10 Langkah Sukses Memandikan Kucing, Bebas Was-Was dari Ancaman Kena Cakar dan Gigitan

Rabu, 04 Agustus 2021 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
10 Langkah Sukses Memandikan Kucing, Bebas Was-Was dari Ancaman Kena Cakar dan Gigitan
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Kucing memang dikenal sebagai salah satu hewan yang memerhatikan kebersihan dirinya sendiri. Tapi, terkadang anabul membutuhkan bantuan agar bulunya tetap terjaga indah dan bebas rontok, salah satunya dengan memandikannya. Sering bikin mundur catowner karena enggan kena goresan cakar atau gigitannya, ada 10 tips jitu untuk memandikan anabulmu. 

Pastikan Benar-Benar Membutuhkannya 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sebelum membawa kucingmu ke kamar mandi, pastikan anabulmu benar-benar membutuhkannya. Pasalnya, kebiasaan self-grooming bikin banyak kucing nggak perlu dimandikan terlalu sering, karena justru akan menghilangkan minyak alami pada kulitmu. Mandikan minimal 2 kali sebulan atau saat bulunya lengket maupun terkena kotoran. 

Pilih Waktu yang Tepat 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Rentan stres, bikin kucingmu lebih rileks saat memandikannya dengan memilih waktu yang tepat. pilih momen saat anabulmu lebih santai, misalnya dengan mengajaknya aktif bermain sebelum grooming.

Potong Kuku 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bahkan kucing yang dikenal tenang pun bisa mencakar saat merasa terancam oleh bak yang penuh air. Bikin waktu mandi lebih aman dengan memotong kuku anabul terlebih dahulu dengan alat potong khusus. 

Kumpulkan Perlengkapannya 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Percaya deh, hal terakhir yang dibutuhkan adalah menyadari kalau kamu melupakan sampo atau handuk di tengah sibuk memandikan anabul. Kumpulkan semua yang dibutuhkan sebelumnya, termasuk sampo, waslap, handuk besar, sisir, dan gayung untuk membilas kucingmu. 

Sikat Kucing 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Selalu sikat kucingmu sebelum memandikannya. Mandi akan paling efektif jika sudah menghilangkan bulu yang rontok dan kotoran yang menempel, sekaligus menguraikan bulu yang kusut. 

Tetap Tenang 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kucing bisa merasakan kalau hooman-nya sedang stres atau cemas, dan akan bereaksi dengan lebih agresif. Lakukan persiapan yang matang dan tetap tenang selama proses memandikan anabul berlangsung. 

Gunakan Sampo yang Ramah Hewan Peliharaan 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sampo manusia dapat mengeringkan kulit kucing, bahkan tak sedikit yang dibuat dengan bahan-bahan yang dapat menjadi racun bagi kucing. Shampo yang aman untuk hewan peliharaan dirancang khusus untuk menjaga kulit dan bulu kucing tetap sehat dan lembap.

Busakan dan Bilas

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berikan sampo dari kepala hingga ekor kucing lalu pijat dengan lembut. ratakan sampo dengan arah yang sama dengan tumbuhnya bulu. Hati-hati agar sampo dan air nggak mengenai wajah, mata, dan telinganya. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan busa dari bulunya untuk mencegah kulitnya berubah kering.

Bersikap Lembut pada Wajah

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Jangan menyabuni wajah kucing dengan sampo, meskipun wajahnya kotor. Sebagai gantinya, gosok wajahnya dengan lembut dengan waslap yang dibasahi dengan air bersih.

Keringkan dengan Aman

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bungkus kucing dengan handuk besar yang lembut setelah mandi untuk menyerap kelebihan air. Jauhkan anabul dari area berangin saat basah, bisa juga menggunakan pengering rambut yang disetel pada pengaturan terendah sambil disisir hingga bulunya halus.

(c) KapanLagi(c) KapanLagi

Memberi kucing beberapa camilan setelah mandi dapat membantu meyakinkannya kalau rutinitas mandi terasa lebih menyenangkan. Pilih cat food yang sehat dan lezat seperti Muezza yang memiliki 4 varian rasa. Dibuat dari bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik, dapatkan dry food halal ini secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI