Konsumsi Rutin, 12 Manfaat Kayu Manis yang Punya Sejuta Kandungan

Rabu, 28 Oktober 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira
Konsumsi Rutin, 12 Manfaat Kayu Manis yang Punya Sejuta Kandungan
Manfaat kayu manis (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kayu manis merupakan salah satu rempah yang banyak dikonsumsi untuk membuat makanan manis. Memiliki aroma yang khas, serta rasa yang manis, membuat rempah yang satu ini menjadi ciri khas makanan manis dengan sajian yang elegan. Bukan hanya menjadi penyedap dalam sebuah makanan saja, nyatanya manfaat kayu manis sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh.

Memiliki sejuta kandungan, kayu manis juga tidak kalah dengan bahan rempah lainnya untuk memberikan kesehatan. Bahkan manfaat tersebut mampu memberikan kesehatan bagi tubuh, bila dikonsumsi secara rutin dan dalam takaran yang tepat.

Kira-kira apa saja ya manfaat kayu manis bila dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat kayu manis yang pertama yaitu dapat mencegah risiko pada kanker. Yup! Nyatanya rempah yang satu ini mampu memberikan nutrisi untuk mencegah risiko kanker loh KLovers. Hal ini karena kayu manis memiliki kandungan berupa zat antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan tumor, kerusakan DNA, dan mutasi sel.

Selain itu kayu manis juga mengandung cinnamaldehyde yang dapat melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas, hingga dapat menumbuhkan kanker. Jadi bila ingin memiliki tubuh yang terhindar dari penyakit kanker, maka kalian bisa mengonsumsi air rebusan kayu manis secara rutin.

 

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Walaupun namanya kayu manis, namun rempah satu ini mampu mengontrol kadar gula dalam darah loh KLovers. Tentu saja manfaat kayu manis ini sangat berguna bagi kalian yang menderita penyakit diabetes. Hal ini karena kayu manis dapat memberikan efek antidiabetik yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis bertindak dengan cara yang mirip seperti insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah. Kayu manis juga membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan.

selain itu kandungan zat alami pada kayu manis dapat menghalangi enzim alanin yang membuat glukosa menyerap ke dalam darah. Jika proses tersebut terjadi terlalu banyak, maka risiko diabetes akan meningkat. Sehingga kamu bisa mengonsumsi kayu manis untuk mencegahnya.

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kayu manis bagi kesehatan yang lainnya juga dapat menjaga kesehatan jantung loh. Seperti diketahui penyakit jantung termasuk salah satu penyakit berisiko tinggi yang perlu diwaspadai. Selain menerapkan gaya hidup sehat, menjaga asupan makanan dan minuman sehat perlu dipertimbangkan.

Terlepas dari hal tersebut, kayu manis rupanya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab rempah tersebut memiliki senyawa yang bisa mengontrol kadar gula darah, tekanan darah hingga mencegah kolesterol jahat (LDL).

Hal ini dimana kadar kolesterol yang baik tersebut bisa meningkatkan sistem kerja jantung. Selain itu kandungan kumarin dalam kayu manis juga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah, dan penggumpalan darah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh serta jantung kalian.

 

4. Memberikan Kesehatan Otak

Tidak hanya memberikan kesehatan pada jantung saja, nyatanya kayu manis juga mampu memberikan kesehatan pada otak kalian loh KLovers. Kayu manis mengandung zat antioksidan yang dapat melindungi kesehatan otak. Zat tersebut akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang dapat melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif.

Selain itu, kayu manis juga dapat membantu kita terhindar dari penurunan kognitif. Jadi bila ingin terhindar dari penurunan kognitif saat lanjut usia, maka kalian bisa mengonsumsi kayu manis sejak dini, agar otak tetap sehat.

 

5. Menangkal Bakteri dan Jamur

Jamur dan juga bakteri memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi makanan yang dapat menangkal bakteri serta jamur adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan, agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal ini karena kandungan senyawa dalam kayu manis menawarkan manfaat tersebut untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur.

Melansir dari healhtline.com, minyak kayu manis terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan akibat jamur. Termasuk bahan rempah satu ini juga memiliki efek anti mikroba yang mencegah kerusakan gigi serta bau mulut. Jadi kalian bisa mengatasi bakteri dan jamur dengan menggunakan kayu manis.

 

6. Redakan Nyeri Haid

Manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri haid. Bagi sejumlah perempuan, datang bulan sering kali menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas. Namun ternyata kayu manis menjadi salah satu bahan rempah yang bisa membantu meredakan rasa nyeri haid loh.

Untuk mendapat manfaat dari kayu manis tersebut kalian bisa kok membuat bahan alami ini menjadi minuman hangat. Kayu manis nyatanya bisa membantu meredakan rasa nyeri, serta menenangkan perut dari kontraksi yang terjadi saat haid. Sejumlah gejala lain ketika datang bulan seperti mual juga bisa diredakan secara alami menggunakan kayu manis. Kalian bisa membuat minuman kayu manis dengan susu untuk meredakan nyeri haid tersebut.

 

7. Mencegah Peradangan

Peradangan bisa terjadi pada tubuh kalian, maka dari itu kalian bisa menggunakan kayu manis untuk mengatasi peradangan tersebut. Hal ini lagi-lagi berkat kandungan antioksidan yang terdapat pada kayu manis. Kandungan zat antioksidan ini memiliki sifat anti inflamasi.

Karena hal tersebut kayu manis bisa membantu tubuh untuk melawan paparan radikal bebas. Termasuk memperbaiki kerusakan jaringan pada tubuh secara alami. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mengandung antioksidan tinggi dan bersifat anti inflamasi yang baik dalam mengatasi peradangan.

 

8. Mengatasi Flu

Mampu mengatasi bakteri dan juga jamur, membuat kayu manis dapat menjadi obat flu untuk kesehatan tubuh. Bila kalian merasakan tubuh akan mengalami flu, maka kalian bisa mengatasi flu tersebut dengan menggunakan kayu manis hingga madu.

Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian bisa mencampurkan madu serta kayu manis dengan air hangat agar flu dapat teratasi. Dengan meminum campuran tersebut, maka virus penyebab flu dan pilek dapat segera hilang dari tubuh kalian. Tentu saja tubuh menjadi sehat dan juga bugar kembali.

 

9. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi memang menjadi salah satu hal yang mengganggu bagi kesehatan tubuh. Bila sakit gigi terjadi maka akan mengganggu aktivitas kalian, bahkan lebih parahnya lagi sakit gigi yang tidak diatasi akan membuat sakit kepala tak tertahankan.

Namun tenang KLovers, nyatanya kalian bisa kok menggunakan manfaat kayu manis untuk mengatasi sakit gigi. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.

 

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal memang dambaan setiap orang, namun nyatanya untuk menurunkan berat badan tidak perlu ribet dan juga mahal loh KLovers. Kalian bisa menggunakan manfaat kayu manis untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan zat cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat membantu proses pembakaran lemak pada tubuh.

Kalian bisa mengonsumsi rebusan kayu manis dengan lemon untuk dijadikan sebagai minuman hangat. Dengan begitu kayu manis dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada tubuh yang menyebabkan berat badan berlebih. Kalian juga bisa mengonsumsi minuman tersebut secara rutin, dan dengan takaran yang tepat.

 

11. Membantu Kesuburan

Ternyata manfaat kayu manis lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu mendukung kesuburan. Bagi kalian yang merupakan seorang wanita, mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan risiko serangan penyakit Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Penyakit ini dapat mengganggu fungsi ovarium sehingga hormon menjadi tidak seimbang. Dan kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase dalam kayu manis nyatanya dapat membantu melawan penyakit tersebut loh. Dengan begitu kayu manis dapat membantu kesuburan bagi para wanita.

 

12. Meningkatkan Imunitas

Dan manfaat kayu manis yang terakhir yaitu dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh. Kayu manis memiliki kandungan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan. Sehingga tubuh lebih sehat dan imunitas tetap terjaga.

Itulah 12 manfaat kayu manis yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya dapat menjadi penyedap makanan saja, nyatanya kayu manis juga dapat memberikan kesehatan bagi tubuh dengan sangat baik.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI