15 Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat Dan Alami, Kepoin Yuk!

Kamis, 27 Juni 2019 14:34 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat Dan Alami, Kepoin Yuk!
Ilustrasi Gigi Putih (Credit : Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Memiliki gigi putih yang bersih dan segar menjadi hal yang diinginkan semua orang. Semua orang berlomba-lomba melakukan segala cara agar gigi tampak terlihat putih. Namun, tak banyak dari mereka memikirkan dampak negatif yang terjadi apabila melakukan cara atau bahan yang tidak benar. Seiring berkembangnya jaman, makin banyak alat maupun teknologi yang dapat memutihkan gigi secara instan tapi memiliki efek samping yang buruk. KLovers tidak perlu bingung dan ragu, ada banyak cara memutihkan gigi dengan cepat dengan bahan alami yang banyak khasiat.

Dengan memanfaatkan bahan alami yang tidak hanya dapat memutihkan gigimu, tapi juga membuat gigimu tampak segar dan sehat. Gigi putih yang menjadi impian KLovers bisa didapatkan hanya dengan bahan alami yang sederhana. Simak dan coba cara-cara putihkan gigi dengan cepat dan alami berikut ini.

1. Lemon

Cara pertama untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, mampu memutihkan gigi yang menguning. Selain itu, kadar PH yang seimbang dalam buah lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya cukup sederhana yakni :

  1. Ambil 1 buah lemon segar
  2. Peras buah lemon hingga sekitar 2-3 sendok teh
  3. Campurkan air perasan lemon dengan 1 sendok teh garam halus
  4. Gosokkan campuran keduanya ke gigi menggunakan sikat gigi

2. Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata juga dipercaya mampu memutihkan gigi yang menguning. Selain itu, kulit pisang juga dapat membantu menguatkan email gigi karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Kalian cukup menggosok-gosokkan kulit pisang yang telah dicuci bersih sebelumnya pada gigi.  Jadi, mulai sekarang jika kalian memakan buah pisang, jangan buang kulitnya ya!

3. Stroberi

Cara selanjutnya yakni menggunakan stroberi. Stroberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi. Selain itu, stroberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, 
gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut. Buah berwarna merah yang satu ini juga terkenal akan khasiatnya yang dapat memutihkan gigi. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam stroberi, diyakini dapat mengangkat dan menghambat bakteri penyebab plak gigi yang biasanya menyebabkan gigi menjadi kuning. Caranya sangat mudah, cukup ambil 1 buah stroberi yang sudah dicuci bersih, lalu gosokkan bagian luar stroberi ke gigi. Cara tersebut juga cukup efektif untuk mengangkat noda sekaligus kotoran di gigi.

4. Garam

Garam menjadi bahan alami selanjutnya yang bisa kalian coba. Bumbu dapur yang satu ini juga cukup efektif untuk memutihkan gigi selain dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Caranya pun juga sederhana, yakni larutkan garam secukupnya dengan segelas air lalu berkumurlah dengan air garam tersebut. Namun, penggunaan garam sebagai pemutih gigi sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena garam sendiri meiliki sifat abrasif sehingga mampu menghilangkan stain dari gigi.

5. Daun Sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara memutihkan gigi secara alami loh. Daun sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu memutihkan gigi yang menguning. Mungkin sebagian dari kita nggak asing dengan melihat nenek moyang kita mengunyah sesuatu di mulutnya yang berwarna merah bukan? Ternyata yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai cara memutihkan gigi secara alami.
Selain itu, daun sirih juga memiliki efek yang hampir sama seperti obat kumur dan yang pasti lebih murah karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada 2 cara yang bisa kalian coba yakni :

Cara 1

  1. Ambil 1-2 helai daun sirih segar
  2. Gosokkan daun sirih secara merata ke seluruh bagian gigi

Cara 2

  1. Ambil 3-4 helai daun sirih
  2. Rebus daun sirih
  3. Gunakan air rebusannya untuk berkumur

6. Siwak

Sama halnya dengan daun sirih, siwak juga sudah digunakan sejak dulu. Siwak sendiri berfungsi sebagai alat tradisional untuk membersihkan gigi. Selain sebagai pembersih gigi, siwak juga bermanfaat sebagai pemutih gigi alami. Siwak dari dulu memang terkenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, siwak juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, serta mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi. Dulu nenek moyang biasa menggunakan siwak dengan cara dikunyah batangnya.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak adalah dengan mengoleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Bisa juga mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta, kemudian menggunakannya sebagai pasta gigi. Kalian bisa melakukan cara tersebut sebanyak 2-3 kali sehari.

7. Daun Salam

Daun salam ternyata kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif loh KLovers. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium adalah dalam daun salam. Ternyata ke semua zat ini ampuh sebagai cara memutihkan gigi secara alami loh.

Ada 2 cara yang bisa kalian coba yakni :

  1. Rebus beberapa helai daun salam dengan air secukupnya
  2. Kumur menggunakan air rebusan daun salam tersebut

Atau kalian juga bisa menggunakan cara yang lainnya yaitu :

  1. Siapkan 6 lembar daun salam dan kulit jeruk
  2. Jemur daun salam dan kulit jeruk hingga benar-benar kering
  3. Haluskan keduanya hingga menjadi bubuk
  4. Gosokkan campuran keduannya pada gigi setiap hari

8. Jeruk Nipis dan Lemon

 

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis ternyata juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga gigi menjadi putih. Campuran jeruk nipis dan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pemutih gigi secara alami. Seperti yang kita tau, keduanya sama-sama mengandung anti oksidan dan vitamin C yang tinggi yang mampu memutihkan gigi. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Peras jeruk nipis hingga sebanyak satu sendok makan
  2. Lakukan hal yang sama pada lemon
  3. Campur keduanya secara merata
  4. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata
  5. Gunakan campuran diatas untuk menyikat gigi
  6. Kumur hingga bersih 

9. Jahe

Jahe juga bisa menjadi pilihan lain bagi kalian yang ingin memutihkan gigi secara alami. Kandungan antibakterian yang terdapat pada jahe dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Terlebih, antibakterian pada jahe juga mampu untuk membuat gigi semakin putih dan bersih. Caranya terbilang cukup mudah dan praktis lho. Kalian ambil 1 batang jahe dan kupas. Gosokkan jahe secara merata ke seluruh bagian gigi. Cukup mudah bukan?

10. Kulit Jeruk

Jika kalian memakan buah jeruk, jangan buru-buru untuk membuang kulitnya lebih dulu. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai pemutih gigi secara alami. Zat pektin yang terdapat pada kulit jeruk dan juga minyak atsiri berguna untuk memutihkan gigi mu secara alami loh. Tidak hanya memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi. Dalam kulit jeruk sendiri terkandung zat pectin dan minyak atsiri yang berguna untuk memutihkan gigi. Selain itu, kulit jeruk juga mampu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya yakni:

  1. Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuk halus kulit jeruk yang sudah dikeringkan
  3. Campurkan dengan air hingga menyerupai pasta
  4. Gunakan pasta tersebut sebagai pasta gigi

11. Baking Soda

Bahan yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda juga mampu mengangkat noda penyebab gigi kuning. Langkah-langkahnya yakni :

  1. Ambil baking soda secukupnya
  2. Gosokkan baking soda ke bagian gigi secara merata
  3. Biarkan sekitar 3-5 menit
  4. Kumur menggunakan air bersih

12. Arang Kayu

Kandungan alkali yang terdapat di arang kayu dapat berfungsi untuk membersihkan sekaligus mengikis noda kuning yang menempel pada gigi. Namun, disarankan tidak menggunakannya secara berlebihan karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi. Ikuti 3 langkah mudah berikut ini :

  1. Ambil secuil arang kayu dan haluskan
  2. Tambahkan perasan air lemon
  3. Gunakan campuran keduanya untuk menyikat gigi

13. Cengkeh

Selain dapat mengatasi gigi berlubang dan menguatkan gigi, minyak cengkeh juga dapat digunakan untk memutihkan gigi. Cengkeh sendiri juga mengandung banyak nutrisi diantaranya zat besi, karbohidrat, fosfor, dan kalium. Terlebih, caranya pun sangat mudah. Kalian cukup mengoleskan minyak cengkeh pada gigi secara merata atau kalian juga bisa menjadikan bubuk cengkeh sebagai pengganti pasta gigi.

14. Apel

Cara lain yang bisa kalian coba yakni dengan menggunakan buah apel. Selain berfungsi untuk menjaga pencernaan, apel juga dapat memutihkan gigi secara alami karena kandungan asam malat yang terkandung di dalamnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Cuci buah apel hingga bersih
  2. Potong buah apel menjadi 4 bagian
  3. Gosokkan buah apel secara langsung ke gigi

15. Cuka Apel

Cara terakhir yang bisa kalian coba untuk memutihkan gigi yaitu menggunakan cuka apel. Cuka apel sendiri bermanfaat untuk membuat gigi terlihat lebih putih sekaligus bersih. Caranya pun cukup praktis, seperti berikut ini :

  1. Ambil 1 sendok cuka apel
  2. Gosok-gosokkan cuka apel tersebut pada seluruh bagian gigi secara merata

Atau juga bisa dengan cara yang lain yakni:

  1. Campurkan setengah sendok teh cuka apel dengan secangkir air
  2. Kumur selama 1-2 menit setiap pagi
  3. Setelah berkumur, sikatlah gigi seperti biasa

Sangat banyak bahan alami sederhana yang dapat KLovers gunakan untuk memutihkan gigi bukan? Selain mudah didapatkan, khasiatnya yang kaya serta tidak menimbulkan efek samping akan menambah rasa percaya diri kamu memiliki gigi yang putih dan sehat. Selamat mencoba.

 

Penulis : Artamevia Faberta Elvanda

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI