Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Mudah, Perhatikan Beberapa Hal Penting Sebelum Mulai Mencoba

Kamis, 23 September 2021 15:11
Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Mudah, Perhatikan Beberapa Hal Penting Sebelum Mulai Mencoba
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Televisi atau tv dan handphone atau hp menjadi dua benda yang kini sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Keduanya, tergolong bisa sebagai alat komunikasi. Bedanya tv hanya bisa menjadi media komunikasi satu arah, sedangkan hp bisa menjalin komunikasi dua arah. Di era modern saat ini, kita bisa melakukan cara menyambungkan hp ke tv pintar (smart tv).

Tv dan hp tak saja jadi alat untuk komunikasi dan informasi. Kini, keduanya juga dipakai sebagai media hiburan. Dari tv maupun hp, seseorang bisa mengakses film atau jenis tontonan lainnya. Namun di era internet seperti saat ini, tampaknya tayangan atau tontonan streaming lebih diminati. Meski demikian, hal ini tak serta membuat tv ditinggalkan begitu saja.

Dengan cara menyambungkan hp ke tv, kita bisa mengakses internet atau tontonan streaming dengan layar yang lebih lebar. Selain bisa bikin lebih puas, hal ini tentu bakal membawa banyak manfaat, seperti lebih terjaganya kesehatan mata. Pasalnya, kita bisa menyaksikan layar tv dari kejauhan, alih-alih harus terus menerus menatap layar hp dengan jarak yang relatif dekat.

Sayangnya, sepertinya belum banyak orang tahu cara menyambungkan hp ke tv pintar. Untuk itu dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menyambungkan hp ke tv yang bisa kalian coba.

1. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mulai mencoba beberapa cara menyambungkan hp ke tv, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Ya, pasalnya tak sembarang jenis hp dan tv yang bisa dihubungkan satu sama lain. TV dan hp harus mempunyai fitur atau spesifikasi tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menyambungkan hp ke tv.

1) Pertama yang perlu dipastikan adalah adanya ketersediaan fitur Miracast pada hp dan tv. Jika pada tv tidak ditemukan adanya fitur Miracast, kalian bisa menyiasatinya dengan membeli dongle tambahan.

2) Pastikan pula ketersediaan port output video.

3) Adapun spesifikasi jenis hp yang bisa disambungkan ke tv setidaknya adalah OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas yang mempunyai fitur Miracast.

2. Cara Menyambungkan Hp ke Tv dengan Kabel HDMI

Cara menyambungkan hp ke tv yang pertama, bisa dilakukan dengan menggunakan kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface). Kabel ini berfungsi sebagai perangkat transmisi yang akan mentranfer audio dan video dari hp ke tv. Untuk cara lebih jelasnya, kalian bisa simak langkah-langkah berikut ini.

1) Pastikan TV dalam keadaan mati sebelum disambungkan dengan kabel.

2) Hubungkan kabel micro USB HDMI ke hp.

3) Selanjutnya, hubungkan ujung kabel yang lainnya ke port HDMI yang ada di tv.

4) Nyalakan tv, kemudian coba pindah ke saluran HDMI.

5) Coba cek ke layar hp, jika muncul ada notifikasi, beri centang di bagian "HDMI Connection."

6) Selesai, hp kalian akan secara otomatis tersambung ke layar tv.

3. Cara Menyambungkan Hp ke Tv dengan Google Home

Seperti yang kita tahu, google home memang jadi satu aplikasi yang menawarkan kita berbagai kemudahan. Nah, ternyata kalian juga bisa mencoba cara menyambungkan hp ke tv dengan menggunakan google home. Caranya tak kalah mudah, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1) Pertama, kalian perlu memastikan koneksi Wi-Fi untuk proses sinkronisasi

2) Kedua, pastikan hp Android dan smart tv telah terhubung ke saluran Wi-Fi yang sama.

3) Buka aplikasi Google Home yang ada di hp Android kalian.

4) Pilih opsi "Mirror Device" pada akun Google kalian ( ada di bagian kanan bawah). Tunggu beberapa saat, hingga muncul nama perangkat tv di HP Android kalian.

5) Jika sudah, langsung saja klik opsi "Cast Screen or Audio".

6) Dengan begitu secara otomatis, hp kalian akan langsung terhubung ke perangkat televisi.

4. Cara Menyambungkan Hp ke Tv dengan Chromecast

Kalian juga bisa mencoba cara menyambungkan hp ke tv menggunakan chromecast. Secara garis besar, chromcast merupakan satu perangkat dikembangkan oleh Google. Dengan chromcast, kita bisa menghubungkan ponsel Android ke televisi. Bagaimana caranya?

1) Pertama, hubungkan chromecast ke televisi melalui port HDMI.

2) Selanjutnya, aktifkan koneksi Wi-Fi untuk melakukan proses sinkronisasi.

3) Pastikan Hp dan Tv (chromecast) terhubung ke Wi-Fi yang sama.

4) Buka aplikasi Google Home di smartphone.

5) Lalu akses ke pilihan akun Google di bagian bawah

6) Pastikan bahwa akun yang dipilih sudah terverifikasi untuk tersambung dengan Chromecast.

7) Pilih opsi "Local Devices" untuk bisa menemukan perangkat tv yang akan dihubungkan dengan hp.

8) Pilih "Device Settings" untuk melihat daftar tv yang sudah terhubung dengan akun Google.

9) Setelah memilih, hp kalian akan langsung terhubung ke perangkat televisi secara otomatis

Itulah di antaranya beberapa cara menyambungkan hp ke tv yang bisa kalian coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI