53 Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Penuh Makna, Buat Hidup Lebih Ikhlas dan Hati Tenang

Senin, 14 Juni 2021 13:22
53 Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Penuh Makna, Buat Hidup Lebih Ikhlas dan Hati Tenang
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cobaan dalam hidup bisa muncul silih berganti menguras energi. Jika sudah begitu, berpasrah pada Allah SWT bisa jadi satu pilihan bijak. Dengan berpasrah atau menyerahkan segala keputusan kepada Allah SWT, hidup jadi terasa lebih ringan dan mudah. Kata-kata pasrah kepada Allah bisa membuat seseorang merasa benar-benar ikhlas saat berpasrah.

Sesekali, berpasrah memang bisa jadi langkah yang tepat dalam menjalani hidup. Dengan berpasrah, artinya kita sepenuhnya menaruh keyakinan pada kehendak Allah Sang Maha Kuasa. Namun, berpasrah tentu tidak berarti serta merta berdiam diri tanpa melakukan usaha. Berpasrah berarti menyerahkan segalanya kepada Allah, tapi tetap berusaha maksimal untuk mendapatkan apa yang diharapkan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata pasrah kepada Allah SWT yang penuh makna dan bisa buat hidup jadi lebih tenang serta ikhlas.

 

1. Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Buat Hidup Tenang

Berpasrah saat menghadapi masalah atau tekanan bisa membuat hidup seseorang jadi lebih tenang. Sebab, dengan mempercayakan semuanya pada Allah SWT, artinya kita meyakini akan mendapat hal terbaik dalam hidup ini. Berikut kata-kata pasrah kepada Allah yang bisa buat hidup lebih tenang dan bahagia.

1. "Karena hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada ilahi."

2. "Aku belajar mengikhlaskan sesuatu yang memang bukan untukku."

3. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

4. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

5. "Hati menjadi tidak tenang apabila kita meletakkan pengharapan terhadap sesuatu lebih daripada tawakal kepada Allah Yang Maha Memberi Segala."

6. "Allah dapat menggantikan segala sesuatu akan tetapi segala sesuatu tidak dapat menggantikan Allah." - Habib Umar bin Hafidz

7. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

8. "Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

9. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian." - Abdullah Gymnastiar

10. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

 

2. Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Penuh Makna

Berpasrah sama halnya dengan berusaha mengikhlaskan. Sehingga, meski terdengar sederhana, sejatinya perbuatan ini begitu bermakna. Oleh sebab itu, tak banyak orang yang bisa melakukannya. Berikut kata-kata pasrah kepada Allah yang penuh makna.

11. "Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu yang lain untuk kita."

12. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS. Al Insyirah: 5)

13. "Ada hari di mana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur."

14. "Pasrah bukan berarti diam. Pasrah bukan berarti tidak berusaha. Pasrah itu merendahkan hati."

15. "Tidak ada kata-kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar."

16. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

17. "Serahkan semuanya kepada Allah agar kamu bisa melihat kuasa Allah dalam segala hal."

18. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

19. "Orang yang paling ikhlas adalah dia yang paling mencintai Allah dan paling percaya kepada-Nya." - Ibn Al-Qayyim

20. "Terkadang berkat tidak ada dalam apa yang Dia berikan, tetapi dalam apa yang Dia ambil."

21. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." - (QS. Ar Rad : 11)

22. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

23. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

 

3. Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Bijak

Berpasrah kepada Allah bisa jadi tindakan bijak yang dilakukan seorang muslim dalam hidupnya. Dengan berpasrah, artinya seseorang telah mampu mengukur kemampuannya. Seorang yang berpasrah tahu, kapan harus berjuang sepenuh tenaga, dan kapan harus mengikhlaskan segalanya. Berikut kata-kata pasrah kepada Allah dengan pesan bijaksana.

24. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

25. "Bersabarlah, untuk apa yang dituliskan untukmu. Semuanya ditulis oleh penulis terhebat."

26. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

27. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - HR. Muslim

28. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

29. "Apa pun yang terjadi tetaplah berusaha semangat, berdoa dan tawakal. Ketahuilah di balik cobaan tersembunyi kebahagiaan."

30. "Terkadang kita akan diuji atas perencanaan yang kita buat . Diuji ikhlas, sabar, dan kuatnya mental."

31. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

32. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Allah telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untukmu."

33. "Untuk sabar bukanlah hal yang mudah, tapi kita harus pasrah atas segala ketentuan, juga sebagai bentuk pembelajaran."

34. "Apabila kita menginginkan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan, maka kita harus mempunyai suatu kesabaran yang besar."

35. "Jika kita dekat dengan Allah, jika kita memiliki ikatan kuat dengan Dia, jika kita yakin kepada-Nya, maka kita punya segalanya."

36. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - (QS Al Imran: 139)

37. "Jangan seperti mereka yang melupakan Tuhan, sehingga Tuhan membuat mereka melupakan jiwa mereka sendiri."

38. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun, jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." - Umar bin Khattab

 

4. Kata-Kata Pasrah Kepada Allah Menambah Iman

Berpasrah tidak saja menjadi pertanda seseorang bersikap bijaksana. Lebih dari itu, berpasrah dengan penuh keikhlasan juga jadi satu pertanda keimanan seseorang. Malahan, dengan sepenuhnya berpasrah akan bertambah keimanan seseorang. Berikut kata-kata pasrah kepada Allah yang bisa menambah keimanan.

39. "Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya." - (Q.S At-Talaq: 3)

40. "Tawakal yaitu percaya penuh bahwa rencana Allah adalah rencana yang terbaik." - Yasmin Mogahed

41. "Tawakal itu adalah saat kita yakin bahwa hanya Allah tempat kita meminta pertolongan."

42. "Tawakal adalah merelakan sepenuhnya segala sesuatu yang kamu cintai, namun dengan keyakinan bahwa Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik."

43. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - (QS Al Baqarah: 216)

44. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

45. "Ketika Allah mendorongmu ke ujung, percaya sepenuhnya kepada-Nya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Dia akan menangkapmu atau Dia akan membuatmu belajar terbang."

46. "Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rizky (yang berkah)." - HR.Tirmidzi

47. "Suatu saat kau akan dapati sesuatu yang kau pinta dari Allah sejak lama, mungkin sejak masa kecilmu yang bahkan kau sudah lupakan itu, tapi Allah tak akan melupakannya." - Habib Umar bin Hafidz

48. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit. Katakan Alhamdulillah."

49. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - (QS. Al-Baqarah: 286)

50. "Mengatakan bahwa kamu tidak dapat berdoa karena kamu telah melakukan terlalu banyak dosa, seperti mengatakan kamu tidak dapat mandi karena kamu terlalu kotor."

51. "Tidak ada akhir yang menyedihkan bagi mereka yang yakin kepada Allah."

52. "Tidak ada yang bisa membawakanmu kebahagiaan sejati selain Allah."

53. "Jangan seperti mereka yang melupakan Tuhan, sehingga Tuhan membuat mereka melupakan jiwa mereka sendiri."

Itulah di antaranya 53 kata-kata pasrah kepada Allah yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI