12 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Sederhana dan Cepat

Jum'at, 23 Oktober 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
12 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Sederhana dan Cepat
ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai masalah di wajah memang membuat kesal sebagian orang. Tidak hanya timbulnya jerawat, hingga flek hitam, kerutan di wajah yang makin membuat menurunnya tingkat percaya diri. Namun, munculnya komedo juga menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Sederet cara menghilangkan komedo pun dilakukan untuk menghasilkan kulit wajah yang sesuai keinginan.

Pada dasarnya, komedo muncul lantaran tumpukan kotoran di pori-pori kulit. Tak hanya muncul di wajah atau area hidung, komedo bisa muncul di segala bagian tubuh, seperti dada, bahu, punggung, leher, dan lengan. 

Jika dibagi berdasarkan jenisnya, ada dua jenis komedo yakni hitam dan putih. komedo hitam yang sering muncul di kulit wajah disebabkan karena pori-pori dipenuhi dengan minyak dan bakteri dan berubah menjadi gelap karena terkena udara. Sedangkan komedo putih biasanya berupa tonjolan kecil dibagian bawah epitel kulit. Jenis komedo ini cukup sulit dihilangkan.

Berbagai cara menghilangkan komedo menggunakan produk kecantikan rupanya tak kunjung menyelesaikan masalah. Ada sederet cara menghilangkan komedo dengan cara alami dan mudah untuk di terapkan lho. Sebagai solusinya, sederet cara menghilangkan komedo dengan bahan alami ini bisa langsung kalian coba sendiri di rumah.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Pasta Gigi dan Garam

Kombinasi pasta gigi dan garam dipercaya dapat menghilangkan komedo secara alami. Hal ini lantaran kandungan yodium yang terkandung pada garam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan fluoride yang ada pada pasta gigi berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan komedo. Cara pengaplikasiannya, campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi dan aduk hingga merata. Aplikasikan kedua campuran tersebut pada area yang berkomedo. Tunggu hingga 5 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

2. Baking Soda

Baking soda menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan komedo secara cepat. Baking soda membantu menjaga kadar ph kulit, mengatur produksi minyak berlebih, hingga menghilangkan sel kulit mati. Cara pengaplikasiannya, pertama-tama kalian buat pasta menggunakan baking soda terlebih dahulu, setelah itu, oleskan pada wajah atau bagian kulit yang berkomedo. Setelah mengering, bilas dengan air hingga bersih.

3. Lemon

Lemon mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya dapat membantu menghilangkan komedo. Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan lemon bisa dengan memeras buah lemon terlebih dahulu. Setelah itu oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

4. Uap Wajah

Cara paling sederhana dan terbukti bisa menghilangkan komedo yakni dengan menggunakan uap wajah. Uap wajah inilah yang berfungsi untuk membuka pori-pori kulit. Caranya dengan menempatkan wajah di atas baskom berisi air mendidih. Kemudian tutup kepala sekaligus baskom menggunakan handuk agar seluruh uap bisa langsung mengenai wajah. Saat pori-pori wajah terbuka, maka akan lebih mudah untuk membersihkan komedo yang membandel.

5. Kopi dan Gula

Selanjutnya, cara menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan cara scrub menggunakan bahan kopi dan gula. Kedua bahan yang dijadikan scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Cara pengaplikasiannya, kalian cukup buat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Tambahkan 1 sdm gula pasir. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

6. Putih Telur

Sudah bukan rahasia umum jika putih telur ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan komedo.  Selain itu putih telur juga dipercaya mengenyalkan wajah serta berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit. Caranya, pertama-tama kalian pisahkan terlebih dahulu putih telur dengan kuning telurnya, setelah itu, langsung aplikasikan putih telur ke wajah yang berkomedo. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan bersih.

7. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo selanjutnya yaitu bisa menggunakan lidah buaya. Tanaman yang mempunyai segudang manfaat ini dapat membantu mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya hanya  dengan mengoleskan ½ sdt gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan air bersih di pagi hari.

8. Tepung Gandum

Ada sederet bahan bumbu dapur yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan komedo, salah satunya tepung gandum. Untuk pengaplikasikannya, kalian bisa menggunakan tepung gandum sebagai masker. Caranya, buatlah pasta dari tepung gandum yang sudah dicampur air. Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada area yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

9. Kayu Manis

Kayu manis juga efektif untuk membantu mengangkat komedo dari pori-pori. Cara membuatnya dengan mencampurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Bisa juga hanya mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu saja. Oleskan pada wajah dan biarkan selama semalaman.

10. Kedelai

Cara menghilangkan komedo kalian bisa memanfaatkan kedelai. Jenis kacang-kacangan ini mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Penggunaan masker kacang kedelai secara rutin akan membuat wajah kalian menjadi cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo.Caranya, rendamlah kacang kedelai dalam air selama satu hari. Setelah itu blender hingga halus tanpa menggunakan air. Oleskan pasta kacang kedelai tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat.

11. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah. Kalian bisa mengubah tomat menjadi masker dengan cara tumbuk halus tomat hingga, setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

12. Madu

Madu dapat dijadikan pelembab wajah alami yang juga mampu mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat kulit mati penyebab komedo, karena mengandung banyak anti-oksidan. Cara pengaplikasiannya, siapkan 1 sdm madu, lalu langsung oleskan pada wajah. setelah itu diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan bersih.

Itulah sederet cara menghilangkan komedo secara alami, sederhana, dan cepat.namun perlu diingat bahwa kalian juga perlu mencegah timbulnya komedo dengan jangan sering mengganti produk perawatan wajah, dan hilangkan kebiasaan memencet komedo. Selamat mencoba cara di atas dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI