3 Cara Membuat Dalgona Coffee, Minuman Viral yang Bisa Jadi Teman Saat WFH

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

3 Cara Membuat Dalgona Coffee, Minuman Viral yang Bisa Jadi Teman Saat WFH
(Credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Saat ini kuliner dari Korea banyak yang viral hingga ke Indonesia mulai dari mie instan, makanan ringan, hingga kue-kue yang ada di cafe. Salah satu kuliner minuman cafe yang sedang populer di Korea Selatan sekarang ini yaitu dalgona coffee. Banyak yang sedang mencari bagaimana cara membuat dalgona coffee dengan mudah.

Dari tampilannya saja, terlihat bahwa dalgona coffee memiliki tingkat kesulitan dalam membuatnya. Ternyata salah, dalgona coffee bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dan murah. Konsep dari dalgona coffee ini sebenarnya sama seperti cappucino, hanya saja jika capuccino yang dijadikan foam adalah susu sedangkan dalgona coffee yang dijadikan foam adalah si coffee tersebut.

Kali ini Kapanlagi.com merangkum beberapa cara membuat dalgona coffee dengan mudah serta bahan yang murah meriah. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 4 cara membuat dalgona coffee yang dapat di buat di rumah di saat social distancing atau pun yang sedang work from home seperti sekarang ini karena virus corona covid-19.

 

 

1. Dalgona Coffee Tanpa Mixer

Cara membuat dalgona coffee yang pertama yaitu tanpa menggunakan mixer. Kita tahu bahwa dalgona coffee memiliki tekstur coffee yang lembut seperti foam, dan untuk mendapatkan foam tersebut tidak bisa bila tak menggunakan mixer.

Tapi tenang KLovers, kalian bisa kok membuat dalgona coffee dengan tanpa mixer. Gimana cara membuatnya, yuk persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan yang dibutuhkan:

5 sendok teh kopi bubuk halus

5 sendok teh gula pasir

Air hangat

Es batu

dan susu cair

Cara membuatnya:

Pertama, masukkan 5 sendok teh kopi bubuk halus, 5 sendok teh gula pasir dan 5 sendok teh air hangat ke dalam blender lalu blender bahan tersebut hingga 5 menit atau sampai bahan berubah menjadi foam.

Kedua, siapkan es batu ke dalam sebuah gelas lalu setelah itu tuang susu cair ke dalam gelas yang telah terisi oleh es.

Terakhir, bila sudah selesai kita dapat meletakkan foam tadi diatas susu yang sudah diberi es. Selesai, dalgona coffee siap disajikan.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat cara membuat dalgona coffee tanpa menggunakan mixer di channel YouTube milik Puguh Kristanto Kitchen.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Dalgona Coffee dengan Gula Halus

Berikutnya adalah cara membuat dalgona coffee dengan menggunakan gula halus. Sebelumnya membuat dalgona coffee dengan menggunakan gula pasir biasa, kali ini kita akan menggunakan cara membuat dalgona coffee dengan gula halus.

Sebelum kita siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan utama 2 sendok teh kopi bubuk halus

4 sendok makan gula halus

30 ml air es yang dingin

susu cair

Cara membuatnya:

Masukkan 4 sendok gula halus ke dalam sebuah wadah bersama dengan 2 sendok kopi bubuk halus.

Lalu aduk kopi dan gula secara merata, bila sudah rata masukkan 30 ml air dingin.

Setelah di masukan air dingin, mixer bahan selama 2 menit atau hingga bahan menjadi sebuah foam.

Masukkan susu ke dalam gelas tidak harus penuh penuh, sisakan sedikit untuk meletakkan foam coffee di atasnya.

Terakhir, masukkan foam coffee ke dalam gelas yang sudah diberi susu dan dalgona coffee siap disajikan.

Untuk cara membuat dalgona coffee lebih jelasnya, KLovers bisa langsung kunjungi YouTube channel milik Pufflova ya.

3. Menggunakan Brown Sugar

Cara membuat dalgona coffee selanjutnya dengan menggunakan brown sugar. Untuk para pecinta coffee dengan menggunakan brown sugar, maka resep ini patut untuk di coba di rumah ya KLovers.

Banyak pencinta coffee yang lebih memilih menggunakan brown sugar dibanding dengan gula putih, bagaimana caranya? Yuk simak KLovers.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

2 sendok makan kopi bubuk halus

2 sendok makan brown sugar

2 sendok makan air hangat

5 sendok makan santan cair

Es batu

Cara membuatnya:

Masukkan semua bahan di atas menjadi satu di dalam satu tempat ke dalam sebuah piring.

Berbeda dengan yang lainnya kali ini kita akan mengocok semua bahan dengan menggunakan saringan hingga 4 menit atau sampai coffee tadi berubah menjadi foam.

Masukkan es batu ke dalam sebuah gelas, lalu masukkan susu sapi ke dalam gelas yang berisi es batu tadi.

Masukkan sedikit santan agar susu terasa lebih gurih (ini sesuai selera, bila tidak menggunakan santan tidak apa-apa).

Terakhir, masukkan dalgona coffee di atas susu. Selesai, dalgona coffee siap di sajikan.

Untuk lebih jelasnya, KLovers dapat melihat cara membuat dalgona coffee dengan brown sugar melalui YouTube channel milik Devina Hermawan.

Itulah 3 cara membuat dalgona coffee yang mudah dan murah. KLovers dapat dengan mudah membuatnya di rumah tanpa harus menggunakan mesin atau bahan khusus lainnya selama melaksanakan social distancing atau work from home. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending