7 Jenis Bebek Potong Paling Unggul, Cocok Dibudidayakan

Selasa, 09 Februari 2021 10:11 Penulis: Dita Tamara
7 Jenis Bebek Potong Paling Unggul, Cocok Dibudidayakan
(credit: flicker)


Kapanlagi Plus - Jenis bebek potong dengan kualitas daging terbaik memang selalu dicari banyak orang. Hal ini lantaran jenis bebek potong memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Bahkan, kebanyakan orang pasti banyak yang menyukai bebek dibandingkan dengan daging ayam. Meski begitu, diketahui bebek mengandung banyak lemak, sehingga kalian juga harus berhati-hati supaya tidak mengonsumsinya berlebihan karena dapat menyebabkan kolesterol.

Banyaknya orang yang menyukai daging bebek, budidaya bebek pun saat ini memang sudah banyak diterapkan oleh masyarakat. Baik dalam skala besar maupun skala kecil dengan pemeliharaan yang terbilang sederhana. Tentu saja hal ini diimbangi dengan permintaan pasar yang menginginkan daging bebek.

Perlu kalian ketahui jika ternyata ada banyak jenis bebek potong yang bisa dikonsumsi atau yang sering disebut dengan bebek potong. Bahkan, sudah banyak sekali tersedia jenis bebek potong dan menjadi daging yang laris manis diserbu pembeli. Tak heran pula jika bebek potong banyak diternakkan dan menjadi bisnis menggiurkan. Lalu, kira-kira apa saja jenis bebek potong? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

 

1. Bebek Peking

Bebek peking menjadi salah satu jenis bebek potong yang paling populer. Diketahui jenis bebek ini berasal dari daerah China, kemudian didatangkan ke Amerika Serikat pada tahun 1870. Adapun ciri fisik dari jenis bebek ini yaitu di dominasi putih dengan paruh dan kaki yang berwarna kuning. Pertumbuhan bebek ini sangat cepat, jika merawatnya dengan intensif bobotnya bisa mencapai 2,5-3,5 kg dalam kurun waktu 2-3 bulan saja.

 

2. Bebek Alabio

Sudahkah kalian mengetahui jenis bebek alabio? Jenis bebek yang satu ini diketahui berasal dari daerah di Kabupaten hulu sungai utara Kalimantan Selatan yaitu Albio dan bebek ini sendiri merupakan hasil dari perkawinan silang bebek Kalimantan dengan bebek Peking. Rupanya, bebek Alabio jantan dan betina memiliki perbedaan lho.

Dimana bebek alabio jantan memiliki warna bulu coklat gelap atau abu-abu hitam dan di ekornya terdapat bulu yang melengkung keluar. Sedangkan bebek alabio betina berwarna coklat kuning keabuan berkombinasi bintik putih serta ujung dada, sayap dan kepala ada sembur warna hitam.

 

3. Bebek Rambon

Selanjutnya, jenis bebek potong yang perlu kalian ketahui yaitu bebek rambon. Bebek yang berasal dari perkawinan silang bebek Cirebon dan Alabio ini mempunyai rasa daging yang enak dengan produksi telur banyak. Ciri fisik dari bebek jenis ini yaitu memiliki warna bulu yang cenderung coklat mengkilap dan paruhnya agak kehitaman.

Bentuk tubuhnya tinggi ramping seperti botol dengan leher yang agak panjang dan mata yang bening cerah. Diketahui bebek jenis ini bias mencapai 1,3 kg dalam kurun waktu 2 bulan.

 

4. Bebek Mojosari

Bebek Mojorasi merupakan jenis bebek potong yang berasal dari Mojokerto Jawa Timur. Bebek ini identik dengan warna bulu kemerahan variasi coklat, hitam dan putih serta paruh dan kakinya yang berwarna hitam. Jenis bebek ini dijadikan sebagai bebek petelur karena produksi telurnya mencapai 230 hingga 265 per tahunnya.

Bebek Mojosari sendiri banyak dijadikan sebagai budidaya karena menguntungkan dalam hal pemasaran karena ukuran telur yang besar. Adapun bobot dari jenis bebek ini rata-rata 1,7 kg.

 

5. Bebek Raja

Bebek raja merupakan jenis bebek potong dengan kualitas terbaik. Bebek ini diketahui hasil perkawinan silang antara bebek jenis Alabio dengan bebek Mojosari, Jenis pejantan biasanya memiliki ciri khas bulu berwarna cokelat kehitaman dengan bulu suri pada sayap berwarna biru kehitaman. Sedangkan jenis betinanya berwarna cokelat kemerahan. Bebek ini diunggulkan untuk menjadi bebek pedaging dikarenakan pertumbuhannya yang lebih cepat dan dagingnya yang lebih tebal.

Bebek ini juga bisa menghasilkan telur sekitar 250 butir per tahunnya dengan berat per butirnya 69,7 gram. Bebek raja sendiri banyak menjadi pilihan untuk dibudidayakan karena bebek raja cukup tahan terhadap penyakit, serta tidak mudah stress.

 

6. Bebek Magelang

Bebek Magelang atau dengan sebutan lain bebek kalung ini berasal dari Secang Jawa Tengah. Ciri fisik dari bebek Magelang yaitu memiliki leher dan ada garis putih mengelilingi leher yang sekilas mirip kalung. Tak heran jika jenis bebek ini mudah untuk dikenali. Bebek Magelang mampu berproduksi 170 butir telur/ ekor. Berat telur 69,5 gram/ butir sehingga cukup besar. Bebek Magelang pada umur 8 minggu mempunyai berat hampir 1,9 kg per ekor. Sehingga bisa dijadikan bebek pedaging.

 

7. Bebek Bali

Bebek Bali atau yang sering disebut bebek pinguin merupakan jenis bebek potong yang unik karena jalannya mirip seperti pinguin. Ciri khas pada bebek Bali ini adalah jambul yang terdapat pada bagian kepalannya dan paruh berwarna kuning.

Tidak hanya sebagai bebek ternak tetapi bebek bali ini kerap dijadikan sebagai bebek hias karena warna bulu yang mengkilap dan jambul yang unik pada kepalanya. Bebek bali juga menjadi pilihan untuk dibudidayakan karena mempunyai kemampuan beradaptasi dengan baik.

Itulah sederet jenis bebek potong dengan kualitas terbaik. Mana jenis bebek potong favorit kalian?

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI