20 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Efektif, Rutin Cuci Muka Salah Satunya!

Kamis, 13 Juni 2019 21:14 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Efektif, Rutin Cuci Muka Salah Satunya!
Ilustrasi wajah wanita (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang, komedo bukan hal yang sepele loh. Kebanyakan komedo yang mengganggu ini ada di hidung. Makin nggak PD dong jadinya. Nggak cuman bikin kepercayaan diri kamu jadi menurun, tapi juga orang akan cenderung menilai kamu kurang menjaga kebersihan. Bagi sebagian orang, menjaga kebersihan tubuh terutama wajah itu paling penting. Karena setiap harinya kita berinteraksi dengan orang lain, bisa dibayangkan sudah berapa orang yang kita temui dalam sehari. Belum lagi bertemu dengan gebetan, masih berani ketemu gebetan dengan kondisi komedo yang banyak dan terlihat di hidung kamu?

Sebenernya kamu sendiri tau nggak sih apa itu komedo? Komedo adalah benjolan kecil yang disebut dengan papula dan bersarang di permukaan kulit wajah. Tapi kebanyakan komedo letaknya ada di hidung. Selain di wajah, komedo juga biasanya ada ada di bahu, punggung, lengan, leher, dan dada. Jenis komedo sendiri dilihat dari warnanya ada dua yaitu komedo putih dan komedo hitam. Nggak banyak diketahui, penyebab komedo di hidung ini pun ada banyak, diantaranya adalah kondisi kulit wajah yang terlalu kering, sel kulit mati yang tertimbun di wajah, bakteri propioni bacterium acnes, perubahan hormonal penyebab wajah berminyak, dan penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.
Perlu diketahui, untuk menghilangkan komedo di hidung kamu perlu perawatan khusus. Hindari menyentuh hidung dengan tangan kotor, karena tanpa kamu sadari banyak sekali bakteri yang bersarang di tangan kamu. Nah supaya nggak salah kaprah yuk ikuti petunjuk menghilangkan komedo di hidung dengan 20 cara di bawah ini.

1. Menggunakan Produk Kecantikan Tertentu

Asal kamu tahu, menurut alodokter penggunaan produk kecantikan yang salah bisa menimbulkan komedo di wajah kamu apalagi di area hidung yang memang rentan sebagai area yang paling sering menjadi sarang komedo. Oleh karena itu sebaiknya kamu gunakan produk kosmetik yang berlabel noncomedogenic atau nonacnegenic. Karena dipercaya tidak menimbulkan banyak minyak yang dapat memicu timbulnya komedo di hidung.

2. Uap Air Panas

Uap air panas berguna untuk membuka pori-pori kulit wajah kamu. Dengan begitu pori-pori hidung kamu juga akan ikut terbuka sehingga komedo di hidung kamu bisa dengan mudah dibersihkan. Setelah pori-pori hidung kamu terlihat terbuka, kamu bisa gunakan alat khusus penghilang komedo seperti vacuum cleaner khusus komedo atau yang lain nya asal tidak menggunakan tangan. Atau setelah wajah kamu uapkan dengan air panas kamu bisa menggunakan plester komedo. Hasilnya, komedo pasti akan lebih banyak terangkat karena bantuan dari pori-pori yang telah terbuka tadi. Caranya masak air sampai mendidih, tuangkan ke dalam wadah dan letakkan wajah di atasnya sampai terkena uap nya. Lakukan selama beberapa saat.

3. Pasta Gigi

Ilustrasi pasta gigi (credit: Shutterstock)Ilustrasi pasta gigi (credit: Shutterstock)

Siapa sangka, salah satu peralatan mandi yang biasanya digunakan untuk membersihkan gigi ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Disarankan supaya kamu menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan herbal di dalam nya. Ini untuk menghindari kandungan kimia yang ada di dalam pasta gigi. Alhasil karena kandungan fluoride dan mineral yang ada pada pasta gigi akan buat hidung kamu terasa lebih halus dan komedo di hidung pun bisa tersamarkan. Gunakan pasta gigi dengan mengoleskan nya ke bagian hidung dan biarkan Selama 15 menit baru bilas.

4. Baking Soda

Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)Ilustrasi baking soda (credit: Shutterstock)

Salah satu bahan pembuat kue ini memiliki banyak khasiat untuk kulit wajah, diantaranya menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di area hidung, mengatur produksi minyak yang berlebihan di wajah dan membantu menjaga kadar ph kulit. Nah, secara otomatis komedo yang menempel di hidung pun bisa terangkat dan komedo lainnya bisa dicegah dengan baking soda ini. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda yaitu dengan menjadikan baking soda sebagai pasta dengan menambahkan air. Setelah itu kamu bisa secara langsung mengoleskannya ke area hidung dan biarkan sampai kering sebelum dibilas.

5. Tepung Gandum

Jarang disebut sebagai bahan untuk perawatan kulit, ternyata tepung gandum berguna untuk menghilangkan komedo di hidung. Karena memang jarang diketahui perihal kegunaan dari tepung gandum ini sendiri selain sebagai bahan pengolah kue. Sama dengan baking soda, cara menghilangkan komedo di hidung dengan tepung gandum yaitu dengan menjadikan nya sebagai pasta. Lalu langsung diaplikasikan ke permukaan hidung. Setelah 15 menit tinggal dibilas dengan air hangat.

6. Scrub Kopi dan Gula

Eits jangan salah, kopi dan gula nggak cuman digunakan untuk bahan minuman loh tapi juga bisa sebagai scrub yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah. Efek dari penggunaan scrub ini nantinya akan secara efektif menghilangkan komedo di hidung dan membuat permukaan hidung jadi halus dan bersih. Cara menghilangkan komedo dengan scrub kopi dan gula gampang hampir mirip dengan membuat kopi. Larutkan 2 sendok makan bubuk kopi murni dengan air sedikit saja, buat seperti pasta. Nah baru setelah itu tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Gunakan sebagai scrub di area hidung dengan menggosok-gosokkan nya sampai komedo bisa keluar.

7. Garam

Ilustrasi garam (credit: Shutterstock)Ilustrasi garam (credit: Shutterstock)

Mungkin sedikit aneh, tapi bumbu dapur yang berasa asin ini bisa loh kamu gunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Bukan untuk dioleskan, tapi uap dari air garam ini lah yang nanti kamu gunakan. Nggak jauh beda dengan uap air panas, hanya saja air panas kali ini dicampur dengan larutan garam. Langsung aja caranya kamu larutkan garam dengan air panas. Lalu tuangkan ke dalam wadah baskom dan uap-uapkan ke wajah. Nanti komedo di hidung kamu akan keluar dengan sendirinya.

8. Lemon

Asam alpha hidroksi adalah kandungan dari lemon yang berfungsi untuk mencegah wajah dari radikal bebas. Kandungan vitamin C pada lemon juga dapat secara efektif mengangkat sel kulit mati. Nah itulah mengapa lemon bisa secara efektif menghilangkan komedo yang ada di hidung. Cara menghilangkan komedo dengan lemon adalah mengoleskan air perasan lemon pada area komedo di hidung. Lakukan cara ini selama 15 menit.

9. Jeruk Nipis

Ilustrasi jeruk nipis (credit: Shutterstock)Ilustrasi jeruk nipis (credit: Shutterstock)

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang bisa mengangkat komedo di hidung. Tapi nggak cuma itu aja, jeruk nipis juga mengandung zat anti-oksidan yang mengatasi jerawat dan minyak berlebih yang dapat menjadi pemicu munculnya komedo di wajah. Nah, cara menghilangkan komedo di hidung dengan jeruk nipis nggak jauh beda dengan lemon yaitu degan menggunakan air perasan jeruk nipis untuk dioleskan ke area hidung yang berkomedo.

10. Kulit Jeruk

Selain lemon dan jeruk nipis, buah lainnya yang kaya akan vitamin C adalah jeruk. Namun kali ini bukan jeruknya yang dijadikan sebagai masker tetapi kulitnya. Jadi buat kalian yang sering makan jeruk sayang banget kalau kulitnya dibuang gitu aja. Cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk kali ini bisa dibilang lumayan sulit. Pertama kamu jemur dulu kulit jeruknya. Setelah kering tumbuk sampai halus dan campurkan dengan air supaya berbentuk pasta. Nah baru setelah itu bisa kamu oleskan ke area komedo di hidung. Sebelum dibilas dengan air hangat gunakan dulu selama 30 menit.

11. Pepaya

Ilustrasi pepaya (credit: Shutterstock)Ilustrasi pepaya (credit: Shutterstock)

Asal kamu tahu buah pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk meregenerasi kulit wajah sehingga komedo di hidung pun bisa terangkat. Tak hanya itu, pepaya juga bisa secara otomatis sebagai sunscreen alami buat kulit wajah kamu. Caranya hanya dengan mengoleskan pepaya yang telah dihaluskan ke hidung, bisa sekaligus ke seluruh area wajah secara merata. Hasilnya sel kulit mati penyebab komedo kamu akan terangkat dan pori-pori bisa menutup secara otomatis sehingga kotoran nggak bisa masuk ke wajah.

12. Tomat

Senyawa anti-oksidan yang ada di dalam tomat ini dapat melindungi wajah kamu dari radikal bebas sehingga kotoran nggak bisa lagi menumpuk di wajah kamu. Alhasil kamu bisa say goodbye untuk komedo. Sama halnya dengan pepaya, tomat juga bisa menjadi tabir surya alami untuk melindungi wajah dari sinar UV. Caranya dengan mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan ke hidung dan bilas setelah 30 menit.

13. Kacang Kedelai

Cara menghilangkan komedo di hidung selanjutnya adalah dengan kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung anti-oksidan yang dihasilkan dari vitamin A, E, dan B kompleks serta magnesium ini bisa membebaskan wajah kamu dari minyak dan komedo guys. Cara nya pertama yaitu rendam kacang kedelai selama sehari dulu setelah itu blender sampai halus (tanpa air). Nah setelah halus oleskan ke area wajah rata, nggak kelewatan area komedo di hidung juga. Baru kemudian kamu gunakan sebagai masker selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

14. Lidah Buaya

Selain berguna untuk membasmi jerawat dan memutihkan kulit wajah, lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Karena kemampuannya untuk mengecilkan pori-pori wajah, bisa mencegah kulit wajah dari tumbuhnya komedo. Caranya dengan mengambil daging lidah buaya dan mengoleskan ke area hidung yang berkomedo selama 15 menit saja. Selesai! baru deh setelah itu bisa dibilas dengan air bersih.

15. Putih Telur

Kemampuan putih telur untuk mengangkat sel kulit mati memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan satu kali pemakaian pun bisa mengangkat seluruh komedo di hidung sekaligus loh. Asalkan metode yang kamu gunakan ketika menggunakan masker ini tepat sasaran. Supaya tidak salah, yuk simak caranya berikut ini. Pertama kocok dulu sebelum dioleskan ke hidung atau seluruh wajah. Baru oleskan dengan menggunakan kuas supaya lebih mudah. Kemudian tunggu sampai kering. Nah baru setelah itu tarik atau angkat secara perlahan.

16. Madu

Ilustrasi madu (credit: Shutterstock)Ilustrasi madu (credit: Shutterstock)

Seperti yang kalian ketahui bahwa madu mengandung banyak anti-oksidan yang bisa mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Gunakan madu murni untuk hasil yang maksimal. Tanpa menggunakan bahan alami lainnya, madu sendirian bisa secara efektif mengangkat komedo di hidung kamu. Langsung aja tanpa ribet kamu bisa secara langsung mengoleskan madu murni di area hidung atau seluruh wajah, biarkan selama 30 menit baru kemudian bisa kamu bilas dengan air.

17. Scrub Oatmeal

Oatmeal memang enak dikonsumsi ketika sarapan, namun siapa sangka ternyata oatmeal bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo di hidung loh. Kali ini bukan sebagai masker melainkan sebagai scrub. Tak hanya kemampuannya untuk menghilangkan komedo di hidung tetapi kadungan gula polisakarida yang terkandung di dalamnya juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit wajah. Caranya yaitu campurkan gandum dengan yoghurt dengan perbandingan 1:1. Lalu kamu bisa mengoleskan nya ke hidung dan tunggu selama 15 menit baru bilas dengan air hangat.

18. Menggunakan Vacuum Cleaner Khusus Komedo

Jaman sekarang alat kecantikan sudah semakin canggih. Sekarang ada banyak alat penghilang komedo salah satunya adalah vacuum cleaner. Teknologi ini memang sudah terbukti secara ampuh mengangkat seluruh komedo bahkan di area wajah yang susah dijangkau seperti celah-celah di samping hidung. Cara pakainya kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada panduan alat ini.

19. Memakai Plester Khusus Komedo

Cara menghilangkan komedo di hidung yang kedua ini yang paling sering dilakukan karena sangat praktis dan lumayan efektif untuk menghilangkan komedo secara tuntas. Kamu tinggal membelinya di toko-toko terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. Berbeda dengan masker wajah pada umumnya, masker khusus untuk hidung ini ukurannya lebih kecil persis seukuran dengan hidung pada umumnya. Cara pakainya juga nggak susah, kamu tinggal menempelkan ke hidung dan tunggu sampai waktu yang agak lama. Nah baru kemudian kamu bisa menariknya secara perlahan sampai komedo terangkat.

20. Rajin Cuci Muka

Ilustrasi rajin cuci muka (credit: Shutterstock)Ilustrasi rajin cuci muka (credit: Shutterstock)

Biasanya cara yang ini banyak disepelekan oleh banyak orang. Komedo yang bersarang di hidung dan susah untuk di hilangkan ini karena dibiarkan begitu saja. Artinya kamu tidak pernah secara rutin membersihkan wajah kamu. Nah oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan wajah minimal setiap hari sebelum tidur dengan menggunakan facial wash yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI