12 Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa Bagi Penderita Penyakit Lambung

Kamis, 16 April 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
12 Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa Bagi Penderita Penyakit Lambung
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Memilih makanan untuk penderita asam lambung terkadang cukup membingungkan, apalagi di saat kita akan melaksanakan ibadah puasa. Salah-salah memilih makanan, kita malah akan berakhir dengan sakit kepala atau mual dan muntah. Karena itu kita dituntut harus lebih selektif dalam memilih makanan yang baik untuk berbuka puasa.

Ada kok makanan nikmat yang tetap dapat kalian santap untuk berbuka puasa bagi yang memiliki penyakit lambung. Beberapa makanan ini tentu saja sehat dan baik untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber inilah 12 makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi penderita penyakit lambung.

 

 

1. Kurma

Buah yang sangat disukai Rasulullah ini ternyata merupakan makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi kalian penderita penyakit lambung. Alasan mengapa kurma baik untuk lambung, karena dalam buah kurma terkandung serat yang sangat tinggi di mana 100 gram buah kurma mengandung serat 6,7 gram (27% AKG).

Serat yang terkandung dalam buah kurma inilah yang mampu mengobati rasa sakit maag. Hal tersebut karena, serat dalam buah kurma mampu mengurangi peradangan pada dinding lambung serta menetralisir tingginya asam lambung. Untuk itu, sebelum kita memakan makanan yang berat ada baiknya untuk memakan kurma terlebih dahulu.

2. Singkong

Selanjutnya, makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi penderita penyakit lambung adalah singkong, tetapi singkong rebus ya KLovers. Karena singkong dapat meredakan asam lambung, menghilangkan mual dan juga dan menenangkan lambung. Hal ini dikarenakan di dalam singkong terdapat kandungan yang mampu mendinginkan bagian lambung lambung.

3. Pisang

Ternyata buah yang satu ini dapat meredakan asam lambung. Karena di dalam buah pisang terdapat kadar Ph 5.6 yang membuat pisang baik untuk menetralisir asam lambung. Untuk itu kalian bisa mengonsumsi buah pisang secara teratur agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan hikmat selama bulan ramadhan.

4. Ubi Ungu

Makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi lambung selanjutnya adalah ubi ungu. Di dalam ubi ungu terdapat banyak sekali kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, beta karoten dan antosianin yang dapat mengurangi peradangan pada lambung. Selain itu juga kandungan serat yang banyak pada ubi ungu dapat mencegah asam lambung naik dan mengurangi sembelit.

Ubi ungu juga memiliki sifat inflamasi atau anti peradangan yang mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lambung. Itulah mengapa ubi ungu merupakan makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi penderita penyakit lambung.

5. Roti

Selanjutnya makanan yang baik untuk berbuka puasa adalah roti, tetapi roti di sini adalah roti yang terbuat dari bahan dasar gandum ya KLovers. Pilihlah roti yang memiliki kandungan biji yang banyak. Hal ini karena roti yang memiliki banyak kandungan biji gandum dapat mengobati asam lambung.

Kok bisa? Karena biji-bijian merupakan serat alami yang dapat mengobati dinding lambung serta meredakan asam lambung yang tinggi. Itulah mengapa roti gandum dipilih, karena baik untuk kesehatan lambung.

6. Alpukat

Memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki kadar asam yang tinggi, membuat alpukat dipilih sebagai makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi penderita penyakit lambung. Hal itu karena alpukat memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E yang sangat baik untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Selain itu, kandungan vitamin-vitamin yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang ada di dalam dinding lambung.

7. Oatmeal

Sama seperti roti gandum, oatmeal juga merupakan makanan yang terbuat dari biji gandum dengan kandungan serat yang tinggi. Karena itulah oatmeal dapat menyerap asam lambung dengan cepat di dalam tubuh. Dan menjadi pilihan sebagai makanan yang baik untuk berbuka puasa.

8. Jahe

Jenis rempah yang satu ini juga baik loh untuk meredakan asam lambung. Karena di dalam jahe terdapat kandungan anti radang yang dapat dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami penyakit asam lambung.

Caranya mudah sekali, kalian bisa menjadikan jahe sebagai minuman hangat yang di konsumsi saat akan berbuka puasa. Tak hanya akan menghangatkan perut yang kosong, tetapi juga dapat menjadi obat lambung.

9. Susu Almond

Ternyata susu almond juga dapat dijadikan sebagai makanan yang baik untuk berbuka puasa loh KLovers. karena di dalam susu almond terdapat kandungan alkalin, yang bisa menetralisir asam pada perut dan meredakan gejala asam lambung.

Kalian bisa menjadikan susu almond hangat sebagai santapan awal saat berbuka puasa. Susu ini juga baik untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet saat bulan puasa.

10. Susu Kedelai

Bila sulit untuk menemukan susu almond, kalian bisa kok menggunakan susu kedelai sebagai gantinya. Sama seperti susu almond, susu kedelai juga mengandung alkalin dan juga serat dari biji kedelai yang dapat meredakan asam pada lambung.

Susu yang sangat digemari di negara Jepang ini juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, serta dapat mengontrol berat badan. Jadi susu ini sangat baik untuk kalian yang sedang menjalankan program diet.

11. Air Kelapa

Bulan puasa tidak akan lengkap bila tidak berbuka dengan yang segar-segar seperti air kelapa. Saat bulan puasa, penjualan air kelapa meningkat pesat loh KLovers. Selain karena segar ternyata air kelapa juga dapat meredakan asam di dalam lambung.

Hal tersebut karena, di dalam air kelapa terdapat elektrolit seperti potasium, yang dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga, produksi asam lambung pun dapat lebih terkendali.

12. Teh Herbal

Makanan yang baik untuk berbuka puasa bagi penderita penyakit lambung yang terakhir adalah teh. Sudah lama sekali, teh dijadikan sebagai santapan awal saat berbuka puasa. Hal tersebut karena teh digunakan sebagai penetral lambung agar perut tidak terasa sakit setelah melakukan kegiatan berpuasa seharian penuh.

Dan hal tersebut ternyata benar loh KLovers, karena ternyata di dalam teh terdapat kandungan yang dapat mengurangi gas dalam lambung. Itulah mengapa tes hangat baik untuk meredakan mual di dalam perut.

Jenis teh herbal seperti chamomile, atau licorice bisa menjadi pilihan tepat untuk menenangkan gejala asam lambung yang naik. Tetapi hindari mengonsumsi teh peppermint atau spearmint, karena bisa memperparah asam di lambung.

Itulah 12 makanan yang baik untuk berbuka puasa selama bulan ramadhan tiba. Hindarilah makanan yang bersifat gorengan, santan atau yang pedas saat berbuka puasa, karena itu hanya akan memperburuk lambung kalian.

Konsumsilah jenis makanan di atas terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat. Semoga bermanfaat bagi para KLovers yang menderita penyakit lambung. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI