13 Jenis Hewan Ternak dan Peliharaan, Tak Hanya Aman Tapi Juga Bawa Untung

Senin, 14 Juni 2021 17:22 Penulis: Dhia Amira
13 Jenis Hewan Ternak dan Peliharaan, Tak Hanya Aman Tapi Juga Bawa Untung
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Berbagai macam hewan ternak dan peliharaan memang ada banyak sekali, bahkan bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan loh KLovers. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, ada banyak pilihan jenis hewan ternak dan peliharaan yang aman dan menguntungkan untuk dijadikan sebagai bisnis. Dari unggas, ikan air tawar, hingga hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hingga hamster.

Bagi kalian yang seorang pemula, dan bingung memilih hewan mana yang dapat kalian jadikan sebagai peluang bisnis, maka kalian bisa melihat beberapa jenis hewan di bawah ini. Ada yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan, hingga yang cukup sulit. Kalian juga bisa memulai usaha ini dengan modal yang sedikit atau berawal dari hobi. Semua bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Kira-kira hewan apa saja ya yang populer di Indonesia, sebagai hewan ternak atau peliharaan? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 13 jenis hewan ternak dan peliharaan yang aman dan menguntungkan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Ayam

Jenis hewan ternak dan peliharaan yang aman dan menguntungkan pertama yaitu ada ayam. Ya, ayam menjadi salah satu hewan ternak yang banyak mendapatkan keuntungan bila dijadikan bisnis. Hewan ternak satu ini menjadi salah satu makanan utama yang dipilih sebagai menu daging di Indonesia.

Tidak heran bila banyak sekali para peternak yang memilih ayam sebagai salah satu hewan ternak yang meraup banyak untung. Tak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, ayam juga bisa diambil telur dan juga bulunya. Bahkan untuk merawat ayam peternak tidak terlalu sulit loh KLovers. Sehingga tidak heran bila ayam dipilih menjadi salah satu jenis hewan ternak dan peliharaan yang aman dan menguntungkan.

 

2. Bebek

Kemudian ada pula bebek, yang menjadi salah satu jenis hewan ternak dan peliharaan yang mudah serta banyak dipelihara di Indonesia. Ya, bebek menjadi hewan unggas yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain ayam. Bahkan bebek juga menjadi salah satu hewan yang cukup mudah untuk dipelihara serta banyak mendapatkan untung.

Bagaimana tidak, hewan satu ini menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sehingga bebek bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya dagingnya saja, bebek juga bisa diambil telurnya, dan diolah menjadi telur asin.

 

3. Burung Puyuh

Masih dalam jenis unggas, kali ini ada pula burung puyuh. Ya, walaupun burung masih menjadi salah satu makanan yang asing bagi sebagian orang, namun jenis hewan satu ini bisa menjadi ternak yang cukup menguntungkan loh di Indonesia. Bagaimana tidak, hewan jenis satu ini sangat mudah untuk diternak.

Burung puyuh bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya. Bahkan telur burung puyuh cukup mahal dibanding dengan telur ayam biasa, walaupun ukurannya kecil. Jadi bagi kalian para KLovers yang ingin memulai ternak hewan, kalian bisa melakukan ternak burung puyuh sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan.

 

4. Kambing

Setelah unggas, kemudian ada pula hewan mamalia yang bisa menjadi hewan ternak dan peliharaan aman untuk dilakukan. Ya, salah satunya adalah kambing. Jenis hewan ternak dan peliharaan satu ini sangat mudah dan menguntungkan loh bila dipelihara KLovers. Kalian hanya perlu merawatnya dengan teliti dan baik sehingga kambing tumbuh dengan sehat.

Kambing menjadi salah satu jenis hewan yang dagingnya begitu populer di Indonesia. Biasanya kambing diolah menjadi sate, gulai, hingga olahan nasi goreng. Tak hanya dagingnya saja yang populer, susu kambing juga menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Jadi, bagi kalian yang ingin memulai ternak, kalian bisa memulainya dengan memelihara kambing.

 

5. Sapi

Tidak hanya kambing saja, sapi juga menjadi salah satu jenis hewan ternak dan peliharaan yang cukup mendapatkan untung di Indonesia. Sapi memang menjadi salah satu jenis hewan yang daging dan susunya banyak dikonsumsi. Kalian bisa memilih jenis sapi perah atau sapi potong. Semua jenis sapi ini sama-sama menguntungkan bagi kalian yang ingin memeliharanya.

Sama seperti kambing, sapi juga tidak terlalu sulit untuk dirawat. Hanya perlu ketelitian agar sapi tumbuh menjadi hewan yang sehat. Susu sapi menjadi minuman utama manusia untuk mendapatkan kalsium, dan daging sapi menjadi salah satu protein hewani yang baik untuk tubuh.

 

6. Lele

Selain hewan darat, kalian juga bisa menggunakan hewan air untuk diternak atau dipelihara. Salah satu hewan air yang mudah untuk dipelihara yaitu ada lele. Ya, ikan lele menjadi salah satu jenis hewan yang populer untuk dikonsumsi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan jenis ikan satu ini begitu mudah untuk dibudidayakan, tanpa ada perawatan yang khusus. Bagi kalian yang ingin belajar membudidayakan ikan, maka kalian bisa memilih lele untuk memulai usaha budidaya ikan air tawar yang anti gagal.

 

7. Udang

Tidak hanya lele, nyatanya udang juga menjadi salah satu jenis hewan yang tidak membutuhkan biaya besar untuk memulainya loh KLovers. Bahkan jenis hewan satu ini sangat mudah untuk dibudidayakan, dan permintaan pasar cukup tinggi di pasaran. Ada banyak jenis udang yang bisa kalian budidayakan, dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar akan mendapatkan keuntungan besar.

 

8. Belut

Menjadi salah satu jenis ikan air tawar, belut juga sangat mudah dibudidayakan loh untuk kalian yang pemula. Bahkan modal untuk memulai budidaya belut juga tidak mahal dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Belut juga menjadi salah satu makanan hewani yang banyak peminatnya, karena belut sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Belut bisa dijadikan tumisan, hingga keripik oleh-oleh yang enak.

 

9. Ikan Hias

Tidak hanya hewan yang dapat dikonsumsi, nyatanya membudidayakan ikan hias juga bisa menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Bagi kalian yang suka dengan ikan hias, maka kalian bisa memulai usaha ini. Kalian bisa memulai usaha dengan menggunakan ikan hias yang modal rendah dulu. Berjalannya waktu, kalian bisa menambah koleksi ikan hias yang dapat dijual jutaan rupiah. Karena saat ini penggemar hias juga cukup banyak, apalagi banyak dari masyarakat Indonesia yang suka dengan ikan hias jenis cupang.

 

10. Hamster

Selanjutnya ada pula jenis hewan peliharaan yang cukup mudah untuk dipelihara dan mendapatkan untung banyak, yaitu ada hamster. Ya, tidak ada hal yang spesial dalam merawat dan mengembangbiakkan hewan yang satu ini. Hamster sangat mudah untuk berkembang biak, bahkan hewan jenis ini juga banyak permintaan di pasaran. Karena hamster tergolong hewan mini, jadi mereka para pecinta hewan tidak mudah untuk memeliharanya, karena ukuran hamster kecil. Bahkan hamster menjadi pilihan untuk mereka yang tak memiliki lahan besar dalam memelihara hewan.

 

11. Kucing

Tidak hanya di Indonesia, nyatanya kucing menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara di seluruh dunia loh setelah anjing. Ya, hewan lucu dan menggemaskan ini menjadi salah satu jenis hewan yang cukup aman dan mudah untuk di rawat. Bagi kalian yang memiliki kucing lucu dan unik, hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kalian loh KLovers. Kucing sangat mudah untuk berkembang biak, dan mereka termasuk hewan mamalia yang memiliki banyak anak.

Jadi, kalian bisa menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis. Karena penggemar kucing cukup banyak, sehingga permintaan kucing di pasaran cukup tinggi. Bahkan anak kucing bisa dijual dengan harga yang tinggi, tergantung dengan spesies serta jenisnya. Kalian hanya perlu memperhatikan makanan, perawatan, dan vaksinnya, agar kucing yang kalian miliki sehat.

 

12. Kelinci

Tidak hanya kucing, nyatanya kelinci juga menjadi salah satu jenis hewan yang banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Bagaimana tidak, hewan jenis ini memiliki bentuk yang lucu dan aman untuk anak-anak. Bagi kalian yang ingin membudidayakan kelinci, maka ini akan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Walaupun kelinci berbeda dengan kucing atau anjing, mereka cukup sulit untuk hidup lama dan cepat stress. Sehingga, untuk kalian yang ingin membiakkan kelinci, harus mengetahui apa saja yang diperlukan agar tidak gagal.

 

13. Anjing

Dan yang terakhir yaitu ada anjing, yang menjadi hewan peliharaan mudah dan aman. Untuk hewan satu ini, anak anjing atau puppy sangat menguntungkan di pasaran. Karena harga anak anjing lebih mahal dibanding dengan anjing dewasa. Kalian bisa memelihara berbagai jenis anjing, dari anjing yang lucu, hingga anjing penjaga sangat menguntungkan sebagai bisnis menjanjikan di Indonesia.

Itulah 13 jenis hewan ternak dan peliharaan yang mudah dilakukan bila berada di wilayah tropis Indonesia. Semua jenis hewan ternak dan peliharaan ini tak hanya mudah untuk dibiakkan, namun juga sangat menguntungkan.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI