Waspada! Kamera Tersembunyi Dalam Kamar Motel Hantui Warga Korea

Kamis, 21 Maret 2019 18:10 Penulis: Kistin Septiyani
Waspada! Kamera Tersembunyi Dalam Kamar Motel Hantui Warga Korea
Salah satu kamar motel yang dipasangi kamera tersembunyi © Koreaboo

Kapanlagi Plus - Biro Cyber Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan kini telah melakukan investigasi terkait dengan pemasangan kamera tersembunyi berukuran super kecil di kamar-kamar motel di Korea Selatan. Mereka melakukan pemeriksaan terhadap 4 orang pelaku yang menginstal kamera tersebut di motel yang tersebar di seluruh penjuru Negeri Gingseng.

Kamera berukuran sangat kecil ini digunakan oleh para pelaku untuk merekam aktivitas privat para pengunjung kamar. Tak hanya itu, mereka bahkan menyebarkan rekaman tersebut dengan melakukan siaran langsung melalui kamera yang sudah dipasang.

Mengutip Koreaboo, pada Kamis (21/3/2019), pihak kepolisian menyatakan, para pelaku telah menginstal kamera protokol internet dalam 42 kamar di 30 motel berbeda yang tersebar hampir di 10 kota. Setidaknya lebih dari 1.600 pengunjung yang pernah bermalam dalam kamar-kamar tersebut telah menjadi korban.

Kamera tersembunyi yang di pasang di kamar motel © KoreabooKamera tersembunyi yang di pasang di kamar motel © Koreaboo

Sejak Juni 2018, dua dari empat pelaku mulai menyewakan kamar motel harian yang sudah dilengkapi kamera tersembunyi. Dua rekannya yang lain bertugas memastikan kamera-kamera tersembunyi tersebut bekerja sebagaimana mestinya.

Kamera yang digunakan oleh para kriminal ini berukuran kurang dari 1 mm. Dengan ukuran yang sangat kecil, kamera ini dapat dengan mudah diletakkan di berbagai tempat, seperti remote tv hingga hair dryer.

Mereka juga membuat website dengan server luar negeri untuk mendistribusikan video-video ilegal tersebut. Setidaknya ada 4.099 pengguna di website, deng 97 pengguna membayar untuk berlangganan. Sejak November 2018 hingga Maret 2019 tercatat 803 video telah mereka bagikan dengan keuntungan yang diperoleh mencapai 7.000 USD.

Pihak kepolisian menyarankan masyarakat untuk berhati-hati. Mereka juga disarankan untuk menutup lubang kecil yang mencurigakan jika menginap di kamar motel.

(kor/TIN)



MORE STORIES




REKOMENDASI