4 Jenis Buku Paling Populer, Lengkap Beserta Penjelasannya

Selasa, 09 Februari 2021 11:11 Penulis: Dita Tamara
4 Jenis Buku Paling Populer,  Lengkap Beserta Penjelasannya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Apa yang kalian lakukan ketika sedang waktu luang? Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan ketika sedang memiliki waktu luang seperti mendengarkan lagu favorit, menonton movie, atau membaca buku. Semua kegiatan yang dilakukan sebagai hobi memang selalu menyenangkan seperti halnya membaca buku. Selain menyenangkan, membaca buku juga punya segudang manfaat untuk diri kalian. Seperti halnya sebuah pepatah lama yang menyebutkan bahwa "Buku adalah jendela dunia", karena dengan buku kalian bisa mengetahui isi dunia tanpa harus bepergian ke setiap pelosok negeri.

Dengan membaca buku termasuk salah satu kegiatan yang menghasilkan banyak manfaat bagi yang membacanya. Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan olahraga, otak manusia memiliki fungsi kognitif yang harus dilatih kemampuan daya ingat dan konsentrasinya dengan cara membaca buku.

Apapun jenis buku yang dibaca, pasti akan memberi manfaat bagi yang membacanya. Misalnya dengan membaca novel, kalian akan dihibur dengan alur cerita yang menarik dan secara sadar otak akan ikut berimajinasi sesuai isi cerita. Atau ketika membaca buku majalah fashion, kalian bisa mendapatkan informasi tentang fashion terbaru atau tips mix and match dalam berpakaian agar terlihat modis. Nah belakangan, ada beberapa jenis buku paling populer yang sedang banyak diburu terutama oleh kaum millenial, seperti:

1. Buku Novel

Jenis buku paling populer yang pertama adalah buku novel. Novel adalah jenis buku fiksi naratif panjang dengan beberapa realisme. Novel disajikan dalam gaya prosa yang menunjukkan pengalaman manusia pribadi melalui rangkaian peristiwa yang berkesinambungan mengenai karakter. Sebuah novel biasanya menceritakan kisah yang memiliki narasi yang kompleks dan beragam.

Dengan membaca novel, kalian akan mendapatkan banyak manfaat seperti daya mental yang dapat memperlambat dalam pencegahan suatu penyakit, otak akan bekerja lebih ekstrim dan aktif yang membuat sistem syaraf bekerja aktif, melatih dan mengontrol emosi saat membaca novel. Membaca novel seperti membaca teka-teki karena membutuhkan kinerja otak untuk berpikir dan menemukan jawaban-jawaban dari alur cerita.

2. Buku Komik

Komik menjadi jenis buku paling populer peringkat kedua setelah novel. Komik adalah bacaan yang sangat populer dan digemari saat ini. Tidak hanya anak-anak yang menjadi penggemar komik, orang dewasa juga banyak yang gemar membaca komik. Komik memiliki cerita yang asik untuk dibaca dan terdapat gambar-gambar menarik sebagai pemikat hati untuk pembacanya terutama anak-anak.

Untuk mencari buku komik bukan hal yang sulit, buku komik mudah ditemukan di setiap toko-toko buku dan terdapat beragam jenis komik dengan beragam cerita. Dalam komik lebih banyak ditemukan gambar-gambar daripada narasi, gambar tersebut dibuat seolah-olah berbicara dan membentuk sebuah narasi. Komik termasuk dalam buku jenis sastra anak karena ceritanya banyak dikagumi oleh anak-anak.

Selain itu, komik juga mampu mengekspresikan berbagai gagasan, pemikiran atau maksud-maksud tertentu seperti halnya karya sastra. Gagasan yang diungkapkan dapat bervariasi seperti cerita fiksi, cerita binatang, cerita faktual, cerita historis, biografi, atau ide-ide yang sengaja dibuat untuk menyindir atau hanya untuk menampilkan cerita lucu. Berbeda halnya dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menyampaikan cerita melalui teks verbal, komik hadir lewat gambar dan bahasa sekaligus.

3. Buku Sastra

Sastra adalah bentuk tiruan kehidupan yang menggambarkan dan membahas kehidupan dengan beragam pemikiran manusia. Karya sastra memiliki lingkup yang luas, tapi pada umumnya membahas tentang masalah manusia, kehidupan dengan segala perasaan, pikiran, dan pandangan hidup.

Dalam sebuah karya sastra ini terselip pesan moral di beberapa bagian seperti di awal, tengah, atau akhir karya. Tujuan karya sastra adalah agar pembaca juga penikmat karya sastra mempunyai pandangan atau berperilaku seperti ajakan dari pembuat karya sastra.

4. Buku Puisi

Jenis buku populer yang terakhir adalah buku puisi. Akir-akhir ini buku puisi selalu diburu oleh para pembaca buku yang menyukai genre romance. Selain menghibur atau mengisi waktu kosong, buku puisi banyak dibaca karena terkadang mewakili isi hati melalui rangkaian huruf dalam sajak yang ditulis di dalamnya.

Dalam sebuah karya puisi kalian bisa mendapatkan banyak kata-kata indah atau sebuah kalimat yang mengandung banyak makna yang mendalam. Sehingga banyak anggapan bahwa seseorang yang menyukai puisi adalah seseorang yang romantis dan puitis.

Banyak penyair-penyair puisi hebat di Indonesia yang telah melahirkan beragam karyanya yang luar biasa. Salah satu buku puisi paling populer yang banyak dikenal baik yang menyukai puisi atau orang awam adalah buku Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang diterbitkan pada bulan Juni 2015. Buku setebal 135 halaman ini menceritakan tentang kehidupan antara dua sejoli yang penuh lika-liku.

Semakin sering kalian membaca buku, akan semakin menambah wawasan dan menambah asupan yang positif untuk otak. Selain itu semakin sering membaca, kalian akan terbiasa dan menemukan kata-kata dan kalimat baru yang akan berguna untuk menambah kosakata dalam berbicara. Sehingga seseorang yang gemar membaca dikenal sebagai seseorang yang berhati-hati dalam berbicara.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI