23 Ciri-Ciri Wanita Hamil dari Perubahan Fisik - Psikologis yang Perlu Diketahui

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diperbarui: Diterbitkan:

23 Ciri-Ciri Wanita Hamil dari Perubahan Fisik - Psikologis yang Perlu Diketahui
Ciri-ciri wanita hamil (Credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Kehamilan seseorang tak bisa dikenali hanya dari beberapa gejala. Hal tersebut disebabkan karena kondisi setiap orang berbeda-beda, jadi efek yang ditimbulkan pun bisa berbeda. Namun, ciri-ciri wanita hamil tetap perlu kalian ketahui untuk bisa mendeteksi lebih awal.

Apalagi jika kalian merupakan seseorang yang aktif berhubungan seksual, kalian perlu menaruh perhatian lebih terhadap kesehatan reproduksi. Hal itu berarti, kalian juga perlu memperhatikan ciri-ciri wanita hamil. Dengan mengetahui kehamilan sejak dini, kalian bisa membuat perencanaan dan perawatan terbaik bagi calon bayi.

Sekali lagi, kalian perlu mengingat bahwa ciri-ciri wanita hamil bisa berbeda. Ada gejala yang ditimbulkan sejak awal, tapi ada juga yang baru terasa ketika sudah berjalan agak lama. Hal yang bisa memastikan hanya tes urine kemudian dilanjutkan pemeriksaan ke dokter.

Nah, sebelum melakukan tes, tak ada salahnya kalian menyimak ciri-ciri wanita hamil untuk mengenali perubahan fisik dan psikologis pada diri kalian melalui informasi yang dilansir dari liputan6.com berikut ini.

 

 

1. Ciri-Ciri Wanita Hamil Pada Alat Reproduksi

Telat Haid

Ciri-ciri wanita hamil yang paling khas yaitu telat haid atau menstruasi. Setelah terjadi pembuahan, tubuh wanita akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga membuat ovarium berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

Oleh sebab itu, ketika terjadi kehamilan menstruasi akan berhenti. Telat menstruasi pada wanita yang berhubungan seksual aktif bisa menjadi dasar yang kuat untuk melakukan tes kehamilan.

Muncul Flek

Selain telat haid, perubahan yang terjadi pada organ reproduksi saat terjadi kehamilan yaitu, munculnya darah atau flek. Saat awal kehamilan, wanita bisa mengalami pendarahan implantasi.

Muncul flek adalah terjadinya pendarahan ringan sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Kalian bisa mengamatinya dan menganggapnya sebagai ciri-ciri wanita hamil saat masih ragu ketika akan melakukan tes.

Flek kehamilan normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim.

Muncul Lendir Serviks

Lendir yang lengket, putih, atau kuning bisa keluar saat awal kehamilan. Hal tersebut terjadi karena peningkatan hormon dan aliran darah vagina. Ciri-ciri wanita hamil ini dapat berlanjut sepanjang kehamilan saat serviks melunak.

Lendir serviks yang sehat bertekstur tipis, putih atau bening, dan memiliki bau ringan.

Kram Perut

Selama pendarahan implantasi, wanita hamil juga bisa merasakan kram perut. Kondisi ini mirip kram menstruasi. Ciri-ciri wanita hamil ini juga sering dianggap sebagai kram menstruasi dan flek tadi sebagai darah menstruasi.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ciri-Ciri Wanita Hamil Pada Kulit

Kulit Berminyak

Walaupun kurang akurat, ciri-ciri wanita hamil juga bisa diamati dari kulit. Kondisi ini bisa berubah drastis pada wanita sebelum dan setelah terjadi kehamilan.

Kombinasi dari peningkatan volume darah dan hormon bisa mendorong lebih banyak darah melalui pembuluh. Hal tersebut membuat kelenjar minyak tubuh bekerja lebih banyak dari biasanya.

Peningkatan aktivitas kelenjar minyak tubuh membuat kulit lebih glowing dan terkadang lebih berminyak. Karena produksi minyak yang berlebih, hal ini bisa membuat wanita hamil rentan berjerawat.

Stretch Marks

Stretch mark atau guratan pada bagian tubuh yang berlemak sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Ciri-ciri wanita hamil yang satu ini biasanya mulai terlihat di trimester kedua. Wanita sering mengalami stretch mark di perut, bokong, payudara, atau paha selama kehamilan karena bagian ini memang tempatnya lemak menumpuk.

Awalnya, stretch mark memiliki tampilan ungu kemerahan dan memudar menjadi perak atau putih seiring waktu.

Urat Halus di Kulit

Urat halus di kulit atau juga biasa disebut spider vein merupakan kondisi melebarnya pembuluh darah yang berada tepat di bawah permukaan kulit. Kehadiran janin dalam kandungan memberikan tekanan lebih pada vena tungkai. Hal tersebut yang menyebabkan urat halus lebih terlihat. Urat halus di kulit biasanya akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merujuk pada bintik-bintik gelap atau bercak pada kulit. Contoh hiperpigmentasi pada kehamilan adalah melasma. Munculnya bercak pada kulit ini juga biasa disebut sebagai "topeng kehamilan". Bercak coklat di wajah, pipi, hidung, dan dahi adalah ciri khas melasma.

Kalian tak perlu khawatir atau merasa lebih buruk karena biasanya, hiperpigmentasi sembuh setelah melahirkan, tetapi mungkin bertahan selama beberapa tahun. Selain itu, kalian juga bisa melakukan perawatan setelah melahirkan.

 

 

3. Ciri-Ciri Wanita Hamil Berupa Gangguan Pencernaan

Sembelit

Ciri-ciri wanita hamil yang mungkin kalian alami yaitu sembelit. Kadar hormon yang menjadi penyebab beberapa wanita mengalami sembelit di awal kehamilan. Kehamilan menyebabkan wanita mengalami sembelit karena perubahan fisiologis dan anatomis di saluran pencernaan. Misalnya, peningkatan kadar progesteron selama kehamilan dan penurunan kadar hormon motilin menyebabkan peningkatan waktu transit usus.

Morning Sickness

Morning sickness merupakan ciri-ciri wanita hamil yang cukup khas. Bahkan sering kali dijadikan simbol di film atau pertunjukkan drama untuk menghadirkan peristiwa kehamilan. Mual, terutama di pagi hari biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan.

Mual atau morning sickness sering dianggap sebagai ciri-ciri wanita hamil yang paling awal. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

Kembung

Perut kembung juga merupakan ciri-ciri wanita hamil yang bisa dirasakan karena perubahan hormon. Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan kalian merasa kembung. Kondisi ini bisa mirip dengan kembung yang dirasakan selama masa menstruasi.

 

 

4. Ciri-Ciri Wanita Hamil Pada Psikologis

Sensitivitas Pada Bau

Saat hamil, wanita mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Indra penciuman akan lebih tajam karena meningkatnya kadar estrogen. Bebauan tertentu dapat memicu mual dan muntah. Ciri-ciri wanita hamil ini bisa dikatakan sebagai penyebab seseorang mengalami morning sickness yang sudah dijelaskan di atas.

Perubahan Mood

Ciri-ciri wanita hamil selanjutnya adalah perubahan mood. Hormon akan mudah tiba-tiba berubah ketika hamil. Ini dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional. Hal tersebut berefek pada perubahan suasana hati. Ini sangat umum selama awal kehamilan.

Keinginan Makan Meningkat

Mengidam bisa dimulai pada awal kehamilan dan bisa berlangsung selama kehamilan. Mengidam makanan adalah dorongan tiba-tiba untuk makan jenis makanan tertentu. Keinginan untuk makan sesuatu adalah fenomena nyata dan mempengaruhi banyak wanita selama kehamilan.

Perubahan hormon yang cepat mungkin menjadi penyebabnya. Mengidam mungkin juga terjadi karena kerja ekstra yang dilakukan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak darah dengan cepat. Atau mungkin sesederhana kenyamanan yang dibawa oleh makanan tertentu saat tubuh berubah.

 

 

5. Ciri-Ciri Wanita Hamil Pada Sistem Tubuh

Peningkatan Detak Jantung

Sekitar minggu ke 8 hingga 10, jantung mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan karena faktor hormon. Ini juga terjadi karena adanya peningkatan aliran darah karena janin terjadi di akhir kehamilan.

Sering Buang Air Kecil

Sering harus ke kamar mandi untuk buang air kecil mungkin merupakan tanda hamil muda sebelum telat haid. Ciri-ciri wanita hamil yang satu ini dimulai dua minggu setelah pembuahan. Pada masa ini ginjal mulai bersiap untuk menyaring limbah ekstra dalam darah dari bayi yang dikandung. Rahim yang mulai tumbuh juga mulai mendorong kandung kemih dan kadar progesteron meningkat.

Mudah Lelah

Ciri-ciri wanita hamil yang bisa cukup jelas dirasakan adalah kelelahan. Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah akan lebih rendah pada masa ini. Empat bulan pertama kehamilan dapat membuat ibu merasa lamban dan mengantuk.

Pusing Atau Pingsan

Pusing dan perasaan pingsan dapat terjadi pada awal kehamilan. Pusing atau pingsan mungkin terkait dengan perubahan hormonal yang memengaruhi kadar glukosa atau tekanan darah.

Suhu Tubuh Basal Meningkat

Ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan tanda kehamilan.

Penambahan Berat Badan

Biasanya hanya ada sedikit kenaikan berat badan pada trimester pertama kehamilan. Berat badan akan bertambah seiring berjalannya kehamilan. Penambahan berat badan membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

 

 

6. Ciri-Ciri Wanita Hamil Pada Payudara

Payudara Lebih Sensitif

Payudara merupakan bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Salah satu perubahan paling awal yang bisa diperhatikan selama kehamilan adalah payudara yang lebih sensitif. Payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya.

Areola Lebih Gelap

Ciri-ciri wanita hamil juga bisa dilihat dari perubahan areola (area di sekitar puting) yang menjadi lebih gelap. Tanda ini merupakan tanda khas dan tidak dapat dialami saat PMS. Perubahan ini dapat terjadi sedini satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

Payudara Lebih Berisi

Kehamilan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam mempersiapkan payudara untuk menyusui dan bertanggung jawab atas banyak perubahan kehamilan. Payudara akan terus berubah dan bertambah berat sepanjang trimester pertama.

Selama trimester kedua, kadar estrogen terus meningkat. Payudara akan terus terasa berisi saat saluran susu berkembang. Saat tubuh terus bersiap untuk melahirkan, payudara akan menjadi lebih berat dan lebih padat.

KLovers, itulah ciri-ciri wanita hamil yang perlu kalian perhatikan untuk mendeteksi keberhasilan pembuahan sejak awal.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending