11 Wisata Trenggalek yang Bisa Bikin Kamu Takjub Setelah Melihat Langsung Keindahannya

Rabu, 08 Januari 2020 19:49 Penulis: Iwan Tantomi
11 Wisata Trenggalek yang Bisa Bikin Kamu Takjub Setelah Melihat Langsung Keindahannya
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Trenggalek menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang berpotensi menjadi surga tempat wisata. Terlebih urusan wisata alam, Trenggalek sangat kaya sumber daya alam. Lebih-lebih soal pantai.

Ada banyak sekali pantai-pantai cantik di Trenggalek yang bahkan sanggup bikin kamu takjub karena keindahannya. Laut yang biru maupun tosca, hingga pasir pantai yang putih bersih, bakal bikin kamu betah berlama-lama liburan ke sana.

Hanya minimnya promosi, membuat banyak tempat wisata di Trenggalek belum terekspos secara maksimal. Padahal jika potensi wisata tersebut dapat diolah dengan baik, sebenarnya bisa mendukung perekonomian daerah.

Lantas, mana saja tempat wisata Trenggalek yang bisa bikin takjub lantaran keindahannya, sehingga layak banget buat dikunjungi?

1. Pantai Blando

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Nggak kalah dengan Bali, Trenggalek juga memiliki pantai dengan ombak tinggi. Buat kamu yang ingin mencoba berselancar, atau malah jago banget surfing, datang saja ke Pantai Blando. Pantai yang berlokasi di Munjungan, Trenggalek ini memiliki tipe pantai yang lebar dengan gulungan ombak yang besar.

Menariknya, selain berselancar kamu juga bisa berkemah di Pantai Blando. Kerennya lagi, ada panggung hiburan yang tersedia di Pantai Blando, gardu pandang sampai tempat makan yang bagus lengkap dengan hidangan ekstra lezat.

2. Pantai Karanggongso

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Punya area pantai yang nggak begitu luas, Pantai Karanggongso justru menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Trenggalek yang cukup difavoritkan. Pasalnya, pantai ini amat sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon kelapa. Cocok banget buat kamu yang ingin bersantai di pantai.

Kamu juga bisa berjemur, bermain pasir dan air, berenang maupun aktivitas seru lainnya. Lokasinya sendiri berada di Watulimo, Trenggalek. Lengkapnya fasilitas penunjang pariwisata, membuat kamu nggak perlu terlalu khawatir saat berlibur ke Pantai Karanggongso, Trenggalek.

3. Gua Lowo

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Bukan hanya pantai, Trenggalek juga memiliki tempat wisata lain berupa gua. Salah satu gua yang cukup terkenal dan layak dikunjungi di Trenggalek adalah Gua Lowo. Bukan saja terbesar di Trenggalek, gua ini termasuk salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Seperti namanya, saat masuk ke gua ini kamu akan berjumpa dengan banyak kelelawar atau dalam bahasa Jawa biasa disebut lowo.

Meski begitu, berwisata ke gua ini cukup nyaman. Sebab, Gua Lowo dilengkapi dengan fasilitas wisata yang memadai. Bahkan, di tempat wisata yang berlokasi di Watugong, Trenggalek ini kamu juga bisa menemukan toilet, musala, playground, hingga food court yang memadai.

4. Pantai Ngulung Wetan

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Pantai Ngulung Wetan berada di Desa Munjungan, Trenggalek, termasuk salah satu pantai yang difavoritkan wisatawan. Lebih-lebih buat kamu yang suka banget dengan pemandangan sunset. Pasalnya, di Pantai Ngulung Wetan, kamu benar-benar bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam yang begitu indah di Trenggalek.

Walau begitu, Pantai Ngulung Wetan nggak dianjurkan buat berenang. Sebab, selain menghadap langsung ke laut lepas, ombak yang tinggi di Pantai Ngulung Watan lebih cocok digunakan buat kamu yang suka selancar.

5. Pantai Pelang 

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Banyak yang setuju jika Pantai Pelang menjadi salah satu tujuan favorit di Trenggalek. Pantai ini memiliki panjang sekitar 2km dengan luas total hamper 10 hektar. Bukan itu saja, nggak jauh dari lokasi tersebut, kamu juga bisa menemukan air terjun yang begitu bikin takjub. Konon air terjun dianggap bisa memberikan khasiat awet muda, jika kamu bisa mandi di bawahnya lho.

Serunya lagi, air terjun tersebut dilengkapi dengan area camping, playground maupun beragam fasilitas penunjang pariwisata yang lengkap. Dengan begitu, kamu bisa berkunjung dengan puas di pantai yang berlokasi di Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek tersebut.

6. Wisata Rumah Apung

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Trenggalek memiliki wisata super hits yang populer beberapa waktu terakhir ini. Apa lagi kalau bukan Wisata Rumah Apung. Tempat ini berlokasi di tengah laut, dan kamu bisa menempuhnya selama 10 menit dari Pantai Pasir Putih maupun Pantai Simbaronce.

Di rumah apung seluas 20 meter persegi ini, beragam terumbu karang, lengkap dengan ikan kerapu yang dibudidayakan bisa kamu amati dari atas permukaan. Ada dua cara yang bisa kamu coba, yaitu snorkeling atau menggunakan mask diving. Ajak keluarga, kerabat maupun teman terdekatmu, agar liburan ke Wisata Rumah Apung semakin seru.

7. Pantai Prigi

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Trenggalek memiliki salah pantai yang kerap jadi langganan untuk berfoto, bahkan untuk acara pre-wedding lho. Pantai tersebut nggak lain adalah Pantai Prigi yang berlokasi di Desa Tasikmatu, Watulimo, Trenggalek. Daya tarik Pantai Prigi adalah alamnya yang tampak begitu asri. Selain itu, di sana juga terdapat dermaga kayu yang tampak eksotis, sehingga cocok dijadikan tempat untuk berfoto.

Urusan fasilitas wisata, Pantai Prigi sangat lengkap. Kamu nggak hanya bisa menemukan tempat makan, tetapi juga bisa menikmati camping area, tempat menyewa perahu, hingga yang bikin takjub juga tersedia lapangan tenis dan auditorium.

8. Pantai Taman Kili-Kili

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Sudah datang jauh ke pantai, biasanya suasana yang diharapkan selain menikmati keindahan pantai, juga melihat langsung cantiknya panorama matahari terbenam. Di Trenggalek kamu bisa mendapatkan kesempatan tersebut jika datang ke Pantai Taman Kili-Kili. Pantai yang berlokasi di Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek tersebut, juga menjadi tempat penangkaran penyu.

Bahkan, kamu bisa melihat bagaimana kawanan penyu dibudidayakan di Pantai Taman Kili-Kili. Tambahan ombak yang tenang, semakin menyempurnakan liburan kamu di Pantai Taman Kili-Kili, lantaran bisa berenang maupun bermain juga sampai puas.

9. Bukit Banyon

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Trenggalek juga memiliki wisata alam pegunungan yang cukup populer, seperti Bukit Banyon. Bukit yang berlokasi di Desa Widoro, Trenggalek tersebut cocok dikunjungi buat kamu yang suka banget fotografi.

Pasalnya, di sana kamu bisa menikmati suasana negeri di atas awan yang super keren. Bahkan, jika kamu mau menginap seperti camping di Bukit Banyon, kamu berkesempatan melihat indahnya pemandangan matahari terbit lho.

10. Pantai Ngadipuro

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Ingin menikmati pantai yang tenang, dengan pasir yang putih bersih serta air laut yang jernih di Trenggalek? Datang saja ke Pantai Ngadipuro. Pantai yang berlokasi di Desa Craken, Munjungan, Trenggalek ini memiliki panorama bukit tepi pantai yang indah banget.

Selain itu, ombak yang tenang di Pantai Ngadipuro, membuat kamu bisa dengan mudah menjumpai beberapa nelayan dengan kapal tradisional yang berlabuh. Meski begitu, pantai ini masih terbilang cukup alami, sehingga belum dilengkapi dengan banyak fasilitas penunjang wisata pantai yang memadai.

11. Pantai Damas

ilustrasi ©Shutterstockilustrasi ©Shutterstock

Di pantai ini kamu bisa beraktivitas dengan sangat puas, karena Pantai Damas menjadi yang terluas di Trenggalek. Selain itu keindahan pantai yang berlokasi di Desa Kranggandu, Watulimo, Trenggalek ini nggak perlu diragukan lagi. Ombaknya juga bersahabat, lantaran Pantai Damas membentuk teluk.

Menariknya lagi, fasilitas wisata di Pantai Damas terbilang lengkap, ditambah lagi kebersihan di Pantai Damas begitu terjaga. Dengan begitu, kamu bisa nyaman dan puas bermain-main di sana.

Itulah kesebelas tempat wisata Trenggalek yang bakal bikin kamu takjub karena keindahannya. Makanya, jika bingung atau nggak ide mau liburan ke mana, Trenggalek bisa kamu jadikan pilihan. Selain tempat wisatanya cukup terjangkau, beberapa tempat wisata Trenggalek juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI