10 Ras yang Dianggap Sulit Buat Pemilik Kucing Pemula, Pertimbangkan Sebelum Memeliharanya

Rabu, 25 Agustus 2021 08:49 Penulis: Jeffrey Winanda
10 Ras yang Dianggap Sulit Buat Pemilik Kucing Pemula, Pertimbangkan Sebelum Memeliharanya
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Memutuskan untuk memelihara kucing untuk pertama kalinya bikin kamu merasa excited. Tapi kebanyakan pemilik anabul bakal bertanya-tanya jenis kucing apa yang tepat untuk dipelihara pertama kalinya. Dikenal memiliki kepribadian unik dan sifat yang mandiri, nyatanya ada beberapa ras kucing yang lebih menantang karena sifatnya yang agresif atau perawatannya yang lebih mahal seperti berikut ini.

Turkish Van

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Dikenal sebagai salah satu ras yang agresif, Turkish Van ini termasuk kucing cantik dengan bulu yang mudah dirawat. Cerdas dan bisa dilatih, tantangannya kucing ini bisa sangat nakal, aktif, dan sibuk menjatuhkan barang-barang dari rak. Solusinya, sediakan banyak waktu bermain dengannya untuk mengalihkan perhatian kucing imut ini.

Anggora

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Masih satu keluarga dengan Turkish Van, kucing ini banyak menghabiskan waktu untuk melompat, berlarian, dan bermain. Dikenal atletis dan butuh banyak perhatian, kecerdasan Anggora membuatnya sering blusukan dan bikin lemari, laci, dan barang-barang di rumah jadi berantakan.

Korat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Salah satu dari sedikit ras berbulu biru, kucing cerdas ini butuh diperhatikan dan bisa stres jika diabaikan. Bahkan, Korat cenderung cemburu jika pemiliknya memberikan cinta dan perhatian pada hewan peliharaan lainnya.

Bengal

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Hasil persilangan Asian Leopard Cat dengan kucing domestik ini memberinya pola bulu yang khas. Tampilannya eksotik, perilakunya pun dianggap mirip binatang liar yang energik dan agresif saat bermain. Butuh banyak waktu untuk bermain, kucing penyayang ini perlu selalu ditemani sepanjang hari.

Devon Rex

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Saat bosan, kucing ini cenderung menggigit jadi sebaiknya sediakan banyak mainan dan siap-siap menghadapi energi berlebih dari anabul yang satu ini. Jika bekerja seharian di luar rumah, pertimbangkan memelihara kucing lainnya sebagai teman Devon Rex.

Persian

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berbeda dengan ras sebelumnya, kucing ini cukup tenang, lembut, dan suka bersantai bersama keluarga. Tantangan memelihara anabul ini berasal dari rutinitas grooming yang cukup menyita waktu, karena lapisan bulu bawahnya yang tebal dan panjang serta membersihkan wajah dan matanya secara teratur.

Himalaya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Seperti Persia, Himalaya lebih suka lingkungan yang tenang. Doyan bermain tapi juga senang menghabiskan waktu di pangkuanmu, kucing ini perlu disikat setiap hari. Wajah dan matanya juga perlu dibersihkan secara teratur karena wajahnya yang rata.

Maine Coon

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Termasuk kucing besar yang bisa tumbuh hingga lebih dari 15 kilogram, Maine Coon dikenal penyayang. Berbulu panjang, artinya ras ini butuh banyak perawatan dan kebutuhan besar lainnya, mulai dari kotak pasir, kandang, hingga banyak makanan.

Sphynx

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Banyak dipilih buat yang enggan berurusan dengan kerontokan bulu, Sphynx dikenal ramah, setia, cerdas, dan umumnya rukun dengan anjing dan anak-anak. Uniknya, nggak memiliki bulu buka berarti nggak butuh perawatan. Tetap butuh rutin dimandikan, juga pola makan berkualitas tinggi, juga perlindungan dari terik matahari dan suhu dingin.

Siam

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kucing siam nggak membutuhkan banyak perawatan, tapi sangat clingy dan menuntut banyak waktu. Belum lagi kecerewetannya yang bikin suasana rumah makin ramai. Jika banyak beraktivitas di luar rumah, nggak ada salahnya memiliki hewan peliharaan lain untuk menemani kucing Siam untuk bermain.

Untungnya, kamu nggak perlu ribet mencari cat food yang dapat membantu kucingmu tetap sehat dan aktif. Ada Muezza yang terbuat dari bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik. Terjamin halal, dapatkan 4 varian rasa cat food secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(kpl/eth/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI