15. "Kebesaran hati seseorang, dapat dilihat dari kemampuannya dalam memaafkan kesalahan dirinya pun orang lain."

16. "Jangan ragu tuk mencoba, jangan takut akan kegagalan. Takut akan kegagalan adalah hal yang membuat mimpi tidak akan bisa terwujud."

17. "Maafkan diri sendiri sebelum memaafkan orang lain. Mereka yang tak bisa memaafkan diri sendiri, tak akan bisa memaafkan orang lain."

18. "Tak ada jalan pintas menuju sukses. Kegagalanmu hari ini adalah kesuksesan hari esok. Terus berusaha dan berdoa, teman."

19. "Jangan melihat masa lalu lebih baik dari yang seharusnya, karena akan membuatmu melihat saat ini lebih buruk dari yang sebenarnya."

20. "Jangan hidup dalam kepura-puraan maupun kebohongan, karena pada akhirnya kebenaran pasti terungkap, dan kamulah yang menderita."

 

2. Kata-Kata Makrifat yang Indah

Kemudian kata-kata makrifat yang selanjutnya yaitu ada kata-kata yang indah. Ya, bagi kalian yang suka dengan nasihat Islami yang indah, maka kata-kata berikut ini akan cocok. Inilah beberapa kata-kata makrifat yang indah tersebut:

21. "Kekayaan tidak bisa di peroleh dengan kerja keras dan cita-cita semata melainkan atas kehendak allah."

22. "Pembungkus agama adalah jangan banyak bicara. kecuali yang perlu-perlu saja. meninggalkan duniawi kecuali yang perlu saja sekedar bekal hidup."

23. "siapa yang sedang mencari ilmu, berarti ia sedang mencari surga."

24. "Kamu tak mampu mengubah segala hal yang tak kamu suka, tapi kamu punya pilihan tuk tinggalkannya atau belajar tuk hidup dengannya."

25. "Hanya karena kamu merasa diabaikan, bukan berarti kamu harus membenci."

26. "Berhenti berusaha menjadi seperti orang lain, karena itu hanya membuatmu tak menghargai dirimu sendiri."

27. "Ketika seseorang yang sangat kamu percaya mendustaimu, ketahuilah bahwa kamu tengah belajar tuk lebih percaya pada dirimu sendiri."

28. "Hidup ini tak akan lepas dari masalah, namun jangan memohon Tuhan akan kemudahan, mohon kekuatan tuk bisa melaluinya."

29. "Hanya karena seseorang tak menyukaimu, bukan berarti kamu harus berubah demi mereka."

30. "Terkadang kamu memilih tuk diam, bukan karena tak bisa menjelaskan, namun karena kamu tak ingin menyakiti perasaan."

31. "Ketika masalah datang menghampirimu, jangan berharap ia akan mudah, namun berharaplah bahwa ia akan membuatmu dewasa."

32. "Sahabat bukanlah mereka yang telah lama kamu kenal, namun mereka yang datang menghampirimu dan tak pernah meninggalkanmu."

33. "Kesalahan dan kegagalan adalah cara Tuhan mengajarkanmu tentang kegigihan dan kebijaksanaan. Jangan takut salah."

34. "Iman itu bukan karena melihat, itu menyaksikan. Bukan pula karena tahu, itu pengetahuan. Iman itu karena Percaya."

35. "Tuhan menempatkan seseorang dalam hidupmu karena sebuah alasan, dan menghapusnya dari hidupmu tuk sebuah alasan yang lebih baik."

36. "Senyumlah tuk mereka yang menangis untukmu, berjuanglah tuk mereka yang melindungimu, dan cintailah mereka yang mencintaimu."

37. "Ketika kamu menghindari masalah, ia akan bersamamu lebih lama. Namun ketika kamu hadapi, ia akan membuatmu lebih bijaksana."

38. "Jangan tangisi dia yang telah mengkhianatimu. Bersyukurlah, karena Tuhan telah menunjukkan bahwa dia bukan orang yang tepat bagimu."

39. "Jangan mengeluh banyaknya masalah dalam hidupmu, percayalah, Tuhan memberikannya karena Dia ingin kamu menjadi lebih kuat."

40. "Jangan hiraukan mereka yang membencimu, terkadang mereka membencimu karena mereka tak mampu menerima kenyataan bahwa kamu benar."

 

3. Kata-Kata Makrifat yang Menyentuh Hati

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata makrifat yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan dan nasihat agar kiat selalu ingat pada Allah SWT. Berikut ini kata-kata makrifat yang menyentuh hati tersebut:

41. "Kadang meskipun dia membuatmu terluka, kamu tetap bertahan, karena kamu takut perasaan yang kamu miliki saat ini tak akan terulang."

42. "Kebahagiaan bukan milik mereka yang memiliki segalanya, namun milik mereka yang mampu bersyukur atas apa yang mereka miliki saat ini."

43. "Cinta sejati tak mengeluh saat ia terasa sakit, tak menyerah saat ia terasa sulit, tak membenci saat harus melepaskan."

44. "Kebahagiaan adalah milik mereka yang mempunyai impian, dan punya keberanian tuk berusaha mewujudkannya jadi kenyataan."

45. "Menyedihkan ketika dia yang kamu percaya berdusta, bukan karena ketidakjujurannya, namun karena dia tak bisa lagi dipercaya."

46. "Kamu mungkin akan menderita jika kamu terlalu percaya pada seseorang, namun kamu akan lebih menderita jika tak percaya siapapun."

47. "Seorang yang bijak tahu bagaimana bersikap baik. Seorang yang baik tak selalu tahu bagaimana bersikap bijak."

48. "Tuhan tak akan memberimu mimpi jika Dia tak memberimu kemampuan tuk mewujudkannya."

49. "Tuhan memang selalu menjanjikan yang terbaik, namun bukan berarti jalan yang kamu tempuh akan mudah. Apapun itu, bersyukurlah."

50. "Kamu mungkin melewati hari tanpa memikirkan Tuhan, namun tak pernah sedetikpun Dia tak memikirkanmu. Bersyukurlah."

51. "Tak peduli apa yang telah hilang dalam hidupmu, selama kamu masih mampu bersyukur pada Tuhan, kamu tak pernah kehilangan apapun. Jangan memandang rendah seseorang, karena jika kamu hanya melihat ke bawah, kamu tak dapat melihat sesuatu yang di atasmu."

52. "Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika apa yang kamu inginkan adalah sesuatu yang telah Tuhan persiapkan untukmu!"

53. "Jangan terus tangisi dia yang meninggalkanmu. Tersenyumlah, karena kepergiannya membuat ruang baru tuk seseorang yang lebih baik."

54. "Ketika berbuat kebaikan, jangan mengharap imbalan. Sebab kita akan dapatkan cinta dari Tuhan yang lebih bernilai dibanding imbalan."

55. "Sahabat adalah mereka yang selalu membantumu bangkit ketika seluruh dunia berusaha menjatuhkanmu. Mereka yang buatmu percaya diri."

56. "Mereka yang membencimu tak selalu katakan hal yang salah, terkadang mereka juga katakan hal yang benar tentangmu. Introspeksi itu perlu."

57. "Bukan karena hari ini indah, kita menjadi bahagia, tetapi karena kita bahagia, maka hari ini menjadi indah."

58. "Hidup ini singkat. Jalani hidupmu selagi bisa, jangan peduli apa yang orang katakan tentangmu. Lakukan apa yang membuatmu bahagia."

59. "Setiap orang harus tahu ketika tiba waktunya tuk merelakan, karena setiap orang harus belajar tuk tumbuh."

60. "Jika kamu selalu berkata jujur, kamu tak akan pernah takut atas apa yang telah kamu ucapkan."

Itulah 60 kata-kata makrifat yang menyentuh dan penuh akan makna mendalam. Semoga dengan kata-kata makrifat ini kita semakin dekat dan beriman pada Allah SWT.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI