6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kamis, 26 Maret 2020 10:44 Penulis: Nurul Wahida
6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Ilustrasi Manfaat Pepaya Untuk Kulit dan Rambut (pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Buah yang satu ini tidak asing lagi bagi masyarakat tropis seperti Indonesia. Pepaya memang dikategorikan sebagai buah yang tumbuh di seluruh daerah tropis. Tak hanya tumbuh subur, ada pula manfaat pepaya untuk kecantikan mulai dari rambut sampai kulit.

Pepaya seberat 100 gram mengandung setidaknya 365 mg vitamin A yang baik untuk kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan pepaya miliki unsur antibiotik untuk tubuh. Selain itu pepaya mengandung papain yaitu enzim yang bisa membantu dalam mencerna protein (enzim protease).

Pepaya juga termasuk tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan mulai dari buah hingga akarnya. Tidak sulit untuk menemukan buah pepaya, rata-rata tanaman ini menjadi tanaman pekarangan rumah.

Karena banyaknya vitamin yang terkandung di dalamnya, tak heran jika pepaya kaya akan manfaat, salah satunya manfaat pepaya untuk kecantikan. Dan berikut adalah beberapa manfaat pepaya lainnya, simak selengkapnya di sini.

1. Kandungan Nutrisi dalam Pepaya

Buah pepaya yang sudah matang seberat 100 gram mengandung beberapa kandungan nutrisi diantaranya :

  • Kalori 46 kal
  • Vitamin A 365 S1
  • Vitamin B1 sebesar : 0,04 mg
  • Vitamin C : 78 mg
  • Kalsium : 23 mg
  • Hidrat arang : 12,2 gram
  • Fosfor : 12 mg
  • Besi 1,7 mg
  • Protein : 0,5 mg
  • Air : 86,7 gram
Buah ini begitu kaya akan manfaat. Apalagi kandungan unsur antibiotik untuk tubuh. Selain itu pepaya mengandung Papain yaitu enzim yang bisa membantu dalam mencerna protein. Tak heran jika buah pepaya juga baik untuk pencernaan.

2. Mengurangi Kerutan

Sudah bukan rahasia lagi jika buah ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaat pepaya yang dilansir dari Healthline.com.

Pepaya mengandung antioksidan seperti Lycopene yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebuah Penelitian pada tahun 2015 menunjukan bahwa kerusakan kulit dan kerutan menjadi penyebab penuaan adalah karena paparan radikal bebas.

Antioksidan (Lycopene) dapat membantu agar kulit tetap halus dan awet muda. Selain itu pepaya juga bisa membantu agar kulit tetap elastis sehingga meminimalkan munculnya keriput pada kulit. Pada tahun 2014 sumber terpercaya kembali melakukan penelitian terhadap perempuan dengan usia lanjut yang mengonsumsi antioksidan Lycopene dan vitamin C bisa mengurangi kerutan pada wajah secara menyeluruh.

3. Mencegah Jerawat

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat mengurangi inflamasi. Enzim papain yang larut dalam protein dapat ditemukan pada produk kecantikan. Produk ini membantu mencegah timbul jerawat dan kulit mati yang menyumbat pada pori-pori.

Papain juga dapat menghilangkan keratin rusak yang menumpuk pada kulit dan membentuk sebuah benjolan kecil. Papain ini bisa juga digunakan untuk pengobatan jaringan parut. Selain itu kandungan vitamin A pada pepaya dapat membantu mengobati dan mencegah peradangan pada jerawat.

4. Mencegah Melasma Pada Kulit

Melasma merupakan penggelapan yang terjadi pada sebagian kulit. Kondisi ini menyebabkan warna kulit tidak merata secara keseluruhan. Kandungan enzim beta carotene, vitamin dan phytochemicals pada pepaya bida mencerahkan kulit.

Meskipun belum ada penelitian klinis mengenai ini, namun para ahli kesehatan alami mengklaim jika kombinasi antara aksi Papain dapat melarutkan protein yang bisa mencerahkan dan melembutkan kulit. Gunakan sehari-hari ekstrak minyak biji pepaya pada kulit untuk membantu menghilangkan bintik-bintik hitam.

5. Merawat Rambut

Kandungan vitamin A dalam pepaya bermanfaat bagi rambut yakni membantu kulit kepala menghasilkan sebum yang memberi nutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut kamu. Kamu dapat membuat masker dari bahan pepaya dengan mencampurkan :

- ½ pepaya matang

- ½ cangkir minyak kelapa

- 1 sendok the madu

Bahan-bahan tersebut dapat dioleskan pada rambut dan biarkan selama 30 hingga 40 menit. Kemudian bilas dan keramas seperti biasa.

6. Menumbuhkan Rambut

Enzim lycopene bisa merangsang pertumbuhan rambut. Sehingga akan membuat rambut kembali lebat dan kuat.

Manfaat pepaya untuk rambut

7. Mencegah Munculnya Ketombe

Ketombe menjadi masalah yang sering disebabkan oleh jamur malassezia. Kandungan anti jamur dari biji pepaya dapat membantu mencegah dan mengendalikan munculnya ketombe.

Manfaat pada buah pepaya untuk kesehatan kulit dan rambut dapat menjadi cara mudah mengatasi berbagai masalah yang timbul. Kamu bisa membuat masker sendiri secara mudah dengan bahan buah pepaya.  Atau jika kamu tidak ingin ribet dengan proses pembuatan masker tersebut, kamu dapat membeli produk dengan ekstrak pepaya. Berbagai produk kecantikan berbahan pepaya telah banyak ditawarkan di pasaran.

Manfaat pepaya memang banyak, yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Tunggu apalagi, tidak perlu bingung mencari solusi untuk masalah kulit dan rambut. Gunakan bahan alami dari alam untuk mencegah efek samping bagi tubuh. Semoga artikel mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan kulit dan rambut ini bermanfaat untuk KLovers.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI