10 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Corona Covid-19, Ini Daftarnya

Sabtu, 18 April 2020 08:22 Penulis: Dhia Amira
10 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Corona Covid-19, Ini Daftarnya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam menjaga tubuh dari paparan virus corona covid-19, bukan hanya melalui perlindungan di luar saja seperti mencuci tangan atau menggunakan masker, tetapi juga harus menjaga tubuh melalui makanan. Ada beberapa makanan yang bisa cegah corona covid-19.

Makanan-makanan ini dapat di konsumsi setiap hari dan juga baik untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa makanan yang bisa cegah corona covid-19 dan wajib kamu ketahui.

 

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang bisa cegah corona covid-19, karena pada tubuh ikan terdapat kandungan yang dapat melawan berbagai penyakit. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimun.

Kalian bisa mengonsumsi ikan yang memiliki banyak lemak di tubuh seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel, ikan herring, dan ikan tuna yang baik untuk pencegahan corona covid-19.

2. Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksida seperti vitamin vitamin A, vitamin C, kaempferol, serta kuersetin yang dapat melawan radikal bebas. Dan radikal bebas ini yang dapat merusak DNA sel sama seperti virus corona covid-19.

Dalam bayam juga terkandung 41,4 mg vitamin E penangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Dan juga terdapat mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

Itulah mengapa bayam baik untuk bisa mencegah virus corona covid-19. Selain itu juga bayam baik untuk kesehatan dalam tubuh kita.

3. Jahe

Salah satu rempah yang banyak di temukan di Indonesia ini ternyata merupakan makanan yang bisa cegah corona covid-19 loh KLovers. Selain dapat menghangatkan badan ternyata di dalam jahe terdapat kandungan gingerol yang dapat menghambat infeksi bakteri, seperti shigella dan E.coli. Serta jahe juga dapat menangkal infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan.

Kita sudah banyak mengetahui bahwa, virus corona covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan pada tubuh. Di ketahui juga bahwa jahe memiliki antioksidan yang mungkin dapat mencegah kerusakan DNA pada tubuh. Itulah mengapa jahe menjadi pilihan tepat untuk mencegah virus corona covid-19. Cara mengonsumsi jahe cukup mudah, kalian bisa membuat minuman jahe hangat untuk di konsumsi secara rutin.

4. Brokoli

Sama seperti bayam dan juga jahe, ternyata brokoli juga memiliki kandungan antioksida yang tinggi loh. Antioksida dalam brokoli berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel. Brokoli juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang dapat meningkatkan dan memelihara sistem kekebalan di dalam tubuh. Untuk itulah mengapa brokoli dipilih sebagai makanan yang bisa cegah corona covid-19.

5. Kacang Almond

Kacang almond memiliki sumber vitamin E yang sangat baik di dunia. Dalam 100 gr kacang almond terkandung 25,6 mg vitamin E dan itu setara dengan 37% kebutuhan vitamin E untuk tubuh pada manusia setiap harinya. Kita tahu bahwa kandungan vitamin E berfungsi untuk untuk memelihara daya tahan tubuh serta memiliki antioksida yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi membran sel.

Kalian bisa mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan harian, atau kalian bisa rajin mengonsumsi susu almond setiap pagi.

6. Kuaci

Ternyata cemilan satu ini bagus untuk mencegah virus corona covid-19 loh KLovers. Sama seperti kacang almond, ternyata kuaci memiliki banyak kandungan vitamin E serta serat, protein, potassium, magnesium, dan zinc. Dalam 100 gram kuaci kupas mengandung sekitar 35,17 mg vitamin E dan itu lebih tinggi di bandingkan dengan kacang almond.

Untuk itu kalian dapat mengonsumsi kuaci sebagai cemilan harian untuk membantu cegah virus corona covid-19.

7. Jamur Tiram

Tak banyak yang tahu bahwa jamur tiram dapat berfungsi sebagai makanan yang bisa cegah corona covid-19. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam jamur tiram terdapat bahan aktif yang dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofag merupakan salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya. Itulah mengapa jamur tiram sangat baik di konsumsi sebagai makanan pencegah virus corona covid-19.

8. Nanas

Ternyata mengonsumsi nanas dengan takaran yang cukup dan rutin dapat memberikan beberapa manfaat loh. Manfaat tersebut antara lain melawan radikal bebas dan menambah daya tahan tubuh.

Jika radikal bebas bisa dicegah untuk masuk, kemungkinan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel bisa dihindari. Kalian dapat mengkonsumsi buah nanas dalam takaran yang cukup untuk membantu menambah daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas.

9. Nasi Merah

Makanan yang bisa cegah corona covid-19 selanjutnya yaitu nasi merah. Di dalam nasi merah terdapat Antosianin yang masuk dalam golongan antioksidan cukup kuat. Sama seperti nanas dan juga jahe, ternyata di dalam beras merah terdapat kandungan antioksida kuat yang dapat menangkal radikal bebas.

Sebuah penelitian dari Jepang yang diterbitkan Asian-Australasian Journal of Animal Sciences menemukan kandungan antioksidan flavonoid nasi merah lebih tinggi dari nasi cokelat, sehingga kerjanya juga lebih efektif untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Kalian dapat menjadikan nasi merah sebagai ganti untuk nasi putih dalam konsumsi sehari-hari agar dapat mencegah virus corona covid-19.

10. Jambu Biji

Dan makanan yang bisa cegah corona covid-19 yang terakhir yaitu jambu biji. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, ternyata jambu biji dapat mempertahankan sistem imunitas tubuh. Tak hanya mempertahankan sistem imun, ternyata jambu biji memiliki kandungan antimikroba yang mampu melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

Kalian bisa menjadikan jambu biji sebagai cemilan sehari-hari, selain bermanfaat untuk cegah virus corona covid-19 ternyata jambu biji juga dapat menurunkan berat badan. Hal itu karena kandungan serat di dalam jambu biji yang tinggi dan memiliki kandungan rendah kalori.

Itulah 10 macam makanan yang bisa cegah corona covid-19. Selain menjaga tubuh dari luar, kita juga dapat menjaga sistem pertahanan tubuh dari dalam supaya terhindar dari virus corona covid-19.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI