10 Kue Kering yang Sering Ditemui Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

10 Kue Kering yang Sering Ditemui Saat Lebaran, Mana Favoritmu?
(Credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Hari raya tinggal menghitung minggu, terkadang ada hal-hal yang kalian tunggu saat hari raya Idul Fitri tiba. Bukan hanya momen berkumpul bersama keluarga, tetapi juga makanan yang di suguhkan seperti ketupat, sayur opor dan kue kering khas lebaran.

Walaupun banyak jenis-jenis kue yang akan disuguhkan di setiap daerah, tetapi ada beberapa kue yang pasti disajikan saat Idul Fitri tiba. Misalkan saja kue nastar atau kue putri salju, kue-kue ini pasti disuguhkan di rumah-rumah untuk menyambut tamu yang datang.

tetapi ada beberapa kue yang sama jenis dan rasanya, hanya saja beda daerah beda juga namanya. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 kue kering khas lebaran yang biasanya disuguhkan saat Idul Fitri.

1. Kue Nastar

Tak dapat di pungkiri bahwa kue nastar merupakan kue kering khas lebaran pertama yang selalu menghiasi meja-meja saat Idul Fitri tiba. bentuknya yang bulat dengan isian selai nanas ini banyak di gemari oleh semua kalangan.

Saat ini sudah banyak jenis kue nastar yang dibuat, dari segi bentuk, bahan dan juga rasa membuat kue ini menjadi kue yang wajib dihidangkan kepada para tamu. Bagaimana KLovers? Udah kangen dengan kue kering satu ini?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kue Kastengel

Berbeda dengan kue nastar yang memiliki isian, kue kastengel tidak memiliki isian. bentuknya yang persegi panjang, di oleh dengan kuning telur serta diberi taburan keju, membuat kue ini memiliki aroma yang sangat gurih.

berbeda dengan kue kering lainnya, kue kastengel banyak mengenakan keju sebagai bahan pembuatannya sehingga kue ini memiliki rasa yang gurih.

3. Kue Putri Salju

Yang menjadi kue kering khas lebaran selanjutnya yaitu kue putri salju. Mengapa kue ini disebut putri salju, karena kue ini dibaluri dengan banyak gula putih halus yang terlihat seperti salju.

Banyak sekali bentuk-bentuk dari kue putri salju, ada yang berbentuk bulan sabit, bintang hingga bunga. Rasa kue putri salju yaitu manis-manis gurih, rasa gurih terdapat pada kue putri salju dan rasa manisnya ada pada gula putih halus yang diberikan.

4. Kue Kacang Tanah

Sama dengan kue putri salju, rasa kue dari kacang tanah ini juga gurih dan manis. Bedanya gurih yang diberikan dari kue kacang tanah terdapat pada kacang yang menjadi bahan utama dari kue satu ini.

Kue kacang tanah ini berbentuk bulat datar dan berwarna seperti selai kacang, coklat keemasan. Kue ini menjadi kue kering khas lebaran selanjutnya yang wajib untuk disuguhkan.

5. Kue Choco Chip

Keju sudah, nanas sudah, kacang juga sudah kali ini coklat. Tidak nyaman bila di meja tamu tidak disuguhkan dengan coklat, yup! kue choco chip masuk ke dalam kue kering khas lebaran yang wajib saat Idul Fitri.

kue yang berbentuk bulat datar dengan tekstur kue yang kasar membuat kue ini terlihat unik. Tidak lupa juga dengan taburan choco chip yang membuat kue ini terlihat cantik.

Tentu saja bahan dasar dari kue ini adalah coklat, dari lat bubuk hingga choco chip terdapat dalam kue yang memiliki rasa manis-manis coklat.

6. Kue Bangkit

Kue khas dari Riau ini merupakan kue sering kita temui saat Idul Fitri tiba. Kue yang kecil dan berwarna putih ini memiliki tekstur kue yang lembut dan juga cepat mudah hancur.

Kue bangkit masuk dalam kue kering yang memiliki rasa manis. Teksturnya yang lembut membuat kue bangkit bila dimakan akan lumer di dalam mulut, beberapa orang juga berkata ada sensasi dingin saat kue bangkit lumer di dalam mulut. Gimana KLovers? udah ada yang pernah makan kue bangkit?

7. Kue Satu

Kue yang ukurannya sama-sama kecil seperti kue bangkit membuat kue ini cocok untuk suguhan saat lebaran. kue satu juga memiliki tekstur yang sama dengan kue bangkit, yaitu mudah hancur saat dimakan.

bahan dasar dari kue satu yaitu bubuk kacang hijau, rasanya yang manis membuat kue dari Jawa Barat ini menjadi kue wajib yang di suguhkan di Jawa Barat saat perayaan-perayaan besar, termasuk Idul Fitri.

8. Pastel kering

Kue kering satu ini berbeda dengan kue kering lainnya, pastel kering memiliki rasa gurih dan asin. Isian dari pastel kering berupa abon sapi, ayam ataupun udang yang membuat kue pastel kering ini terasa lezat.

Pastel kering dapat menjadi teman makan yang enak, bentuknya yang unik dan cantik membuat pastel kering menjadi pilihan kue kering yang disajikan saat lebaran.

9. Untir-untir

Kue selanjutnya yang digoreng yaitu untir-untir, warnanya yang coklat dan bentuknya yang unik seperti tali tambang membuat untir-untir dipilih menjadi kue khas lebaran yang ada di meja.

Rasanya yang tidak terlalu manis dan ringan cocok untuk KLovers yang bosan dengan suguhan kue kering yang manis.

10. Akar kelapa

Akar Kelapa hampir sama seperti untir-untir, akar kelapa juga memiliki warna yang kecoklatan. Sama seperti namanya, bahan dasar dari kue akar kelapa yaitu kelapa dan juga sagu.

ini membuat rasa dari kue akar kelapa manis dan juga gurih. Kedua rasa itu dapat membuat kalian para KLovers tidak akan merasa bosan untuk terus makan kue yang berasal dari betawi ini.

Inilah beberapa kue kering khas lebaran yang wajib di suguhkan di atas meja saat Idul Fitri tiba. Mana yang menjadi favorit para KLovers? Apakah nastar yang ada isian, kue bangkit yang manis dan lembut atau kue akar kelapa yang manis dan juga gurih?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending