10 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Terduga dan Perlu Diwaspadai

Senin, 28 Desember 2020 11:11 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Terduga dan Perlu Diwaspadai
Penyebab gigi berlubang (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Gigi berlubang menjadi masalah umum yang kerap dijumpai di masyarakat. Kondisi ini biasanya menyebabkan rasa ngilu pada gigi berlubang. Bukan sekedar ngilu, gigi berlubang juga dapat menimbulkan sejumlah masalah lainnya seperti bau mulut. Penyebab gigi berlubang sendiri dapat berasal dari faktor yang tak terduga atau sederhana namun perlu diwaspadai.

Gigi berlubang merupakan kondisi yang terjadi saat gigi normal mengalami kerusakan. Di mana terdapat jaringan keras pada gigi yang rusak akibat karies. Karies tersebut timbul akibat bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Umumnya gigi berlubang dapat ditandai dengan warna sekitar gigi yang berubah menjadi kehitaman.

Kondisi ini menyebabkan gigi terasa lebih sensitif terhadap makanan atau minuman tertentu. Terlebih rasa ngilu dapat timbul ketika konsumsi jenis makanan atau minuman penyebab ngilu seperti minuman panas, dingin, serta manis. Umumnya pengobatan gigi berlubang dapat dilakukan dengan penambalan pada gigi.

Penyebab gigi berlubang dapat terjadi karena sejumlah faktor tertentu yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Di mana penyebab gigi berlubang tersebut ternyata berasal dari faktor yang tak terduga yakni dapat terjadi karena kebiasaan sehari-hari.

Adapun penyebab gigi berlubang yang tak terduga tapi perlu diwaspadai terdapat pada ulasan di bawah ini. Berikut penyebab gigi berlubang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Terdapat Plak Gigi

Penyebab gigi berlubang yang pertama dapat disebabkan oleh plak pada gigi. Plak gigi merupakan lapisan lengket yang melapisi gigi. Plak dapat terbentuk karena sisa makanan yang tetap menempel atau tertinggal pada permukaan gigi. Ketika tidak disadari gigi terdapat plak dari sisa makanan, plak tersebut akan menumpuk dan mengeras hingga membentuk karang gigi.

Karang gigi tersebut dapat menyebabkan beragam masalah pada gigi dan mulut. Sebab plak dapat meningkatkan bakteri hingga sebabkan gigi berlubang. Melansir dari crest.com, kondisi ini terjadi karena plak dapat menghasilkan asam yang menyerang enamel gigi hingga memicu terjadinya gigi berlubang.

2. Bakteri dan Asam Pada Gigi

Penyebab gigi berlubang selanjutnya dapat terjadi karena bakteri yang terdapat pada gigi. Sebab meningkatnya jumlah bakteri pada gigi serta asam dapat memicu terjadinya kerusakan gigi. Melansir dari mayoclinic.org, ketika gigi mengalami kerusakan maka bakteri dan asam dapat menyebabkan rasa ngilu dan iritasi pada pulpa gigi.

Di mana pulpa gigi tersebut terdapat saraf dan pembuluh darah yang dapat terjadi pembengkakan. Pembengkakan inilah yang menimbulkan rasa ngilu, nyeri dan tidak nyaman bahkan sampai pada akar gigi hingga tulang.

3. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi dan mulut penting dilakukan untuk mempertahankan kesehatannya. Dalam hal ini biasanya sikat gigi dilakukan dua kali sehari untuk menghilangkan plak dari sisa makanan. Namun kebersihan gigi yang kurang dijaga dengan baik dapat memicu terjadinya masalah termasuk gigi berlubang.

Melansir dari mayoclinic.org, biasanya gigi berlubang terjadi pada gigi belakang yakni bagian geraham dan premolar. Sebab, pada bagian tersebut umumnya tidak terjangkau dan lebih sulit untuk dibersihkan. Alhasil gigi berlubang dapat terjadi jika kebersihan pada gigi belakang tidak dijaga dengan baik.

4. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis menjadi penyebab gigi berlubang paling umum. Kondisi ini terjadi karena makanan dan minuman manis cenderung memicu terjadinya pembusukan hingga meningkatkan jumlah bakteri.

Melansir dari honestdocs.id, makanan dan minuman manis dapat menjadi tempat paling strategis untuk bakteri dapat berkembangbiak. Sehingga plak dapat terbentuk dan menumpuk. Sebab makanan dan minuman manis rupanya lebih mudah menempel pada permukaan gigi namun sulit dibersihkan secara alami dengan air liur.

5. Asupan Fluoride Rendah

Penyebab gigi berlubang selanjutnya dapat terjadi karena kurangnya asupan fluoride pada gigi. Melansir dari mayoclinic.org, fluoride merupakan mineral alami yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang atau bahkan kerusakan pada gigi. Jika jumlah asupan fluoride rendah maka tidak menutup kemungkinan masalah pada gigi dapat terjadi termasuk gigi berlubang.

Tidak heran apabila asupan fluoride rendah atau kurang bisa memicu terjadinya beragam masalah seperti mudahnya kerusakan gigi timbul. Biasanya fluoride dapat diperoleh dari penggunaan obat kumur ataupun pasta gigi.

6. Faktor Usia

Gigi berlubang juga dapat terjadi karena faktor usia seseorang. Melansir dari mayoclinic.org, tingkat usia yang sangat muda yakni anak-anak dan remaja dapat rentan terhadap risiko gigi berlubang. Begitu pula pada mereka yang memiliki tingkat usia lebih tua juga berisiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Sebab pada seseorang dengan usia lebih ta mungkin lebih banyak menggunakan obat tertentu yang dapat mengurangi aliran air liur. Hal inilah yang memicu terjadinya gigi berlubang lebih meningkat.

7. Mulut Kering

Penyebab gigi berkubang lainnya adalah karena kondisi mulut yang kering. Mulut kering tersebut dapat disebabkan oleh faktor tertentu termasuk dehidrasi. Di mana terjadinya dehidrasi yang memicu mulut kering bisa memicu kerusakan pada gigi. Kondisi ini dialami akibat jumlah air liur yang lebih rendah pada mulut dan gigi untuk mencegah kerusakan.

Selain itu beragam faktor pemicu yang menyebabkan jumlah air liur rendah atau menurun juga dapat meningkatkan kerusakan pada gigi termasuk gigi berlubang. Misalnya saja efek samping obat tertentu ataupun kondisi medis lainnya.

8. Kerusakan Pada Tambalan Gigi

Pernah mengalami gigi berlubang dan mengatasinya dengan menambal gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Kondisi ini bisa terjadi karena tambalan gigi yang sudah lama dapat rusak ataupun menjadi lebih lemah. Alhasil kondisi ini mungkin dapat memicu terjadinya pembusukan pada gigi berlubang di bagian bawahnya seperti melansir dari mayoclinic.org.

9. Gangguan Makan

Mengalami gangguan makan juga dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Diantara gangguan makan tersebut meliputi seperti anoreksia dan bulimia. Sebab kondisi ini dapat meningkatkan asam lambung hingga memicu terjadinya muntah. Jika muntah berlangsung selama beberapa kali dapat menyebabkan email gigi menjadi larut. Selain itu gangguan makan juga bisa membuat produksi air liur jadi lebih rendah ataupun berkurang.

10. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab gigi berlubang juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Misalnya saja tengah mendapatkan pengobatan medis tertentu seperti radiasi yang dapat menimbulkan efek samping tertentu. Melansir dari crest.com, beberapa jenis pengobatan kanker tertentu dapat menyebabkan kepala dan leher terkena radiasi. Alhasil kondisi ini bisa memicu kerusakan pada gigi dan mengganggu produksi air liur.

Nah itulah 10 penyebab gigi berlubang yang tak terduga dan perlu diwaspadai. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dapat dipertimbangkan untuk mengatasi gigi berlubang secara tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI