20 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Baking Soda, Bisa Dilakukan Di Rumah

Senin, 17 Juni 2019 16:14 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Baking Soda, Bisa Dilakukan Di Rumah
Ilustrasi wanita (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Seperti yang kamu tahu, menghilangkan komedo bukanlah hal yang gampang dilakukan. Mungkin kamu yang mengalami masalah komedo juga merasakan hal serupa. Menggunakan produk seperti porepack mungkin bisa menghilangkan komedo kamu, tapi belum menjamin membasmi komedo secara tuntas. Nah, daripada menguras biaya yang lumayan banyak untuk produk kecantikan yang belum tentu menjadi solusi yang ampuh untuk menghilangkan komedo, akan lebih baik jika kamu gunakan bahan alami di sekitar kamu. Selain ramah di kantong, bahan alami juga lebih aman untuk wajah. Salah satu bahan alami yang diyakini ampuh untuk menghilangkan komedo yaitu baking soda.

Salah satu bahan dapur untuk membuat kue ini dipercaya secara alami memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan kulit wajah serta menawarkan solusi untuk berbagai masalah kecantikan wajah seperti komedo. Seperti dilansir dari Liputan6.com, menurut seorang ahli bedah dermatologi Alexander Dane baking soda bekerja sebagai eksfolian sehingga dapat membasmi kotoran, minyak , dan sel kulit mati. Tak hanya itu baking soda juga mampu menyeimbangkan pH kulit. Nah itulah rahasia di balik baking soda yang mungkin kamu belum ketahui.

Sudah mencoba menghilangkan komedo dengan baking soda belum? Kalau belum, mungkin kamu perlu mencobanya. Di bawah ini adalah 20 cara menghilangkan komedo dengan baking soda yang bisa kamu contoh sendiri di rumah. Beberapa diantaranya dikutip dari medcom.id dan klinikkecantikan.com.

1. Baking soda

Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)

Gunakan ¼ sendok the baking soda, larutkan ke dalam sedikit air. Setelah di aduk, larutan akan berubah tekstur menjadi pasta. Nah, baru setelah nya kamu bisa mengoleskan ke area wajah kamu yang berkomedo, biasanya di hidung. Jangan hanya mengoleskan saja, tapi juga di pijat secara perlahan. Setelah 20 menit kamu diamkan bilas dengan air sampai bersih.

2. Baking Soda dan Jus Lemon

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda yang kedua adalah menggunakan campuran jus lemon. Langsung aja bahan yang kamu butuhkan adalah ½ sendok the baking soda dan 1 sendok the air yang distilasi atau air suling. Pertama kamu campurkan dua bahan ini ke dalam sebuah wadah, aduk. Setelah itu oleskan pada area komedo di wajah. Kemudian tunggu sampai kering selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas dengan air. Oh ya, jika menggunakan ramuan ini untuk masker, nggak cuma komedo kamu aja yang akan terangkat tetapi juga kulit berminyak.

3. Baking Soda dan Madu

Ilustrasi baking soda dan madu (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda dan madu (credit: Shutterstock)

Salah satu makanan alami dari lebah ini memiliki banyak khasiat untuk kulit wajah. Diantaranya adalah membuat kulit wajah jadi mulus dan menghilangkan komedo membandel. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan madu juga gampang banget loh. Yang pertama siapkan satu sendok the baking soda dan 1 sendok makan madu murni, campur dan aduk-aduk. Oleskan ke wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin.

4. Baking soda, Oatmeal dan Minyak Kelapa

Perlu kamu tahu bahwa oatmeal merupakan salah satu solusi yang baik untuk mengatasi komedo. Cara menghilangkan komedo Kali ini kamu mengombinasikan antara baking soda, oatmeal, dan juga minyak kelapa. Nah, untuk ukuran racikan dari ketiga bahan ini adalah sebagai berikut.

• ½ sendok the baking soda
• 1 sendok the oatmeal
• 1 sendok makan minyak kelapa

Apabila ketiga bahan ini sudah dicampur secara merata, langsung bisa kamu oleskan ke wajah salama 10 menit. Berbeda dengan cara sebelumnya, untuk membersihkan scrub ini yaitu dengan menyekanya dengan lap basah.

5. Baking Soda dan Susu

Ilustrasi baking soda dan susu (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda dan susu (credit: Shutterstock)

Perpaduan antara baking soda dan susu murni juga dipercaya dapat secara ampuh menghilangkan komedo secara tuntas. Yuk langsung aja buktikan sendiri dengan mencampurkan ½ sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh susu murni. Untuk susu murni kamu bisa menggunakan susu full cream. Selanjutnya oleskan ke daerah wajah yang berkomedo dan tunggu sampai 15 menit baru setelah itu kamu bisa membasuhnya dengan air.

6. Baking Soda, Garam, dan Minyak Zaitun

Salah satu bahan alami yang sering banget digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan wajah adalah minyak zaitun. Kali ini minyak zaitun akan berkolaborasi dengan baking sida dan garam. Bukan untuk masker, kali ini perpaduan antara tiga bahan ini adalah untuk membuat scrub. Jadi setelah kamu oleskan ke wajah dan sudah mengering, kamu bisa membilasnya dengan air dingin. Scrub ini baik kamu gunakan sebanyak dua minggu sekali.

7. Baking Soda, Gula Merah, dan Air Mawar

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda selanjutnya adalah perpaduan antara tiga bahan yaitu baking soda, gula merah dan air mawar. Air mawar selain berkhasiat untuk menghilangkan komedo juga mampu mencerahkan kulit wajah dan memuluskan permukaan kulit wajah. Caranya campurkan ½ sendok teh baking soda, 1 sendok teh gula, dan 2 sendok makan air mawar. Setelah semua bahan tercampur, baru kamu bisa oleskan ke bagian wajah yang berkomedo dan tunggu selama beberapa saat. Terakhir, bersihkan dengan air dingin.

8. Baking Soda dan Cuka Apel

Ilustrasi baking soda dan cuka apel (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda dan cuka apel (credit: Shutterstock)

Cuka apel ternyata bisa loh dikombinasikan dengan baking soda untuk mengangkat komedo di wajah yang membandel. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan cuka apel cukup dengan kamu campurkan 4 sampai 5 tetes cuka apel ke dalam 1 sendok makan air yang dicampur dengan sedikit baking soda. Selanjutnya seperti biasa, kamu oleskan ke wajah yang berkomedo dan tunggu sampai 10 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin.

9. Baking Soda dan Putih Telur

Sebelumnya tanpa gunakan baking soda, putih telur sudah sering digunakan untuk membersihkan komedo. Hasilnya pun lumayan sehingga banyak yang mempraktekkannya. Nah sekarang apa jadinya nih kalau dua bahan alami di kombinasikan? Pastinya hasilnya juga akan maksimal. Langsung aja kamu campurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit putih telur, aduk. Setelah tercampur bisa langsung kamu aplikasikan ke wajah. Jangan lupa membersihkannya dengan air setelah pemakaian.

10. Baking Soda dan Gula

Biasanya gula in digunakan sebagai scrub untuk masker wajah dan juga dipadukan dengan kopi untuk mencerahkan kulit wajah. Lain halnya kali ini gula digunakan untuk menghilangkan komedo dengan memadukannya dengan baking soda. Langsung aja cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan gula pertama yaitu kamu campurkan kedua bahan ini (sedikit saja). Lalu kamu tambahkan sedikit air. Kombinasi baking soda dan gula akan membuat scrub, dan gunakan scrub ini ke area wajah yang berkomedo.

11. Baking Soda dan Jeruk Nipis

Ilustrasi baking soda dan jeruk nipis (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda dan jeruk nipis (credit: Shutterstock)

Tak hanya berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam dan jerawat, jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo. Langsung aja simak caranya kali ini. Langkah pertama campurkan sedikit baking soda dan air perasan jeruk nipis. Baru setelah itu kamu oleskan ke wajah dan gunakan seperti scrub dengan menggosok-gosokkan ke wajah dan jika selesai kamu bilas dengan air bersih.

12. Baking Soda dan Air Beras

Air beras atau air hasil cucian dari beras ini dipercaya mampu menghilangkan komedo apabila dikombinasikan dengan baking soda. Sepeti susu murni, air beras juga bisa memuluskan dan mencerahkan kulit. Namun perlu diingat sebelum memakai masker ini dianjurkan buat kamu untuk mencuci muka dengan facial wash. Baru deh kamu bisa mengombinasikan sedikit baking soda dan air beras. Lalu oleskan ke wajah dan gosokkan pelan-pelan, Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

13. Baking Soda dan Air Garam

Garam memang sering digunakan untuk bumbu dapur. Namun khasiat garam nggak cuma sebagai penyedap dan perasa makanan aja tetapi juga untuk menghilangkan komedo yang sangat mengganggu penampilan kamu. Kali ini bukan air biasa yang digunakan untuk mencampur dua bahan ini tetapi air hangat. Pertama larutkan garam ke dalam sedikit air. Setelah selesai kamu aplikasikan ke wajah, gosok secara perlahan dan bilas dengan air. Selesai, simpel kan?

14. Baking Soda dan Air Hangat

Kalau cara yang pertama tadi baking soda dicampur dengan air biasa, maka kali ini baking soda dicampur dengan air hangat. Ini supaya kombinasi antara baking soda dan air hangat dapat dijadikan sebagai exfoliator atau scrub wajah. Pertama campurkan 2 sendok baking soda dengan sedikit air hangat, aduk sampai rata. Nah setelah itu oleskan ke wajah dan gosok pelan-pelan. Setelah selesai pemakaian, Jangan lupa bersihkan dengan air dingin.

15. Baking Soda dan Kedelai

Mungkin kamu jarang mendengar kedelai sebagai solusi untuk mengatasi masalah kecantikan kulit wajah. Nah kali ini kamu akan tahu bahwa kedelai memiliki kandungan vitamin E yang sama dengan teh hijau yang sangat baik untuk kulit. Salah satunya adalah menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan kedelai ini. Pertama, kamu rendam kedelai ke dalam air selama 10 menit. Setelah itu blender sampai halus. Baru setelah itu campur dengan baking soda (secukupnya). Terakhir oleskan ke area komedo di wajah dan bilas dengan air jika sudah selesai.

16. Baking Soda dan Kayu Manis

Kayu manis, bahan pelengkap makanan atau minuman yang berasa manis ini ternyata juga bisa loh menghilangkan komedo secara tuntas. Ini karena kayu manis mengandung zat antibakteri alami yang berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab jerawat. Kali ini perpaduan antara baking soda dan kayu manis akan menghasilkan scrub wajah penghilang komedo. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan kayu manis juga sangat mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda dan kayu manis (bisa menggunakan kayu manis bubuk). Oleskan ke wajah secara merata, gosok-gosok supaya komedo dapat keluar. Setelah selesai pemakaian segera bersihkan dengan air.

17. Baking Soda dan Lidah Buaya

Tak hanya baik untuk memutihkan dan melembabkan wajah, lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo di wajah kamu. Lidah buaya mampu membasmi bekteri dan mengurangi minyak berlebih yang selama ini menjadi pemicu komedo di wajah kamu. berkat bantuan dari zat saponin dan astrigent. Langsung aja cara menghilangkan komedo dengan baking soda dan lidah buaya ini gampang banget. Kamu tinggal mencampurkan lender lidah buaya dengan baking soda, aduk-aduk lalu aplikasikan ke wajah. Tunggu selama beberapa saat kemudian bilas dengan air dingin.

18. Baking Soda dan Pepaya

Ilustrasi baking soda dan pepaya (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda dan pepaya (credit: Shutterstock)

Buah yang enak dan segar untuk rujak manis dan es buah ini ternyata memiliki kandungan A, E, dan C yang dapat membasmi komedo. Eits, kali ini jangan sembarangan menggunakan buah pepaya ya. Pilihlah yang berwarna orange dan pastikan sudah matang. Supaya tidak terlalu banyak pelepah di dalam nya. Seperti cara-cara sebelumnya, kamu tinggal menghaluskan sedikit buah pepaya dan campurkan dengan sedikit baking soda. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan baru kemudian basuh dengan air bersih, atau bahkan menggunakan facial wash.

19. Baking Soda dan Minyak Esensial

Jika biasanya kamu sering menggunakan minyak essensial untuk melembabkan kulit, kali ini kamu bisa gunakan minyak essensial sebagai bahan campuran scrub dengan baking soda untuk menghilangkan komedo. Cara membuatnya nggak ribet kok, kamu tinggal mencampurkan sedikit baking soda dengan minyak esensial yang biasaya kamu pakai. Lalu kamu oleskan ke wajah sebagai scrub. Jangan lupa gosok pelan-pelan supaya komedo bisa hilang. Baru setealh pemakaian kamu bilas dengan air. Untuk benar-benar bersih kamu bisa gunakan facial wash juga.

20. Baking Soda dan Air Dingin

Nah ini adalah cara menghilangkan komedo denagn baking soda yang terakhir. Selain menggunakan air biasa dan air hangat, kamu juga bisa menggunakan air dingin untuk membuat maker scrub dengan baking soda. Penggunaan air dingin ini untuk menutup pori-pori wajah kamu supaya bakteri nggak gampang masuk ke celah pori-pori yang dapat menimbulkan komedo. Caranya, kamu campuran 2 sendok makan baking soda dengan air dingin, aduk. Lalu oleskan ke wajah dan gosok atau pijat pelan-pelan. Setelah melakukannya beberapa saat, bilas  dengan air bersih.

Nah itulah tadi 20 cara untuk menghilangkan komedo dengan baking soda yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain menggunakan bahan-bahan yang alami, cara ini juga sangat praktis dan nol budget. Nah buat kamu nih yang punya komedo nggak masalah dong coba cara ini, tunggu apalagi yuk buruan praktekin di rumah.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI