11 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Rabu, 11 Maret 2020 14:20 Penulis: Puput Saputro
11 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Radang tenggorokan tidak bisa dianggap sebagai masalah sepele. Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit, nyeri, dan panas pada bagian tenggorokan. Radang tenggorokan bisa menandakan adanya infeksi, serangan virus, atau sakit flu.

Selain itu, saat mengalami radang tenggorokan kita akan cenderung mengalami kesulitan untuk menelan makanan. Akibatnya, nafsu makan kita juga akan terganggu. Oleh sebab itu, saat mengalami radang tenggorokan, sebaiknya kita segera mencari cara mengobati radang tenggorokan tersebut.

Saat ini, ada banyak obat radang tenggorokan yang dijual di pasaran. Namun sebenarnya, ada juga cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Cara ini bisa langsung praktikkan sendiri di rumah, tanpa harus membeli obat atau pergi ke dokter.

 

 

1. Minum Banyak Air Putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab radang tenggorokan. Tenggorokan yang kering cenderung akan lebih rentan mengalami infeksi dan peradangan. Terlebih saat kita mengalami batuk kering, goncangan pada bagian tenggorokan bisa mengakibatkan luka yang menimbulkan radang tenggorokan.

Itu artinya, minum air putih secara berkala dan cukup akan membuat tenggorokan lebih terjaga kelembapannya. Sehingga akan akan mengurangi kemungkinan terjadinya radang tenggorokan.

2. Minum Madu

Madu memang sudah dikenal mempunyai banyak manfaat. Satu lagi manfaat madu yaitu untuk mengobati radang tenggorokan.

Mengobati radang dengan madu menjadi salah satu cara paling favorit sebab cara penggunaannya yang sangat mudah. Madu bisa langsung diminum begitu saja atau digunakan sebagai campuran suatu minuman.

3. Minum Perasan Air Lemon

Cara mengobati radang tenggorokan yang ketiga yaitu meminum air perasan lemon. Vitamin C yang terkandung pada perasan lemon bersifat antibakteri, sehingga dapat menangkal serangan bakteri yang mengakibatkan radang.

Agar tidak terlalu asam, kamu bisa menggunakan perasan lemon tadi dengan ditambah madu. Madu akan menambah khasiat untuk meredakan radang tenggorokan.

4. Minum Teh Hangat

Meminum teh hangat ternyata juga bisa meredakan radang tenggorokan. Sama seperti perasan air lemon, di dalam teh hangat juga terdapat sifat antioksidan yang baik untuk menangkal bakteri dan meredakan radang tenggorokan.

5. Minum Wedang Jahe

Wedang jahe yang mempunyai cita rasa segar serta menghangatkan ini juga baik diminum saat kita menderita radang. Rasa hangat wedang jahe yang mengalir di tenggorokan akan menyapu lendir yang mengganjal di tenggorokan, sehingga tenggorokan kita akan lebih terasa lega. 

Cara membuatnya juga tidak begitu sulit, cukup dengan mememarkan jahe, lalu merebusnya sampai mendidih. Untuk menambah rasa dan khasiat, kamu juga bisa menambahkan madu.

6. Berkumur Air Garam

Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit radang tenggorokan cukup dengan menggunakannya dengan berkumur. Perbandingan yang digunakan untuk membuat larutan garam ini adalah satu sendok teh garam untuk satu gelas air hangat. Selain meredakan radang, berkumur dengan air garam juga akan membersihkan dahak yang ada di tenggorokan.

7. Berkumur Air Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu, selama ini kunyit juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu. Ternyata, hal itu cukup beralasan karena kunyit mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi.Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa saja terganggu akibat radang tenggorokan.

Untuk mendapatkan khasiat kunyit sebagai obat radang, hanya perlu mengambil bagian sarinya. Kita bisa memarut kemudian memeras atau memblendernya.

8. Mengonsumsi Bawang Putih

Cara mengobati radang tenggorokan berikutnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih merupakan antibiotik alami yang juga mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga baik untuk penderita radang tenggorokan.

Untuk mengobati radang tenggorokan, bawang putih harus dikonsumsi secara mentah. Tapi jangan khawatir, jika sekiranya tidak kuat dengan rasa bawang putih yang kuat, untuk menyamarkannya kamu bisa mencampurnya dengan madu.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dipercaya bisa mengatasi radang tenggorokan. Pasalnya, minyak kelapa berkhasiat mengencerkan lendir di saluran tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan dengan minyak kelapa, bisa dilakukan dengan meminum minyak kelapa sebanyak satu sendok makan secara langsung.

10. Mandi Air Hangat

Selain membuat tubuh kita menjadi rileks, ternyata mandi air hangat juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Hal ini karena uap dari air hangat yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kelembapan pita suara kita. Efeknya, bagian tenggorokan kita juga akan menjadi lebih nyaman.

11. Memakan Berkuah dan Hangat

Menikmati semangkuk makanan berkuah hangat seperti sup ternyata juga bisa menjadi obat yang mujarab untuk sakit radang tenggorokan. Sama seperti teh, kuah sup yang hangat juga akan mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Namun perlu diingat, meskipun setiap jenis makanan berkuah dan hangat bisa memberikan efek mengobati, saat radang sebaiknya kita menghindari makanan yang pedas. Makanan pedas justru dapat memperparah luka yang diakibatkan infeksi dan peradangan.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI