15 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat, Wujudkan Rambut Sehat ala Selebriti

Kamis, 22 Agustus 2019 13:18 Penulis: Wuri Anggarini
15 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat, Wujudkan Rambut Sehat ala Selebriti
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Bukan cuma makeup yang perlu diperhatikan kalau mau mewujudkan penampilan cantik maksimal. Kesehatan rambut juga jangan sampai terlupakan. Kebayang dong gimana jadinya kalau gaya cantik kamu harus dirusak karena kehadiran ketombe yang muncul di kulit kepala. Bukannya bisa menebar gaya, yang ada kamu harus menahan malu karena ketombe yang muncul.

Coba deh lihat gaya selebriti favorit. From head to toe, penampilan mereka selalu bisa dibilang sempurna. Tapi, bukan cuma selebriti saja kok yang bisa memiliki rambut sehat bebas ketombe. Saatnya kamu juga melakukan cara menghilangkan ketombe dengan cepat agar penampilan maksimal ala seleb bisa segera diwujudkan. Yuk, intip di sini!

1. Garam

©Shutterstock©Shutterstock

Tahu nggak kalau manfaat garam ternyata nggak hanya terbatas digunakan untuk masak? Cara menghilangkan ketombe dengan cepat juga bisa kamu dapatkan dari garam. Bahan yang satu ini dapat mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit kepala, termasuk membantu menghilangkan ketombe dengan maksimal.

Treatment menghilangkan ketombe dengan garam cukup mudah kok. Sediakan garam secukupnya, lalu gosokkan di kulit kepala secara perlahan dengan gerakan memijat. Setelah aplikasinya merata, bilas rambut dengan air hingga bersih. Lakukan self treatment ini secara ruti agar bisa menyingkirkan ketombe dengan cepat.

2. Lidah Buaya

Dikenal sebagai salah satu bahan yang memiliki banyak beauty benefit, ternyata salah satu manfaat lidah buaya juga dapat bekerja sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Tanaman yang satu ini kaya kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A, B1, dan C. Serangkaian kandungan ini berguna untuk menutrisi rambut, nggak hanya mencegah rambut rontok tapi juga menghilangkan ketombe secara alami.

Jika ingin merawat rambut dengan lidah buaya untuk menyingkirkan ketombe, caranya cukup mudah. Ambil gel lidah buaya secukupnya. Aplikasikan dengan merata di permukaan kulit kepala. Pijat dengan lembut untuk memaksimalkan penyerapan nutrisinya. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Jika diaplikasikan secara teratur, treatment ini dapat menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang ampuh.

3. Jeruk Nipis

Buah yang satu ini kaya kandungan vitamin C yang dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bekerja untuk mendorong petumbuhan akar rambut. Jika ingin melakukan perawatan kulit kepala dengan jeruk nipis, berikut beberapa langkah mudahnya.

Peras jeruk nipis untuk diambil airnya, lalu campurkan dengan air secukupnya. Aplikasikan pada rambut, terutama di area kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa menit hingga kandungan air jeruk nipis meresap di kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

4. Minyak Zaitun

©Shutterstock©Shutterstock

Nggak hanya digunakan untuk memasak, ternyata minyak zaitun juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang wajib dicoba. Bahan yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 dan vitamin E yang dapat melembapkan kulit kepala secara alami dan mencegah pertumbuhan ketombe. Kandungan ini juga berguna untuk menutrisi rambut dan kulit kepala untuk meningkatkan sistem pertahanannya.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun sebenarnya cukup mudah kok. Kamu bisa mencoba hot oil treatment yang dapat menjadi langkah jitu menyingkirkan masalah yang satu ini. Ambil minyak zaitun secukupnya, tuangkan ke dalam sebuah wadah bersih. Panaskan minyak tersebut di dalam microwave, lalu aplikasikan di area kulit kepala. Pijat lembut dan merata selama beberapa menit. Diamkan hingga 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

5. Daun Sirsak

Tahu nggak kalau ternyata daun sirsak juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang dapat dicoba di rumah? Bahan tersebut memiliki ‘keajaiban' tersendiri karena dapat menghambat pertumbuhan kutu dan ketombe.

Ingin mencoba menerapkan cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan daun sirsak? Ini dia beberapa langkahnya. Siapkan beberapa lembar daun sirsak, tumbuk hingga halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan aplikasikan sebagai masker rambut. Gunakan secara merata, diamkan hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Bawang Merah

Siapa sangka kalau ternyata bawang merah memiliki kandungan antibakteri yang bekerja untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe? Cara menghilangkan ketombe dengan cepat bisa kamu lakukan di rumah menggunakan bahan dapur yang satu ini. Mau mencobanya?

Caranya gampang kok. Haluskan beberapa butir bawang merah lalu gunakan secara merata di kulit kepala. Pijat dengan lembut selama beberapa menit, setelah itu diamkan selama 15 menit agar bahan-bahannya lebih meresap. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih. Tertarik mencoba cara menghilangkan ketombe yang satu ini?

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga memiliki khasiat rahasia, yaitu bekerja sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang bisa dicoba di rumah. Minyak yang satu ini mampu bekerja untuk melembapkan kulit kepala dan memiliki zat anti-inflamasi yang bekerja mencegah pertumbuhan ketombe.

Perawatan rambut untuk menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa juga mudah kok. Kamu cukup menuangkan minyak kelapa secukupnya dalam sebuah wadah. Lalu usapkan minyak kelapa tersebut di area kulit kepala, pijat lembut hingga merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

8. Lemon

©Shutterstock©Shutterstock

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat juga bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan khasiat lemon. Bahan yang satu ini mengandung vitamin C yang bekerja efektif sebagai zat antibakteri sehingga mampu bekerja menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Perawatan rambut dengan lemon juga mudah. Ambil 1 buah lemon, peras airnya. Aplikasikan air lemon di kulit kepala secara merata, diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

9. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya menyuburkan pertumbuhannya. Nggak hanya itu, ternyata cara menghilangkan ketombe dengan cepat juga bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan bahan yang satu ini. Cara mengaplikasikannya juga mudah kok. Gunakan minyak kemiri secara merata di kulit kepala sebelum keramas. Diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bilas rambut dan keramaslah dengan sampo seperti biasa.

10. Tea Tree Oil

Bahan yang satu ini juga dikenal ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Tea tree oil bekerja efektif berkat kandungan terpinen-4-ol yang memiliki kandungan antimikroba. Zat inilah yang kemudian mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Merawat rambut dengan tea tree oil juga hampir sama dengan oil treatment lainnya. Aplikasikan minyak yang satu ini di area kulit kepala secara merata. Pijat lembut untuk relaksasi sekaligus membuat kandungannya meresap lebih lama. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

11. Baking Soda

©Shutterstock©Shutterstock

Baking soda sudah sering banget digunakan sebagai bahan lifehack yang populer. Ternyata, manfaatnya juga bisa dirasakan sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Bahan yang satu ini dapat berperan sebagai scrub yang mengangkat sel kulit mati dengan maksimal, termasuk ketombe yang mengganggu penampilan. Selain itu, baking soda juga memiliki kandungan antijamur yang mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Ingin mencoba mengusir ketombe dengan baking soda? Caranya gampang kok. Campurkan 1 sendok baking soda pada sampo yang digunakan untuk keramas. Pijat lembut kulit kepala agar kandungannya semakin meresap. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Jika diaplikasikan secara rutin, metode ini dapat menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang memberikan hasil menjanjikan.

12. Perbaiki Pola Diet

Tahu nggak sih kalau menu diet yang kurang tepat ternyata bisa memicu pertumbuhan ketombe di kulit kepala? Jika ingin cara menghilangkan ketombe dengan cepat ini berhasil, penting juga untuk mulai memperbaiki pola diet sehari-hari. Perbanyak asupan makanan yang dapat menutrisi kulit kepala untuk meningkatkan sistem pertahanan area tersebut dari serangan bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan ikan salmon ternyata punya peranan penting untuk menghilangkan ketombe dengan cepat, karena memenuhi kebutuhan nutrisi kulit kepala. Selain itu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah juga wajib masuk ke dalam daftar makanan sehari-hari karena kaya kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menunjang rambut sehat.

13. Manajemen Stres dengan Baik

Bukan rahasia lagi kalau stres dapat menyebabkan sistem imun menurun sehingga tubuh rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Stres berkepanjangan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu peradangan pada beberapa area tubuh. Nah, stres juga ikut menurunkan kondisi kulit kepala yang membuat area tersebut rentan mengalami pertumbuhan ketombe. Jika ingin cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang dilakukan berhasil, pastikan kamu melakukan manajemen stres dengan baik.

14. Olahraga

©Shutterstock©Shutterstock

Aktif menggerakkan tubuh dengan olahraga secara rutin juga bisa membantu cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Kegiatan fisik yang satu ini merangsang metabolisme tubuh jadi lebih lancar, sehingga meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nggak terkecuali area kulit kepala. Beberapa olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan kulit kepala di antaranya yoga dan latihan kardio karena dapat meningkatkan aliran darah ke area rambut dan kulit kepala.

Dengan kondisi kulit kepala yang lebih sehat, ketombe nggak akan mudah muncul di area tersebut. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kulit kepala setelah berolahraga dengan keramas. Keringat, kotoran, dan minyak yang menempel di area tersebut dapat memicu rasa gatal sekaligus ladang subur pertumbuhan ketombe.

15. Gunakan Sampo Antiketombe

Last but not least, maksimalkan cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan sampo yang memiliki formula untuk mengatasi ketombe. Jangan lupa jaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan keramas secara teratur, minimal 3-4 kali dalam seminggu. Pasalnya, kulit kepala yang kotor dan berminyak bisa menjadi lading subur pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Saatnya singkirkan masalah ketombe secara maksimal untuk mewujudkan rambut sehat ala selebriti yang jadi impianmu, KLovers!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI