5 Fakta Air Zam Zam, Dipercaya Menyembuhkan Penyakit - Punya Banyak Sebutan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

5 Fakta Air Zam Zam, Dipercaya Menyembuhkan Penyakit - Punya Banyak Sebutan
Air Zam Zam (credit: makkah.accorhotels.com)

Kapanlagi.com - Air zam zam merupakan air yang di anggap suci oleh orang muslim. Zam zam merupakan mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka'bah dengan kedalaman 42 meter. Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tentang fakta air zam zam yang sebenarnya.

Bermula dari kisah istri Nabi Ibrahim yaitu Siti Hajar yang berusaha mencari air untuk anaknya Nabi Ismail, saat itu keadaan di sana sangat tandus dan juga gersang. Siti Hajar pun berlari lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah untuk mencari air sembari memohon kepada Allah.

Setelah 7 kali berlari-lari pulang pergi, sebuah keajaiban pun datang, air memancar di kedua kaki anaknya Ismail. Hal itu tentu saja hal tersebut atas kehendak Allah SWT yang memerintahkan Malaikat Jibril untuk menghentak bumi hingga terpancarlah air yang kini dikenal dengan nama air zam zam.

Karena hal itulah membuat air zam zam menjadi air yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Dilansir dari berbagai sumber, inilah fakta air zam zam yang luar biasa.

 

1. Memiliki Banyak Nama

Fakta yang pertama yaitu, air zam zam dulunya memiliki banyak nama. Dalam Tarikh al Ka'bah (2004), Guru Besar Sejarah Islam 'Ain Syams University Kairo Mesir Ali Husni menyebutkan beberapa nama lain dari zam zam yang pernah masyhur di kalangan Arab yaitu Zimam, Zamazim, Hazmah Jibril, Hazmatul Malik, Ar Rakhdakh, dan Al Hazmah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Memiliki 3 Mata Air

Dalam tapak sejarah seputar Mekah dan Madinah tahun 1999, hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa sumber pertama air zam zam berasal dari mata air yang memiliki ukuran tinggi 30 centimeter dan panjang 45 cm, dan mata air ini memancar deras dari arah kakbah.

Mata air kedua bersumber dari Jabal Qubis atau tempat dilantunkannya azan di sekitar ka'bah, sumber air ini memiliki panjang 70 cm dan tinggi 30 cm. Lalu sumber ketiga memancar dari celah-celah batu sumur dari arah gunung Jabal Abi Qubis.

Diketahui pula bahwa ketiga mata air tersebut telah menyuplai air sebanyak 8.000 liter per menit.

3. Tidak Pernah Kering

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tentang sumur yang telah ada sejak 4000 tahun yang lalu itu, serta telah diminum oleh jutaan umat muslim di dunia setiap harinya tidak pernah mengering. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Farouk El-Baz yang merupakan seorang geologi asal Mesir pada tahun 1973. Penelitian ini dilakukan untuk lembaga antariksa Amerika (NASA) dengan melakukan pemotretan geologis di Gurun Sahara dan sekitarnya termasuk Mekah dan juga Madinah.

Dalam penelitian tersebut Dr. Farouk El-Baz melihat sebuah lautan air pada lapisan bebatuan di bawah Mekah, dan lautan tersebut merupakan air zam zam. Lalu hal tersebut pun di perkuat dengan adanya sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari sebuah universitas di Pakistan dan Jepang.

Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan pada tahun 2013 di International Journal of Food Properties yang menyatakan bahwa, terdapat endapan sungai setebal 13,5 meter yang disebabkan oleh aliran air hujan dari pegunungan. Endapan ini terdapat di bawah bebatuan tanah di Mekah, mereka juga mengatakan bahwa butuh jutaan tahun untuk membuat endapan air tersebut.

Kemudian pada penelitian tersebut juga menemukan bagian bawah terdapat lapisan batu diorit setebal 17 meter yang membuat sumur air zam zam memiliki kedalaman 30,5 meter. Ada pun penelitian yang di lakukan pada tahun 1971 yang dilakukan oleh Tariq Hussain, ilmuwan asal Mekah yang diperintahkan oleh raja Faisal untuk mengecek kandungan yang terdapat dari air zam zam. Dan sungguh mengejutkan bahwa, sebanyak apapun air yang disedot, air zam zam akan penuh kembali hanya dalam waktu 11 menit saja.

Ini pun menjawab semua pertanyaan mengapa sumur air zam zam tidak pernah mengering.

4. 5 Kandungan Kimia Alami

Faktanya, air zam zam memiliki 5 kandungan kimia alami. Kandungan tersebut antara lain:

-Flour Alami

Di dalam air zam zam terdapat flour alami yang mencegah pertumbuhan bakteri. Ini dibuktikan dengan tidak adanya lumut atau alga yang tumbuh di sumur. Umumnya sumur yang berada di daerah suhu hangat seharusnya membuat vegetasi seperti lumut atau alga tumbuh. Tetapi hal ini tidak terdapat dalam sumur air zam zam.

-Kalsium dan Garam Magnesium

Dilansir dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menyatakan bahwa air zam zam mengandung kalsium dan garam magnesium sebesar 2.000 mg per liter. Padahal pada umumnya elemen magnesium yang ada di air biasa hanya berkisar 260 mg per liter.

-Mengandung Hidrogen dan Alkali

Menurut penelitian Dr. Ahmad Abdul-Qaadir al-Muhandiss, ia mengidentifikasikan bahwa air zam zam sebagai air yang murni. Itu dibuktikan dengan adanya kandungan hidrogen 7,5 atau sekitar 8 mg per liternya begitupun dengan alkali.

Hal ini pun membuktikan bahwa air zam zam dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Mengapa begitu? Karena air yang memiliki alkali atau Ph yang tinggi dapat menetralkan asam dalam aliran darah dan mampu mengatur metabolisme nutrisi lebih efektif.

Ini juga berlaku dengan hidrogen, karena hidrogen dapat menembus sel dalam diri manusia dan memperbaikinya dari radikal bebas. Inilah alasan mengapa air zam zam dapat di jadikan sebagai minuman kesehatan.

-Elemen Neutron

Dilansir dari jurnal National Center for Biotechnology Information, yang menyatakan bahwa, terdapat 30 elemen dalam air zamzam yang memiliki neutron untuk membangkitkan energi.

-Ion Positif dan Ion Negatif

Menurut WHO, dalam 1 liter air zam zam terdapat ion positif dan ion negatif yang baik untuk kesehatan. Ion positif tersebut terdiri dari 250 mg sodium, 200 mg kalsium, 20 mg potasium, dan 50 mg magnesium. Lalu ion negatif yang terdiri dari elemen 372 mg sulfur, 366 mg bikarbonat, 273 mg nitrat, 0,25 mg fosfat, dan 6 mg amonia dalam 1 liternya.

Itulah mengapa air zam zam sangat baik untuk tubuh dan dapat memperbaiki kesehatan tubuh.

5. Kemurnian Air Tinggi

Fakta yang terakhir yaitu, berbagai penelitian yang telah di lakukan, menyatakan bahwa air zam zam memiliki tingkat kemurnian air yang tinggi dibanding dengan air di seluruh dunia ini. Bahkan, banyak ilmuwan yang sepakat bahwa kualitas air zam zam lebih baik daripada air dari Pegunungan Alpen.

Hal tersebut di buktikan dengan adanya senyawa bikarbonat pada air zam zam sekitar 366 miligram per liter. Sedangkan, air dari Pegunungan Alpen sekitar 357 miligram per liter.

Itulah 5 fakta tentang air zam zam yang perlu kalian ketahui. Tak hanya menjadi sumber mata air, ternyata air zam zam juga dapat menjadi sebuah minuman yang baik untuk kesehatan. Hal tersebut bukan hanya ucapan belaka tetapi telah diuji oleh banyak peneliti dan telah diakui kemurniannya oleh dunia.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending