10 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Dapur dan Bahan Mudah, Murah, Meriah

Jum'at, 14 Juni 2019 10:53 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Dapur dan Bahan Mudah, Murah, Meriah
Ilustrasi Garam (cr:Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Senyum adalah ibadah yang paling mudah dilakukan. Banyak hal yang dapat mendukung indahnya senyuman. Gigi adalah salah satunya. Sebagian orang menunjukkan giginya saat mereka tersenyum. Tetapi apa jadinya jika gigimu kuning dan tidak cerah atau bahkan gelap kecoklatan? Tentu saja akan mengurangi indahnya senyumanmu.


Gigi kuning kerap kali menimbulkan beberapa masalah. Di antaranya mengurangi indahnya senyuman, mengurangi rasa percaya diri, bahkan tak jarang, lawan bicara kita merasa tidak nyaman saat melihat gigi kita ketika berbicara. Karena itu, banyak orang mencari cara memutihkan gigi. Berbagai usaha dilakukan. Mulai dari cara yang murah meriah dengan bahan alami sampai dengan cara yang dapat merogoh kantong dalam-dalam. Yang akan kita bahas kali ini adalah cara memutihkan gigi dengan bahan utama alami yaitu garam dapur dikombinasikan dengan bahan-bahan alami yang lain. Selain murah meriah, garam dapur dan bahan-bahan ini juga sangat amat mudah didapat. Apakah merogoh kantong dalam-dalam? Tentu saja tidak KLovers!


Yuk perhatikan baik-baik cara memutihkan gigi dengan garam dapur dengan kombinasi bahan lain yang mudah, murah dan meriah.


1. Garam Dapur dan Pasta Gigi


Tidaklah sulit untuk mendapatkan kedua bahan yang disebutkan. Kamu hanya butuh jalan ke dapur untuk mengambil garam dan berjalan ke kamar mandi untuk mendapatkan pasta gigi. Cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan pasta gigi adalah :
1. Siapkan garam dapur halus dan pasta gigi secukupnya.
2. Aplikasikan pasta gigi di atas bulu sikat gigimu.
3. Taburi garam di atas pasta gigi sampai dirasa cukup. Taburkan dengan teliti, jangan sampai ada garam yang terbuang. Nanti mubadzir, KLovers!
4. Jika sudah selesai proses nomor 3, sikatkanlah ke gigimu.
Lakukan ini tiga kali sehari untuk hasil yang sesuai dengan keinginanmu!


2. Garam Dapur dan Soda Kue


Dilansir dari fimela.com, garam dapur dan soda kue juga jadi cara memutihkan gigi dengan garam dapur yang dinilai memiliki hasil yang signifikan. Seperti yang telah kita ketahui, soda kue adalah bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam noda. Cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan soda kue dapat kamu lakukan dengan:
1. Siapkan 1 (satu) sendok makan garam dapur halus, 1 ½ sendok makan baking soda, dan air.
2. Campurkan ketiga bahan di atas hingga menjadi pasta.
3. Dengan menggunakan cotton buds, gosoklah pasta olahanmu tadi perlahan dan merata pada gigi.
4. Diamkan selama kurang lebih 25 menit. Lalu berkumurlah dengan air bersih.
5. Sebagai pamungkas, sikatlah gigimu menggunakan sikat gigi.
Ada satu hal yang perlu sobat KLovers perhatikan jika menggunakan cara ini. Perlu diketahui bahwa baking soda mengandung zat yang cukup tajam. Pemakaian soda kue yang berlebihan malah dapat mengikis lapisan enamel gigi. Maka dari itu, gunakanlah cara ini sewajarnya dan dengan sangat hati-hati.


3. Garam Dapur dan Air Hangat


Jikalau kamu mager untuk mencari bahan lain selain garam dapur, jangan mengurungkan niatmu untuk memutihkan gigi ya sobat KLovers! Sebab, hanya dengan garam dapur dan air hangat, kamu tetap dapat memutihkan gigi dengan garam dapur.
Cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan air hangat sangatlah mudah. Pertama, siapkan 1 sendok makan garam dapur dan segelas air hangat. Campurkan garam kedalam air dan berkumurlah menggunakan air tersebut sebelum menggosok gigi. Lakukan secara rutin sampai kamu melihat hasilnya. Mudah sekali kan?

4. Garam Dapur dan Jeruk Nipis


Cara alami memutihkan gigi dengan garam dapur yang lainnya adalah adalah dengan mengkombinasikan garam dapur dan jeruk nipis. Cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan jeruk nipis tidak kalah mudah dengan campuran garam dapur yang lain. Pertama, sediakan 1 sendok makan garam dapur halus, satu buah jeruk nipis, dan wadah kecil. Lalu, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian. Setelah itu, peras jeruk nipis, campurkan garam dapur dengan air perasan jeruk nipis, dan oleskan ke gigimu. Lakukan minimal 2 kali sehari untuk gigimu yang lebih putih dan cerah.

5. Garam Dapur dan Lemon


Tidak mau kalah dengan jeruk nipis, lemon juga bisa dijadikan partner oleh sang garam dapur untuk berkolaborasi dalam memutihkan gigimu. Kandungan asam dalam air lemon dapat menghilangkan noda kuning pada gigi dengan cepat. Wow, boleh banget kan kamu coba. Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan lemon.
1. Siapkan 1 sendok makan garam dapur dan 1 buah lemon yang telah diperas airnya, beserta satu wadah.
2. Campurlah kedua bahan itu dalam wadah, lalu aduk hingga rata.
3. Gosokkan pada gigimu yang kuning dan tidak cerah itu dan diamkan selama beberapa menit.
4. Jangan lupa, kumur air hangat untuk membersihkan gigimu. Lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu.

6. Garam Dapur dan Cuka Apel


Magnesium, asam asetat, potasium, dan probiotik yang terdapat pada kombinasi bahan Garam Dapur dan Cuka apel diklaim dapat bekerja secara optimal untuk mengembalikan warna alami gigi yang telah menguning. Dilansir dari doktersehat.com, kombinasi garam dan cuka apel juga bisa membersihkan mulut lebih baik dibandingkan dengan pasta gigi. Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan cuka apel.
1. Sediakanlah 1 sendok makan garam dapur, 1 ½ sendok makan cuka apel, air, dan satu gelas ukuran sedang.
2. Kombinasikan bahan-bahan tersebut ke dalam satu gelas ukuran sedang.
3. Setelah tercampur, gunakanlah air yang ada di dalam gelas untuk berkumur selama 5-10 menit.
4. Setelah itu, sikatlah gigimu seperti biasa dengan pasta gigi. Lakukan kegiatan ini dengan rutin 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.


7. Garam Dapur dan Minyak Goreng


Cara yang ketujuh ini adalah kolaborasi antara garam dapur dan minyak goreng. Dilansir dari Liputan6.com, orang india menggunakan cara tradisional ini untuk memutihkan giginya. Mereka menyebutnya Ayurveda. Orang india percaya bahwa kedua bahan ini dapat menghilangkan plak dan bakteri pada gigi yang membuatnya berwarna kekuningan. Kamu ingin membuktikan kebenarannya? Yuk lakukan cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan minyak goreng!
1. Siapkan garam dapur dan minyak goreng.
2. Campur kedua bahan di atas lalu tuangkan ke dalam mulut.
3. Berkumurlah selama 5-7 menit. Jangan di telan ya!
4. Buang campuran dalam mulutmu lalu bilas mulut dengan air dingin.
5. Sikat lagi gigimu dengan pasta gigi herbal.


8. Garam Dapur dan Cuka Putih


Sifat antibakteri yang tinggi pada cuka putih mampu menekan keberadaan bakteri penyebab plak. Kandungan asam asetatnya juga mampu mencegah penimbunan plak yang menyebabkan noda pada gigi. Kombinasinya dengan garam dapur diklaim efektif dalam mencegah demineralisasi enamel gigi. maka dari itu, kedua bahan ini dapat membantu kamu untuk memutihkan gigi. Caranya mudah sekali. Ambil 1 sendok teh garam. Kemudian campurkan dengan 2 sendok teh cuka putih di dalam ½ cangkir air hangat. Berkumurlah dengan air campuran itu secara rutin minimal 2-3 kali sehari. Tunggu hasilnya!


9. Garam Dapur dan Minyak Wijen


Minyak wijen dipercaya menjadi solusi yang ampuh untuk mencegah bau mulut, memutihkan gigi, menghilangkan plak dan bahkan menjadi obat bagi gusi berdarah. Untuk kinerjanya yang lebih efektif, garam dapur cocok menjadi teman minyak wijen dalam menjalankan aksinya. Cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan minyak wijen adalah :
1. Campurkan ½ sendok teh garam dengan minyak wijen secukupnya untuk dijadikan pasta.
2. Kamu bisa oleskan pasta itu atau gunakan sebagai pasta untuk menyikat gigi.
3. Berkumurlah dengan air bersih, lakukan 2 – 3 kali sehari secara rutin.

10. Garam Dapur dan Stroberi


Cara yang terakhir ini merupakan perpaduan antara garam dapur dan si merah cantik bernama stroberi. Kamu bisa memadukan Garam dapur dengan stoberi untuk memutihkan gigimu loh. Kandungan astrigen yang dinilai manjur untuk mengembalikan warna alami gigi dan Vit C yang mampu mengusir plak penyebab gigi kuning lah alasannya. Nggak percaya? Yuk dicoba, cara memutihkan gigi dengan garam dapur dan stoberi. Pertama, kamu harus siapkan 1 sendok makan garam dapur dan 1 buah stroberi. Lalu, haluskan stoberi dan campurlah dengan garam. Oleskan stoberi halus bergaram itu pada gigimu secara merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Sebagai pamungkas, gosok gigi sampai bersih dan lakukan cara ini minimal 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.


Nah KLovers, cukup mudah, murah dan meriah kan ketujuh cara di atas? Tunggu apa lagi? Ayo manfaatkan garam dapur dirumahmu dan kombinasikanlah dengan bahan lain yang sudah disebutkan untuk gigi putih cemerlang! Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

 

Penulis : Jihan Fadhilah

 

 

 

 

(kpl/mag/jjj)



MORE STORIES




REKOMENDASI