#WirausahaMerdeka dari LOKAmedia Merdeka dari Mengganggur, Belajar Jadi Produktif!

Sabtu, 09 Juni 2018 06:30 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
#WirausahaMerdeka dari LOKAmedia Merdeka dari Mengganggur, Belajar Jadi Produktif!
(c) LOKAmedia

Kapanlagi Plus - Jumlah pengangguran di sebuah negara adalah tantangan sosial dan ekonomi yang menjadi tugas banyak pihak, tak hanya pemerintah. Sejak pertama di-launching oleh PT IndoSterling Technomedia, LOKAmedia konsisten mendukung semangat wirausaha di Indonesia. LOKAmedia adalah hyper local directory engine, hadir sebagai situs dan aplikasi yang menghubungkan pengguna aplikasi dengan UMKM yang terdaftar di LOKAmedia. LOKamedia memudahkan penggunanya, menemukan barang dan jasa yang dibutuhkan dari radius 0-20 km.

LOKAmedia percaya bahwa UMKM adalah bukti kekuatan ekonomi rakyat, wujud nyata dari semangat wirausaha. Berlandaskan hal ini, sejak April 2018 LOKAmedia melaksanakan #WirausahaMerdeka, serangkaian program bina mitra yang diselenggarakan untuk memfasilitasi mereka yang memiliki semangat wirausaha untuk menjadi produktif dan berdaya.

(c) LOKAmedia(c) LOKAmedia

Sebanyak 20 calon wirausaha dibekali dengan keterampilan yang perlu mereka kuasai, untuk menjadi seorang wirausahawan. Pembekalan ini terdiri dari:

• Coaching Clinic
• Training
• Assignment and Team Work Simulation

(c) LOKAmedia(c) LOKAmedia

Keduapuluh peserta #WirausahaMerdeka yang terbagi dalam 4 kelompok: Blue Force, Yellow Force, Tosca Force dan Orange Force – mendapatkan pelatihan dari mentor-mentor andal dalam subyek pembekalan :

• Finance oleh Nurfitriati Noeriman
• Salesmanship oleh Vanya Sunanto
• Social Media for Business oleh Ray Rahendra
• Entrepreneurial Skill oleh Mario Hadiwono
• Prospecting oleh Wcando.com
• Sales Discovery oleh Vanya Sunanto
• Objection Handling oleh Wcando.com
• Presentation Skill oleh Vanya Sunanto

Usai menjalani kegiatan tersebut, kemampuan para Mitra LOKAmedia diuji dalam sesi Assignment. Mereka turun lapangan untuk berhadapan langsung dengan unit-unit UMKM Indonesia untuk memahami model-model bisnis yang ada dan memetakan potensi serta permasalahan UMKM di Indonesia. Tak hanya itu, kesiapan unit-unit UMKM tersebut beserta pemilik dan pengelolanya juga dipantau agar dapat bertransformasi digital dan lebih banyak memanfaatkan peralatan-peralatan digital dalam mengembangkan serta memasarkan produk / jasa yang ditawarkan.

(c) LOKAmedia(c) LOKAmedia

Di akhir program #WirausahaMerdeka tahap 1, digelar Proklamasi #WirausahaMerdeka pada 8 Juni 2018. Acara ini dihadiri William Henley (Founder & CEO IndoSterling Group, Direktur Utama IndoSterling Technomedia), Deasy Sutedja (Communications Director IndoSterling Group), dan Mega Arnidya (VP Group Business Development, IndoSterling Technomedia). Hadir memeriahkan, entrepreneur dan entertainer Gofar Hilman, berbagi pengalaman dan inspirasi dalam perjalanan dan perjuangan wirausaha yang dilaluinya.

(c) LOKAmedia(c) LOKAmedia

Di akhir acara, turut dibagikan berbagai penghargaan untuk para peserta dan diumumkan bahwa pelatihan #WirausahaMerdeka tahap 2, akan diadakan di Bali September nanti. Seluruh peserta #WirausahaMerdeka berhak mengikuti pelatihan tahap 2 yang bertema POSITIVITY CAMP untuk menambah inspirasi, pengetahuan dan semangat wirausaha. Melalui #WirausahaMerdeka, LOKAmedia optimis akan semakin banyak angkatan kerja di Indonesia menjadi mandiri dan produktif.

Yuk, KLovers akses juga LOKAmedia melalui www.lokamedia.com atau unduh aplikasi Android-nya di Google PlayStore.

(kly/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI