8 Cara Memutihkan Gigi Dengan Garam, Simpel, Praktis dan Efektif!

Senin, 20 Mei 2019 19:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
8 Cara Memutihkan Gigi Dengan Garam, Simpel, Praktis dan Efektif!
Ilustrasi Gigi Putih (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Gigi kuning memang tampak mengganggu bagi sebagian orang. Selain bikin nggak PD, terkadang gigi kuning juga akan menimbulkan bau nafas. Karena itu artinya masih ada kotoran yang menempel pada gigi yang disebabkan oleh beberapa hal sehingga gigi tampak terlihat kuning dan bau nafas. Diantaranya adalah jarang sikat gigi, merokok, sering ngopi (karena kopi mengandung kafein), dan sebagainya. Bahkan, salah posisi ketika menyikat gigi juga dapat menimbulkan gigi kuning loh. Karena kuman masih menempel dan akibatnya gigi tidak bersih.

Nah, Sudahkah kamu memperhatikan masalah ini pada gigi mu? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti contoh cara memutihkan gigi dengan baking soda atau dengan garam yang akan diulas pada artikel kali ini. Garam diyakini secara ampuh dapat mengatasi gigi kuning karena garam memiliki beberapa zat nutrisi seperti kalium, magnesium, fosfor, flour, dan natrium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi, tidak hanya untuk memutihkan tapi juga bisa merontokkan karang gigi serta menguatkan gigi dari dalam. Selain itu, garam dapat menjaga keseimbangan pH mulut yang akan membuat bakteri sulit untuk berkembang. Sebenarnya, caranya juga nggak susah dan nggak ribet kok, seperti 8 cara memutihkan gigi dengan garam dan berbagai bahan lainnya berikut ini:

1. Dengan Garam Dapur

Cara memutihkan gigi dengan garam yang pertama yaitu dengan garam murni. Jika selama ini menggunakan pasta gigi saja tidak cukup untuk membuat gigi menjadi putih bersih, gunakanlah garam. Garam dapur dapat melunturkan kotoran yang menempel pada gigi kamu. Caranya:

  1. Larutkan garam secukupnya ke dalam sebuah wadah
  2. Basahi sikat gigi kamu dengan larutan garam tadi
  3. Gunakan untuk menyikat gigi kamu (kali ini dengan cara yang benar)
  4. Terakhir, kumur dengan air bersih.

2. Garam Dapur dan Pasta Gigi

Seperti dilansir dari orangedentalhouse, campuran antara garam dan pasta gigi dapat menghasilkan formula racikan yang dapat memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan garam yang kedua ini hanya dengan mencampur garam dan pasta gigi. Kamu cukup menyiapkan odol atau pasta gigi dan garam saja. Caranya:

  1. Campurkan odol (takaran untuk sikat gigi sehari-hari) dan garam (secukupnya)
  2. Gunakan untuk sikat gigi (dengan cara yang benar)
  3. Kumur dengan air hangat
  4. Selesai.

3. Garam dan Lemon

Ilustrasi lemon (credit: Shutterstock)Ilustrasi lemon (credit: Shutterstock)

Cara memutihkan gigi selanjutnya yang dipercaya ampuh adalah dengan campuran antara garam dapur dan buah lemon. Lemon memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mengatasi gigi kuning. Dan konon, gigi kuning bisa hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama jika dilakukan rutin satu kali atau dua kali seminggu. Eits, namun jangan dilakukan terlalu sering karena akan berakibat buruk pada lapisan pelindung gigi. Pertama, kalian hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon dan 1 sendok teh garam halus. Untuk tahap proses pembuatan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan buah lemon terlebih dahulu
  2. Masukkan garam ke dalam wadah
  3. Potong buah lemon menjadi dua bagian, kemudian peras ke dalam wadah garam
  4. Perhatikan sampai garam benar-benar larut dalam perasan air lemon
  5. Gunakan campuran garam dan lemon ini sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi
  6. Sikat gigi selama kurang lebih 5 menit
  7. Terakhir, kumur dengan air.

4. Garam dan Jeruk Nipis

Dilansir dari doktersehat, racikan garam dengan jeruk nipis dapat secara alami membantu memutihkan gigi. Caranya simpel, kalian hanya perlu menyiapkan 1 sdm garam dapur halus, 1 buah jeruk nipis, dan mangkuk kecil sebagai wadah. Sedangkan untuk tahap pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan jeruk nipis terlebih dahulu
  2. Potong menjadi dua bagian
  3. Peras ke dalam wadah
  4. Campurkan air perasan dengan garam dan pasta gigi ke dalamnya
  5. Aduk sampai tercampur rata
  6. Setelah jadi, gunakan racikan garam,lemon dan pasta gigi tersebut untuk sikat gigi (sikat gigi dengan cara yang benar)

5. Garam dan Baking Soda

Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)

Yaps, baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur lainnya yang dipercaya dapat mengatasi gigi kuning guys. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk pemakaian dari bahan yang satu ini harus dalam takaran yang tidak berlebihan karena kandungan zatnya yang apabila digunakan dalam jumlah banyak dapat merusak lapisan enamel pada gigi. Pertama, kamu siapkan 1 sdm garam halus, 11/2 sdm baking soda, dan air. Tahapannya adalah seperti berikut ini:

  1. Campuran tiga bahan tersebut di atas (garam, baking soda, dan air) ke dalam sebuah wadah
  2. Aduk hingga tekstur menyerupai pasta
  3. Gunakanlah cotton bud untuk mengoleskan pasta pada gigi secara menyeluruh
  4. Tunggu selama kurang lebih 20 menit
  5. Terakhir, kumur dengan air sampai bersih
  6. Setelah selesai, sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

6. Garam dan Minyak Goreng

Cara memutihkan gigi selanjutnya menggunakan campuran garam dan minyak goreng. Konon, menggunakan campuran minyak goreng dan garam untuk memutihkan gigi ini berasal dari cara tradisional India yang disebut Ayurveda. Kedua bahan ini dipercaya dapat mengusi bakteri yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Pertama, siapkan minyak goreng dan garam. Caranya membuatnya adalah seperti berikut ini:

  1. Campurkan garam dan minyak goreng secukupnya ke dalam sebuah wadah
  2. Tuangkan ke dalam mulut
  3. Gunakan dengan cara berkumur selama 5 menit dan jangan ditelan
  4. Buang kumuran tersebut dan kumur lagi dengan air dingin
  5. Setelah selesai, sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasanya.

7. Garam dan Cuka Apel

Ilustrasi cuka apel (credit: Shutterstock)Ilustrasi cuka apel (credit: Shutterstock)

Yuhu, nggak ketinggalan juga cuka apel yang satu ini guys. Karena cuka apel terbukti sebagai cara memutihkan gigi secara alami yang juga efektif. Cuka apel, mengandung zat asam asetat, magnesium, dan potassium yang berkhasiat untuk merontokkan kotoran akibat gigi kuning. Caranya juga nggak kalah simpel, kamu hanya perlu menyiapkan 1 sdm garam halus, 1 ½ sdm cuka apel, dan air perasan lemon. Berikut adalah prosesnya:

  1. Campurkan bahan-bahan tersebut di atas (garam, cuka apel, dan perasan lemon) ke dalam gelas
  2. Aduk sampai rata
  3. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 5 sampai 10 menit
  4. Setelah selesai, sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa
  5. Selesai

8. Garam dan Stroberi

Ilustrasi buah strawberry (credit: Shutterstock)Ilustrasi buah strawberry (credit: Shutterstock)

Campuran pemutih gigi kali ini menggunakan buah stroberi, kok bisa? Bisa, karena kandungan astrigen dan vitamin C dari buah stroberi dipercaya dapat menghilangkan kotoran yang menyebabkan gigi menjadi menguning. Cara memutihkan gigi kali ini kamu cukup menyiapkan 1 sdm garam halus dan 1 buah stroberi. Caranya seperti di bawah ini:

  1. Bersihkan dan haluskan buah stroberi
  2. Masukkan ke dalam wadah
  3. Campur dengan garam sambil diaduk
  4. Oleskan campuran garam dan stroberi tersebut pada gigi secara menyeluruh menggunakan cotton bud
  5. Tunggu selama kurang lebih 20 menit
  6. Lalu, gosok gigi hingga bersih dan kumur dengan air

Cara memutihkan gigi dengan garam memang dapat secara efektif menghilangkan gigi kuning. Namun sebaiknya, memutihkan gigi dengan garam tidak kamu lakukan terlalu sering, karena seperti dilansir dari klikdokter, garam memiliki sifat abrasive yang apabila digunakan terlalu sering untuk memutihkan gigi dapat menyebabkan lapisan gigi jadi terkikis guys. Sekian, semoga bermanfaat.

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI