10 Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami dan Praktis, Bahan Mudah Didapat

Jum'at, 17 April 2020 12:44 Penulis: Dhia Amira
10 Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami dan Praktis, Bahan Mudah Didapat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Memiliki bibir merah dan indah adalah idaman setiap wanita, tetapi nyatanya tak semua wanita dapat memiliki bibir yang merah dan juga indah. Alasannya karena lipstik yang mereka pakai tak cocok untuk di bibir hingga dapat membuat bibir menghitam. Atau bisa juga karena gaya hidup yang membuat kulit di bibir akhirnya menghitam. Mungkin ada banyak dari kalian yang mencari cara mencerahkan bibir secara cepat dan mudah.

Tetapi tak semua cara mencerahkan bibir yang cepat dan juga mudah itu baik untuk gunakan baik ya KLovers. Ada juga yang dapat membahayakan bibir kita karena ingin mendapatkan hasil yang instan.

Untuk itu, inilah beberapa cara mencerahkan bibir secara alami yang telah dilansir dari berbagai sumber. Mungkin saja ada salah satu cara yang cocok untuk kalian.

 

 

 

1. Lemon

Cara mencerahkan bibir yang pertama yaitu dengan menggunakan buah lemon. Karena di dalam lemon terkandung bahan sitrus yang dapat menjadi penghambat melanin. Memiliki kadar melanin yang berlebih dalam tubuh dapat memicu bibir yang gelap. Untuk itu kalian dapat menggunakan lemon sebagai cara mencerahkan bibir secara alami. Bila kalian tak dapat menemukan lemon, kalian juga bisa kok menggunakan jeruk nipis.

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga memiliki bahan sitrus yang dapat mengurangi kandungan melanin dalam tubuh. Cara menggunakannya cukup oleskan cairan air lemon ke bibir kalian secara lembut, dan lakukan hal ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kunyit

Cara mencerahkan bibir secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Rempah yang menjadi bumbu masakan ini ternyata dapat mencerahkan bibir yang hitam loh KLovers. Dalam studi yang dimuat di Cell Biology and Toxicology, kunyit disebutkan berpotensi ampuh sebagai penghambat melanin penyebab hiperpigmentasi.

Caranya mudah, kalian bisa menggunakan bubuk kunyit dan berikan sedikit susu cair lalu aduk hingga membentuk sebuah pasta. Gosokkan adonan tersebut ke bibir kalian dan diamkan selama 5 menit, kalau sudah bisa kalian bila dengan air bersih.

3. Delima

Lalu cara mencerahkan bibir selanjutnya yaitu dengan menggunakan buah delima, tetapi yang digunakan bijinya ya KLovers. Diketahui bahwa Biji buah delima mampu membantu mengatasi hiperpigmentasi kulit, termasuk kulit bibir. Kandungan polifenol yang ada di dalam biji buah delima menjadi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Caranya mudah, kalian cukup megoleskan ekstrak biji buah delima pada bibir secara rutin agar mendapatkan warna merah alami secara maksimal.

4. Lidah Buaya

Menurut penelitian dari Korea Selatan, para ahli di Seoul Journal Korea mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek hiperpigmentasi yang tak hanya membantu merawat kesehatan kulit tetapi juga dapat membantu mencerahkan bibir yang hitam. Caranya mudah, kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bibir dan diamkan hingga 15 menit. Kalau sudah 15 menit, kalian bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin.

5. Susu

Ternyata minuman yang satu ini juga dapat menjadi cara mencerahkan bibir secara alami. Diketahui bahwa dalam susu terdapat kandungan asam laktat yang efektif sebagai penghilang flek dan noda hitam di bibir.

Susu juga bisa melembabkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir kita. Caranya, Kalian bisa mengoleskan atau mengonsumsi susu murni secara rutin agar mendapatkan hasil bibir yang merah secara maksimal.

6. Madu

Cara mencerahkan bibir selanjutnya yaitu dengan menggunakan madu alami. Diketahui bahwa, kandungan glukosa dan fruktosa yang ada di dalam madu dapat berguna untuk merangsang epidermis yang memproduksi kolagen baru pada bibir kalian. Madu juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir agar bibir terlihat lembut dan tidak kering, dengan begitu warna bibir kalian akan terlihat lebih cerah.

Caranya mudah, kalian hanya perlu mengoleskan bibir menggunakan madu alami secara rutin di pagi atau sore hari agar mendapatkan bibir merah secara maksimal.

7. Alpukat

Ternyata buah yang bertekstur lembut ini dapat menjadi cara mencerahkan bibir secara alami loh KLovers. Karena di dalam buah alpukat terdapat antioksidan yang mampu mengurangi flek dan noda hitam pada bibir.

Sifat Antioksidan yang ada di dalam alpukat inilah yang dapat membantu memelihara elastisitas dan kekuatan kulit bibir agar tampak kenyal dan terlihat lembut. Caranya yaitu, kalian dapat mengonsumsi secara langsung atau menjadikannya sebagai masker untuk bibir kalian.

8. Minyak Zaitun

Selanjutnya yaitu, kalian dapat menggunakan minyak zaitun sebagai cara untuk mencerahkan bibir. Karena di dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin K yang dapat memudarkan warna gelap pada bibir secara perlahan.

Caranya adalah, kalian bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab pada malam hari sebelum tidur, dan biarkan minyak zaitun tersebut semalaman. Lakukan hal tersebut secara rutin ya, agar mendapatkan hasilnya secara maksimal.

9. Minyak Almond

Selain minyak zaitun, ternyata minyak almond juga dapat mencerahkan bibir secara alami loh. Minyak almond di percaya dapat mencerahkan bibir karena memiliki sifat emolien yang akan akan melembutkan dan meremajakan kulit.

Sedangkan sifat sclerosant pada minyak almond akan membantu meringankan dan membuat bibir menjadi merah sehingga mencegah perubahan warna bibir menjadi gelap. Cara pemakaiannya pun sama seperti menggunakan minyak zaitun, kalian bisa menggunakan minyak almond sebagai pelembab bibir di malam hari.

10. Strawberry

Cara mencerahkan bibir yang terakhir yaitu dengan menggunakan buah strawberry. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah ini dapat mencerahkan bibir sehingga bibir dapat menjadi merah secara alami. Caranya mudah, kalian hanya perlu menggosokkan buah strawberry pada bibir dan biarkan hingga 15 menit, bila sudah bibir dapat kalian bilas menggunakan air bersih.

Itulah 10 cara mencerahkan bibir secara alami dan praktis yang dapat kalian lakukan di rumah. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak bisa hanya dalam waktu instan, perlu kesabaran dan konsistensi agar mendapatkan bibir yang merah secara maksimal. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI