10 Hal Sederhana dari Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Buat Otak Bekerja Lebih Maksimal

Jum'at, 27 November 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
10 Hal Sederhana dari Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Buat Otak Bekerja Lebih Maksimal
Hal sederhana buat otak bekerja maksimal (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Menjaga kesehatan otak penting dilakukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat dan baik. Sebab otak menjadi sistem saraf pusat yang terhubung pada seluruh organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Menariknya ada sejumlah hal sederhana yang bisa membantu otak bekerja lebih maksimal.

Otak merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mengatur, menjalankan, memerintahkan fungsi tubuh melalui gerakan, perilaku ataupun fungsi lainnya berkaitan dengan homeostasis. Otak terhubung pada seluruh tubuh dan sistem saraf yang bisa memengaruhi sistem kognisi. Dalam sel otak tersebut terdapat sekitar 100 juta sel saraf atau dikenal dengan neuron.

Terhambatnya sistem kerja otak bisa mengakibatkan masalah pada organ tubuh yang terhubung. Untuk itulah menjaga kesehatan otak sebagai sistem saraf pusat perlu dilakukan demi mempertahankan tubuh tetap bugar serta sehat.

Kecerdasan otak sangat berpengaruh besar terhadap proses berpikir dan bertindak seseorang. Sebab otak yang cerdas menjadi dambaan setiap orang. Selain itu otak yang cerdas dan bekerja dengan baik bisa mendatangkan ide-ide kreatif yang mendukung kesuksesan.

Untuk meningkatkan sistem kerja otak ini cukup banyak orang memberikan asupan sehat bagi otak yang berasal dari makanan ataupun minuman tertentu. Namun menariknya, otak juga dapat bekerja lebih maksimal dengan melakukan hal sederhana dari kebiasaan sehari-hari.

Adapun hal sederhana yang bisa buat otak bekerja lebih maksimal terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut terkait hal sederhana yang membuat otak bekerja lebih maksimal.

 

1. Sikat Gigi dengan Tangan Tidak Dominan

Hal sederhana yang bisa bantu otak bekerja lebih maksimal yang pertama adalah melakukan pekerjaan dengan tangan tidak dominan. Salah satunya adalah dengan membersihkan gigi dengan tangan yang berseberangan. Sebab cara tersebut diketahui bisa membuat ekspansi cepat dan substansial pada korteks yang bertugas mengontrol dan memproses informasi melalui sentuhan tangan seperti melansir dari liputan6.com.

Misalnya yang sangat populer diyakini banyak orang bahwa melakukan pekerjaan dengan menggunakan tangan kiri dinilai dapat meningkatkan kecerdasan otak. Meski begitu anggapan ini belum diketahui secara pasti terkait hubungan dominasi tangan kiri dengan sistem kerja otak kiri bisa meningkatkan kecerdasan seseorang.

 

2. Menutup Mata Ketika Mandi

Hal sederhana dari kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu otak bekerja lebih maksimal adalah dengan menutup mata ketika mandi. Terdengar sepele dan sederhana memang, namun siapa sangka cara ini justru bisa memicu sistem kerja otak dapat bekerja maksimal.

Salah satu alasannya yakni saat menutup mata otomatis tubuh akan merespon apa yang disentuh dan dirasakan tangan untuk mengenali berbagai tekstur yang  biasanya tidak dilihat tubuh lalu dikirim dalam bentuk sinyal ke otak. Cara tersebut bisa membantu meningkatkan daya ingat terkait benda-benda di sekitar yang telah disentuh.

 

3. Cium Aroma Favorit Kalian

Hal sederhana yang bisa membantu otak bekerja maksimal selanjutnya adalah dengan mencium aroma favorit kalian. Aroma tersebut dapat kalian letakkan di sebelah ranjang tempat tidur dan cium ketika bangun di pagi hari. Letakkan aroma tersebut selama seminggu dan lakukan lagi setelah kalian selesai mandi serta berganti pakaian. Selanjutnya coba hubungan aroma tersebut dengan aktivitas tertentu yang kalian senangi.

 

4. Tukar Posisi Tempat Dominan Kalian

Hal sederhana selanjutnya yang dapat meningkatkan sistem kerja otak adalah dengan menukar posisi tempat dominan kalian lakukan. Diantaranya yakni kalian dapat memindah posisi tempat tidur, memindah posisi tempat tidur, atau mengubah posisi cara kalian mengambil barang tertentu di dapur dan lain sebagainya. Cara sederhana ini dapat memberi kalian pengalaman baru untuk otak yang dapat bekerja lebih maksimal.

 

5. Mencoba Memasang Benda Terbalik

Memasang benda terbalik juga bisa membantu otak bekerja lebih maksimal. Sebab saat kalian memasang benda secara terbalik otomatis otak akan berpikir lebih maksimal untuk memahami objek pada benda tersebut. Salah satunya kalian dapat memasang terbalik sebuah foto, atau benda tertentu. Cara ini membuat otak kanan lebih bekerja maksimal untuk mengenali warna, objek, tulisan, yang kurang jelas atau berbeda.

 

6. Mencoba Pengalaman Baru

Mendapatkan pengalaman baru dapat dilakukan dari kegiatan sederhana sehari-hari. Salah satunya yakni misalnya saja kalian mengunjungi suatu tempat yang biasanya dihindari. Diantaranya seperti rumah makan, toko swalayan, cafe, ataupun lainnya cobalah untuk mendatangi tempat tersebut. Lalu lihat sekeliling, perhatikan dengan benar setiap sudutnya, cari tahu dan cobalah beli sesuatu agar kalian bisa mendapatkan pengalaman baru.

7. Lakukan Tebal-Tebakan

Hal sederhana yang bisa bantu otak bekerja maksimal selanjutnya adalah dengan melakukan tebak-tebakan. Menebak suatu benda dengan melibatkan otak dan panca indra bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kerja otak secara maksimal. Salah satunya adalah tebak-tebakan koin yang bisa membantu kalian mengenali, memahami objek menggunakan sentuhan untuk meningkatkan area kortikal otak.

 

8. Lakukan Aktivitas Berbeda di Pagi Hari

Melakukan beberapa aktivitas berbeda di pagi hari seperti olahraga bisa membantu meningkatkan sistem kerja otak secara maksimal. Sebab saat kalian melakukan suatu aktivitas yang sama di pagi hari maka diketahui dapat menurunkan aktivitas otak secara terus menerus. Mulai pagi dengan cara beda bisa membantu meningkatkan area kerja korteks di otak.

 

9. Membaca Buku

Membaca buku juga dapat menjadi hal sederhana yang bisa buat otak bekerja maksimal. Cobalah untuk sekedar membaca buku favorit kalian dan cari cara membaca buku beda dari biasanya. Misalnya saja kalian bisa membaca sebuah artikel di internet, ataupun koran yang dapat melatih sistem kerja otak.

 

10. Bertemu Banyak Orang

Hal sederhana yang  bisa buat otak bekerja maksimal selanjutnya adalah bertemu dengan banyak orang atau bersosialisasi. Sosialisasi ini dapat meningkatkan pengalaman baru kalian dengan bertemu orang baru. Selain itu wawasan kalian pun akan makin luas dan memberi energi positif bagi pikiran sekaligus memperbanyak teman.

Nah itulah 10 hal sederhana yang bisa buat otak bekerja lebih maksimal. Sangat mudah bukan KLovers?

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI