Wirausahawan Adalah Pelaku Kegiatan Usaha, Ketahui Karakteristik dan Bidang-Bidangnya

Jum'at, 29 Januari 2021 09:33 Penulis: Puput Saputro
Wirausahawan Adalah Pelaku Kegiatan Usaha, Ketahui Karakteristik dan Bidang-Bidangnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Wirausaha menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi kalangan masyarakat awam. Malahan, belakangan kewirausahaan menjadi isu yang cukup sering diperbincangkan. Wirausaha atau kewirausahaan merupakan suatu kegiatan usaha untuk menghasilkan suatu hal inovatif dan bernilai ekonomi. Sementara, wirausahawan adalah sebutan untuk orang yang menjalankan kegiatan wirausaha.

Selain itu, wirausahawan adalah istilah lain yang sering dipakai untuk menyebut pengusaha. Pada masa kini, menjadi seorang wirausahawan sudah jadi cita-cita yang diidam-idamkan banyak orang. Pasalnya, wirausahawan dikenal sebagai sosok yang mandiri dan tekun dalam menjalankan kegiatan bisnis. Terlebih, di keseharian juga terdapat beberapa orang yang dikenal sebagai sosok wirausahawan berhasil.

Untuk tahu lebih dalam apa itu wirausahawan, simak ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Pengertian Wirausahawan

Seperti yang disinggung sebelumnya, secara umum wirausahawan adalah sebutan untuk pengusaha atau orang yang menjalankan kegiatan usaha. Pendapat umum tersebut, sejalan dengan definisi atau pengertian dari wirausahawan menurut sejumlah ahli berikut:

1. Raymond
Menurut Raymond, wirausahawan adalah sosok yang mempunyai karakter sifat inovatif, kreatif, serta mempunyai kemampuan dalam mewujudkan kreativitas, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

2. Richard Cantillon
Sementara itu, menurut Richard Cantillon wirausahawan adalah individu dengan kemampuan memindahkan atau mengkonversikan sumber daya yang bersifat ekonomis dengan tingkat produktivitas yang rendah ke produktivitas yang lebih tinggi.

3. Kathleen
Pendapat lain mengenai wirausahawan juga diungkapkan Kathleen. Menurutnya, wirausahawan adalah individu yang bertugas menjalankan, mengatur, dan mengambil risiko pekerjaan khususnya dalam dunia usaha.

4. Geoffrey G. Meredith
Geoffrey G. Meredith menyebut wirausahawan sebagai seseorang dengan kemampuan melihat dan menilai peluang bisnis dan mengumpulkan sumber daya untuk memperoleh keuntungan. Selain itu, seorang wirausahawan juga perlu mempunyai kemampuan dalam mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai kesuksesan di masa mendatang.

2. Karakteristik Seorang Wirausahawan

Dari beberapa penjelasan di atas, sekilas tampak beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Ya, bagaimanapun wirausahawan adalah sosok yang cakap dalam menjalankan kegiatan bisnis. Untuk itu, wirausahawan harus mempunyai sejumlah karakteristik sebagai berikut.

1. Selalu Berpikir Positif
Salah satu karakteristik yang wajib dimiliki wirausahawan adalah selalu berpikir positif. Hal ini akan terwujud dalam setiap sikap dan tindakan yang dilakukan dalam menjalankan bisnis. Pikiran positif juga akan membawa seorang wirausahawan selalu berpikir dan bertindak demi kemajuan usaha.

2. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan
Wirausahawan adalah sosok pemimpin bagi perusahaannya. Oleh karena itu, setiap wirausahawan juga harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi.

3. Berorientasi pada Hasil di Masa Mendatang
Wirausahawan adalah sosok yang jeli membaca peluang dan keuntungan. Tak sekadar jeli, seorang wirausahawan juga harus selalu berpandangan ke depan. Sehingga, hasil yang diraih tidak sebatas pada hari ini, melainkan juga dalam jangka panjang di masa mendatang.

4. Berani Mengambil Risiko
Kegiatan usaha atau bisnis, merupakan kegiatan yang cukup mempunyai risiko tinggi. Oleh karena itu, setiap wirausahawan juga harus punya keberanian dalam mengambil risiko. Tanpa keberanian tersebut, kegiatan usaha dapat berjalan stagnan dan tidak berkembang.

5. Mempunyai Rasa Percaya Diri
Rasa percaya diri juga penting untuk seorang wirausahawan. Rasa percaya diri akan jadi modal dalam menjalankan kegiatan usaha dengan tenang dan meyakinkan.

3. Bidang-Bidang Wirausahawan

Seiring dengan perkembangan zaman, peluang dan kesempatan untuk menjadi seorang wirausahawan semakin terbuka lebar. Saat ini, ada banyak bidang yang bisa dijajaki untuk memulai usaha. Berikut beberapa bidang wirausahawan tersebut.

1. Kuliner
Kuliner jadi salah satu bidang yang cukup banyak digeluti wirausahawan pemula. Pasalnya, bisnis kuliner terbilang mempunyai peluang yang cukup menggiurkan.

2. Fashion
Selain kuliner, bisnis fashion juga sering kali jadi pilihan banyak orang. Sama halnya dengan kuliner, fashion juga punya peluang yang menjanjikan karena industri ini tak pernah sepi peminat.

3. Gadget
Gadget saat ini juga seolah jadi kebutuhan sama seperti makanan dan pakaian. Aktivitas manusia sehari-hari tak bisa terlepas dari gadget. Hal ini membuat bisnis gadget juga cukup punya daya tarik tersendiri saat ini.

4. Kerajinan Tangan
Dengan bahan baku dan kreativitas yang mumpuni, bisnis kerajinan tangan juga bisa jadi suatu peluang bisnis yang menjanjikan. Produksi suvenir yang unik dan menarik juga selalu diminati. Tidak saja di kawasan-kawasan wisata, kini suvenir juga berpeluang dijual dalam berbagai momen seperti pernikahan, wisuda, dan sebagainya.

4. Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausahawan

Wirausahawan sering kali dipandang sama seperti profesi lainnya. Secara umum, hal ini cukup wajar sebab pada dasarnya menjadi wirausahawan juga mempunyai nilai plus dan minus tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi wirausahawan.

1. Kelebihan menjadi Wirausahawan:

1) Memiliki peluang untuk menciptakan sebuah perubahan.

2) Bisa melakukan hal apapun yang diinginkan.

3) Bisa berkontribusi pada masyarakat.

4) Punya peluang mendapat keuntungan yang besar.

5) Ada kesempatan mencapai potensi diri.

2. Kekurangan menjadi Wirausahawan:

1) Tanggung jawab sangat kompleks.

2) Harus mampu menentukan kebijakan dengan cepat.

3) Tingkat stres sangat tinggi.

4) Pendapatan yang tidak pasti dan tidak bisa memberi jaminan akan mencukupi kebutuhan bertahan hidup.

5) Risiko kehilangan investasi dengan tingkat kegagalan bisnis kecil relatif tinggi.

Itulah di antaranya ulasan mengenai wirausahawan adalah sebutan pelaku kegiatan usaha. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI