14 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Maksimalkan Fungsi Otak Bayi

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

14 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Maksimalkan Fungsi Otak Bayi
Manfaat pisang (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Pisang menjadi salah satu makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi, tidak heran bila manfaat pisang sangat banyak untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Buah dengan warna kuning ini juga menjadi salah satu buah favorit yang banyak dimakan. Teksturnya yang lembut, membuat buah yang satu ini juga bisa dimakan oleh bayi.

Pisang memiliki banyak sekali jenisnya, dengan berbagai bentuk dan juga rasa yang sedikit berbeda. Namun manfaat pisang hampir sama untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat dari pisang? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menjadi Sumber Energi

Manfaat buah pisang yang pertama yaitu menjadi sumber energi. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila pisang menjadi salah satu buah yang dapat memberikan sumber energi di dalam tubuh. Pasalnya, buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan karbohidrat yang mampu memberikan energi secara instan.

Selain itu kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang merupakan gula alami di buah pisang, dapat memberikan kebutuhan energi yang baik. tidak heran buah yang satu ini menjadi makanan yang sangat penting bagi para atlet olahraga dalam memberikan energi lebih dengan kalori seimbang.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mampu Mendetoks Racun

Manfaat buah pisang yang kedua yaitu dapat mendetoks racun yang ada di di dalam tubuh. Racun memang sangat banyak di dalam tubuh, tidak heran bila kalian harus mengeluarkan racun tersebut. Karena bila dibiarkan begitu saja, maka akan membuat penyakit baru yang lebih serius.

Buah pisang memiliki kandungan berupa pektin, yang merupakan bahan alami dengan manfaat sebagai detoksifikasi tubuh. Sehingga racun-racun dalam tubuh dapat teratasi hanya dengan mengonsumsi pisang setiap harinya.

 

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bukan hal yang asing lagi bila pisang mampu mengatasi masalah pencernaan. Seseorang yang mengalami sembelit hingga wasir mampu teratasi dengan cepat hanya karena mengonsumsi pisang secara rutin. Hal tersebut karena kandungan serat yang tinggi pada pisang mampu mengatasi masalah sembelit yang parah.

tidak hanya itu saja, pisang juga memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk usus. Dalam satu buah pisang hijau terdapat bakteri baik yang berguna untuk membuat saluran pencernaan yang lebih sehat. Bahkan pisang hijau juga mampu mengobati dan mencegah diare. Hal ini disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi parasit.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Banyak buah yang bisa memberikan kesehatan pada jantung kalian, dan salah satunya yaitu pisang. Yup! Manfaat pisang nyatanya mampu meningkatkan kesehatan pada jantung kalian loh KLovers. Dalam sebuah penelitian kesehatan terbaru menunjukkan bahwa, mengonsumsi pisang secara teratur bisa melindungi tubuh dari serangan jantung hingga stroke.

Hal itu karena pisang rendah garam namun tinggi kalium, sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan membuat jantung jadi lebih sehat. Jadi bila ingin memiliki jantung yang sehat, kalian bisa mengonsumsi pisang secara rutin ya KLovers.

 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya memberikan kesehatan jantung saja, nyatanya pisang juga mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini karena pisang memiliki kandungan kalium yang merupakan mineral penting, dan sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan ketegangan pada pembuluh darah serta arteri.

Sehingga hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke. Tapi tidak sembarang pisang ya KLovers, untuk mengatasi tekanan darah, kalian bisa mengonsumsi pisang hijau.

 

6. Mengatasi Masalah Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang tergolong ringan, dimana penderitanya kekurangan asupan zat besi hingga membuatnya mudah sekali lelah, tidak bersemangat, dan memiliki tubuh yang pucat. Zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin.

Namun nyatanya kalian bisa kok mendapatkan zat besi dari mengonsumsi pisang. Pisang tinggi dengan kandungan zat besi, dan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah, serta membantu melawan anemia. Selain itu, vitamin B6 yang terkandung dalam pisang juga dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah, dan dapat membantu tubuh penderita anemia.

 

7. Bagus untuk Diet

Bukan hal yang asing lagi bila pisang sangat baik untuk diet. Itulah mengapa banyak dari orang-orang yang mengonsumsi pisang untuk melakukan diet. Hal ini karena aroma pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan kelaparan yang datang tiba-tiba.

Dalam sebuah penelitian oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, menyatakan bahwa, mencium aroma pisang ketika lapar dapat mengelabui otak dan berpikir bahwa kita sudah benar-benar makan. Itulah mengapa pisang dapat membantu kalian dalam menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan kalori dari pisang juga sangat rendah, namun dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Tidak hanya itu saja, pisang juga mampu memberikan energi lebih pada tubuh dibanding saat seseorang mengonsumsi nasi putih.

 

8. Mengatasi Depresi

Jika kalian sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan pisang. Pisang kaya akan mangan dan mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuatmu merasa lebih baik. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 magnesium mg.

Mineral ini dipercaya dapat membantu meningkatkan mood kalian dan membantu tidur yang baik. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika tubuh kalian kekurangan magnesium, maka kalian mungkin akan menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya. Sehingga untuk menghilangkan hal tersebut, bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi pisang.

 

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, tentu harus mengontrol pola makan mereka dengan sangat baik dan hati-hati. Karena dengan mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Tapi hal ini dapat di hindari dengan mengonsumsi Pisang.

Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau dalam daftar makanannya. Lantaran pisang hijau memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sedikit. Pasien diabetes perlu makanan rendah gula, dan pisang hijau adalah makanan yang sempurna. Kalian bisa mengonsumsi pisang hijau rebus sebagai camilan sehat dan baik untuk kesehatan.

 

10. Memberikan Kesehatan Tulang

Manfaat buah pisang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesehatan tulang serta gigi. Dan manfaat ini sangat baik dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan ataupun ibu hamil. Pisang salah satu buah yang kaya akan kalium. Kalium sendiri memiliki peranan untuk menetralkan natrium di dalam tubuh yang berfungsi dalam pembentukan tulang.

Selain itu, pisang tidak hanya mengandung kalsium saja namun juga mengandung protein yang penting agar tubuh dapat menyerang kalsium yang dikonsumsi. Jadi bagi ibu hamil atau anak yang dalam masa pertumbuhan, bisa mengonsumsi buah pisang sebagai nutrisi alami yang sehat.

 

11. Baik untuk Kesehatan Mata

Tidak hanya memberikan kesehatan pada tulang saja, nyatanya pisang juga mampu memberikan kesehatan pada mata loh KLovers. Kandungan vitamin A dalam pisang dapat meningkatkan penglihatan karena mampu membantu melindungi kornea.

Tidak hanya wortel saja, nyatanya pisang juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Sehingga mampu memberikan kesehatan pada mata kalian, bahkan kandungan ini sangat baik untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

 

12. Meningkatkan Fungsi Otak Bayi

Pisang merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan sirkulasi di tubuh bayi. Kandungan kalium dalam buah pisang membantu meningkatkan daya konsentrasi bayi. Selain itu, kandungan folat pada pisang juga membantu perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat anak.

Buah pisang juga mengandung antioksidan yang bagus untuk melindungi tubuh si kecil dari berbagai penyakit. Itulah sebabnya, memberikan asupan makanan menggunakan buah pisang sangat diperlukan, salah satunya untuk meningkatkan fungsi otak bayi.

 

13. Memberikan Kesehatan Kulit

Manfaat pisang yang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada kulit. Bukan hanya memberikan kesehatan saja, namun pisang juga mampu memberikan kecantikan tubuh kalian. Pisang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami sehingga dapat membuat kulit nampak lebih halus.

Tak hanya itu saja, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi membuat pisang mampu mencegah jerawat di wajah dan mencegah penuaan dini. Kalian bisa mengonsumsi pisang secara langsung atau membuatnya menjadi masker untuk mendapatkan manfaat dari pisang tersebut.

 

14. Memberikan Nutrisi Pada Rambut

Dan manfaat pisang yang terakhir yaitu dapat memberikan nutrisi pada rambut. Bukan hanya kulit saja, nyatanya pisang juga mampu memberikan nutrisi pada rambut kalian loh. Kandungan silika pada buah pisang akan diserap oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen dan protein yang merupakan bahan penyusun rambut, agar rambut menjadi sehat.

Selain itu kandungan antioksidan pada pisang mampu mengatasi gejala ketombe yang muncul pada rambut. Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah pisang juga akan membuat rambut tetap lembab dan kuat. Cara menggunakannya juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu menjadikan pisang sebagai masker rambut secara rutin 2 kali seminggu.

Itulah 12 manfaat pisang untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya menjadi buah yang enak saja, nyatanya pisang juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending