10 Jadwal Harian Kucing yang Ideal, Bantu Jaga Fisik dan Mentalnya Tetap Bugar

Penulis: Wuri Anggarini

Diterbitkan:

10 Jadwal Harian Kucing yang Ideal, Bantu Jaga Fisik dan Mentalnya Tetap Bugar (c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Kucing itu tergolong hewan peliharaan yang terorganisir. Punya jadwal dan rutinitasnya sendiri, nyatanya cara hidup ini menjaganya anabul rumahan tetap sehat dan Bahagia. Yuk, pastikan kucing kesayanganmu tetap bugar secara fisik dan terstimulasi secara mental meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Sarapan Pagi

(c) Shutterstock

Pemilik kucing sudah familiar dengan ‘alarm’ alami dari anabulmu yang mengeong meminta makan. Yup, biasanya kucingmu sudah menunggu untuk diberi makan dan pastikan mengisi water bowl-nya dengan air segar, ya.

Morning Chat

(c) Shutterstock

Setelah menikmati makanannya, luangkan sedikit waktu berkualitas hanya untuk berbicara dan membelai kucingmu. Perhatikan jika ada sesuatu yang aneh dengan perilaku, bulu, maupun tatapan matanya.

Berjemur

(c) Shutterstock

Jika cukup aman untuk membiarkan jendela dan pintu terbuka, biarkan kucingmu menikmati suara, aroma, dan pemandangan dari luar untuk sementara waktu. Kalau terlalu berisiko untuk mengeluarkan anabulmu, tempat dekat jendela bisa jadi spot baginya bersantai.

Nap Time

(c) Shutterstock

Setelah menghangatkan diri di bawah sinar matahari pagi, kucingmu mulai menggeliat dan mempersiapkan diri untuk tidur siang selama beberapa jam. Kecuali sedang libur, anabulmu bakal mengikutimu ke manapun pergi untuk meminta perhatian.

Mengganti Kotak Pasir

(c) Shutterstock

Jangan lupa untuk mengecek kotak pasir dan rutin menggantinya. Selain meminimalkan bau tak sedap, cara ini juga mencegah kucingmu buang air sembarangan di luar litterbox.

Bermain

(c) Shutterstock

Idealnya, setelah tidur siang kucing akan bermain untuk membuang kelebihan energi. Jika kamu bekerja seharian, pastikan memiliki tempat bertengger yang tinggi, tepi jendela untuk melihat keluar, atau sebarkan beberapa mainan di rumah.

Rebahan Lagi

(c) Shutterstock

Capek main, saatnya tiduran lagi. Rata-rata anabulmu bisa tidur antara 16-20 jam sehari, nggak heran kalau kucingmu terlihat rebahan sepanjang hari.

Dinner Time!

(c) Shutterstock

Sekali lagi, ganti air dan berikan makanan dengan porsi secukupnya di sore atau malam hari. pantai nafsu makan anabulmu, jangan sampai kurang atau berlebihan, karena bisa memicu gangguan kesehatan.

Play Time!

(c) Shutterstock

Tawarkan waktu bermain lebih lama dibandingkan di pagi hari. biarkan kucing menikmati momen seru bersama orang kesayangannya dan membakar sebagian energi yang terpendam, untuk membantu mencegah kelebihan berat badan.

Quiet Time

(c) Shutterstock

Saatnya waktu yang tenang bersama keluarga. Ini kesempatan tepat buat menyisir dan membelai kucingmu, menyikat giginya, atau bersantai di sofa sambil menonton TV. Tenang dan nyaman, harapannya kucingmu bisa melewatkan malam tanpa terbangun dan mengganggu tidurmu. Memilih cat food yang tepat bisa jadi solusimu untuk mendapatkan istirahat malam yang cukup, tanpa terganggu anabul yang berkeliaran melintasi ruangan.

(c) KapanLagi

Bukan hanya mengenyangkan tapi juga bernutrisi, Muezza membantu setiap pemilik kucing untuk menjaga hewan peliharaan tetap sehat. Tersedia dalam 4 varian rasa, brand dry food halal ini bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia.


Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending