Tata Cara Sholat Hajat Beserta Niat, Lengkap dengan Waktu yang Mustajab

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diperbarui: Diterbitkan:

Tata Cara Sholat Hajat Beserta Niat, Lengkap dengan Waktu yang Mustajab
Ilustrasi (Credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Ramadan merupakan momen bagi pemeluk agama Islam untuk memperbanyak ibadah dan amalan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim, kalian tentu sudah mengetahui pentingnya ibadah sholat. Ada sholat 5 waktu yang wajib dikerjakan setiap hari, lalu ada pula sholat sunnah salah satunya yaitu sholat hajat.

Waktu sholat hajat pun pasti tak ingin kalian lewatkan begitu saja. Maka dari itu, simak informasi mengenai waktu sholat hajat lengkap dengan amalan mustajab yang dilansir dari merdeka.com.

Nabi Muhammad SAW memperkenalkan berbagai jenis ibadah sholat sunnah. Salah satunya adalah sholat hajat. Waktu sholat hajat pun sudah ada anjuran yang dianggap paling baik untuk melakukannya.

Sholat hajat adalah ibadah sholat yang dilakukan ketika seseorang memiliki suatu keinginan ataupun hajat. Ibadah ini merupakan satu bentuk ikhtiar agar keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Entah itu keinginan yang berkaitan dengan rezeki, jodoh, atau perlindungan dari perkara-perkara mudarat.

 

 

 

1. Keutamaan Sholat Hajat

Meminta sesuatu kepada Allah SWT bukan sesuatu yang dilarang. Asalkan hajat tersebut diminta dengan cara yang sesuai syariat. Kapan waktu sholat hajat dan tata caranya? Sehubungan dengan sholat hajat, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

"Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat." (HR.Ahmad).

Berdasarkan hadis tersebut, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umatnya untuk memanfaatkan waktu sholat hajat dengan sebaik-baiknya jika berharap keinginannya dikabulkan Allah SWT.

Ada pula keutamaan dari sholat hajat, yakni keinginan yang dikabulkan oleh Allah SWT dengan jalan terbaik menurut-Nya. Waktu sholat hajat yang kalian manfaat dengan sebaik-baiknya juga mendatangkan berbagai kebaikan lain. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

- Mendapatkan pahala dari Allah SWT

- Mendekatkan diri kepada Allah SWT

- Mendapatkan perasaan yang tenang

- Rasa tawakal yang lebih kuat

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Waktu Sholat Hajat yang Dianjurkan

Waktu sholat hajat hendaknya dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Setiap 2 rakaat harus disertai dengan salam. Pengerjaannya bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu-waktu yang dilarang melakukan ibadah sholat. Waktu sholat hajat yang dimaksud adalah:

-Selepas sholat subuh hingga matahari terbit

-Selepas waktu ashar hingga matahari terbenam

-Waktu terbaik untuk melakukan sholat hajat adalah malam hari, terutama di sepertiga bagian terakhir malam.

 

 

 

3. Niat dan Tata Cara Sholat hajat

Niat sholat hajat diucapkan dalam hati seperti pada umumnya. Berikut ini bacaannya:

"Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala."

Artinya:

"Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

 

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat tidak berbeda dari sholat-sholat lainnya. Perbedaannya terletak pada niat. Berikut tata caranya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membaca niat

2. Membaca doa Iftitah dan Surat Al-fatihah

3. Membaca surat pendek

4. Ruku dengan tuma'ninah

5. I'tidal dengan tuma'ninah

6. Sujud dengan bacaan tuma'ninah

7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

8. Sujud kedua dengan tuma'ninah

9. Mengerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama dengan membaca ayat kursi sebagai pengganti surat pendek.

10. Salam

 

 

4. Waktu Sholat Hajat serta Amalan yang Mustajab

Setelah melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu sholat hajat, kalian dianjurkan untuk membaca doa. Lebih baik lagi jika setelah salam bersujud dengan maksud tadzallul, merendahkan diri kepada Allah SWT.

Selagi sujud ini kalian bisa mengamalkan bacaan berikut:

"Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim." (Sebanyak 10 kali)

Setelahnya kalian bisa membaca bacaan berikut:

"Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'alaa ali sayyidina Muhammad." (Sebanyak 10 kali)

Terakhir bacalah doa keselamatan dunia dan akhirat dengan bacaan sebagai berikut:

"Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar."

Setelah sholat hajat, lanjutkan dengan bacaan doa berikut:

"LAA ILAHA ILLALLOHUL HAKIIMUL KARIIMU SUBHAANALLOHI ROBBIL 'ARSYIL AZHIIM. ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL AALAMIIN. AS ALUKA MUUJIBAARI ROHMATIKA WA 'AZAAIMA MAGHFIROTIKA WAL GHONIIMATA MING KULLI BIRRI WASSALAAMATA MING KULLI ITSMIN LAA TADA LII DZAMBAN ILLA GHOFARTAHU WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLA QODHOITAHAA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN."

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

Selesai membaca doa di atas setelah waktu sholat hajat, kalian bisa menyampaikan segala keinginan atau hajat menggunakan bahasa yang biasa kalian gunakan sehari-hari, sebab doa yang baik adalah doa yang dapat dimengerti.

Demikian anjuran waktu sholat hajat dan tata cara serta amalan yang mustajab. Waktu sholat hajat sebaiknya kalian manfaatkan dengan sungguh-sungguh, apalagi ketika kalian memiliki keinginan besar dan merasa kesulitan untuk mewujudkannya.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending