3 Tips Masuk Kantor Saat New Normal Pandemi Corona Covid-19

Selasa, 02 Juni 2020 12:11 Penulis: Nurul Wahida
3 Tips Masuk Kantor Saat New Normal Pandemi Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Meski pandemi corona covid-19 belum hilang sepenuhnya, pemberlakuan era new normal atau kenormalan baru direncanakan mulai berlaku awal Juni. Beberapa daerah telah bersiap memasuki penghujung pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Termasuk pembukaan sektor ekonomi dan area publik.

Pandemi corona covid-19 di Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan. Sebut saja seperti wilayah Jawa Barat yang sukses mengendalikan penyebaran virus corona covid-19. Penurunan angka kasus virus corona covid-19 terlihat di beberapa kabupaten di wilayah tersebut.

Bersamaan dengan turunnya kasus virus corona covid-19 istilah new normal atau tatanan kenormalan baru mulai digaungkan oleh Pemerintah Pusat. Namun tatanan new normal ini akan diuji coba di beberapa provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki R0 atau angka kasus virus corona covid-19 di bawah 1.

Pembukaan sektor publik dan ekonomi mulai dipersiapkan saat memasuki era new normal yang rencananya akan berlaku awal Juni ini. Meski begitu, protokol kesehatan selama new normal harus tetap dilaksanakan agar terhindar dari virus corona covid-19.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui video conference terkait kesiapan penerapan new normal pada Rabu, (27/05/2020) telah meminta Kementerian Kesehatan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya adalah protokol kesehatan saat mulai masuk kantor selama new normal pandemi corona covid-19.

Lalu bagaimana tips masuk kantor saat new normal pandemi corona covid-19?

Adapun tips masuk kantor saat new normal yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan terangkum beberapa poin di bawah ini. Berikut tips masuk kantor saat new normal pandemi corona covid-19 berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Tips Ketika Perjalanan ke Tempat Kerja

Tips masuk kantor saat new normal pandemi corona covid-19 yang pertama adalah ketika perjalanan ke tempat kerja. Dalam postingan di akun Instagram milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah memberikan beberapa tips bagi para pekerja untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan ke tempat kerja saat era new normal sebagai berikut.

- Pastikan dalam kondisi sehat: Seperti yang kalian tahu selama masa pandemi corona covid-19 setiap orang yang sedang sakit atau tidak enak badan dianjurkan untuk tetap berada di rumah demi mencegah virus corona covid-19. Hal ini juga berlaku ketika era new normal yang harus memastikan tubuh dalam kondisi sehat. Termasuk ketika kalian akan kembali bekerja ke kantor.

- Memakai masker: Memakai masker saat new normal pandemi corona covid-19 harus tetap diterapkan saat kalian dalam perjalanan ke tempat kerja dan sebaliknya. Tentunya masker yang harus dikenakan sesuai dengan standar kesehatan mulai dari pemakaian hingga saat melepasnya.

- Jaga jarak: Bagi pekerja yang menggunakan moda transportasi umum, menjaga jarak selama perjalanan ke tempat kerja perlu dilakukan untuk menghindari virus corona covid-19. Jaga jarak yang dianjurkan sesuai dengan saat memberlakukan social distancing dan physical distancing yakni 1-2 meter.

- Hindari menyentuh area publik: Sebaiknya selama perjalanan ke kantor kalian harus menghindari menyentuh area publik seperti tangga, pintu, pegangan transportasi umum. Jangan lupa untuk menyiapkan hand sanitizer dalam tas apabila tidak menemukan tempat cuci tangan saat berada di transportasi umum.

- Gunakan pembayaran non tunai: Pembayaran non tunai bisa kalian pilih untuk menghindari virus corona covid-19 saat menggunakan transportasi umum. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus corona covid-19 yang bisa saja menempel pada lembaran uang.

2. Tips Ketika di Tempat Kerja

Tips masuk kantor saat new normal pandemi corona covid-19 selanjutnya yakni ketika kalian berada di tempat kerja. Tips ini perlu kalian tahu agar tetap aman ketika di tempat kerja dari virus corona covid-19.

- Cuci tangan: Ketika sampai di tempat kerja segeralah untuk cuci tangan menggunakan sabun. Seperti yang diketahui bahwa mencuci tangan dengan sabun lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan hand sanitizer.

- Jangan sering menyentuh fasilitas umum: Selama di tempat kerja sebisa mungkin kalian hindari menyentuh fasilitas umum seperti tombol lift, tangga, dan gagang pintu. Kalian bisa menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau memakai bahu untuk mendorong pintu.

- Tetap jaga jarak: Menjaga jarak dengan rekan kerja perlu juga diperhatikan saat masuk kantor di era new normal pandemi corona covid-19. Pastikan untuk tidak berkerumun agar mencegah corona covid-19.

- Bersihkan tempat kerja: Lama tak masuk ke tempat kerja tentunya meja atau area kerja jarang jarang untuk dibersihkan. Setibanya di kantor sering-seringlah untuk membersihkan meja atau area kerja agar tetap bersih dan sehat.

- Hindari menggunakan fasilitas bersama: Sebisa mungkin kalian harus menghindari memakai fasilitas bersama seperti peralatan makan serta peralatan ibadah. Setidaknya kalian bisa membawa sendiri botol minum dan peralatan ibadah dari rumah agar tetap aman.

- Usahakan ventilasi udara tetap baik: Mendapatkan aliran udara yang sehat dan bersih tentunya akan memberikan dampak baik bagi tubuh agar tetap sehat. Selama di tempat kerja usahakan agar ventilasi udara dan sinar matahari tetap masuk dan dalam kondisi yang baik.

- Hindari berjabat tangan: Berjabat tangan saat new normal pandemi corona covid-19 juga harus dihindari untuk mencegah virus corona covid-19. Meski terasa sedikit sulit menghilangkan kebiasaan ini, sebisa mungkin untuk menghindari berjabat tangan dengan rekan kerja saat masuk kantor.

- Tetap pakai masker: Selama new normal pandemi corona covid-19 masker harus tetap digunakan di tempat kerja. Seperti yang kalian tahu bahwa new normal bukan berarti virus corona covid-19 hilang sepenuhnya, sehingga protokol kesehatan ini harus tetap dijalankan.

3. Tips Ketika Pulang Kerja

Selain tips ketika perjalanan ke tempat kerja dan di tempat kerja, tentunya tips ketika sampai di rumah juga perlu diketahui. Adapun tips saat tiba di rumah yang bisa kalian kerjakan yakni:

- Langsung bersihkan diri saat tiba di rumah dan hindari bersentuhan dengan anggota keluarga.

- Mencuci pakaian dan masker dengan sabun. Apabila menggunakan masker sekali pakai, sebelum membuangnya basahi dulu dengan disinfektan dan merobeknya.

- Membersihkan peralatan pribadi seperti ponsel atau peralatan pribadi lainnya yang digunakan di tempat kerja agar terhindar dari virus corona covid-19.

Nah itulah tips masuk kantor saat new normal pandemi corona covid-19 yang bisa kalian terapkan. Tentunya dengan mengetahui tips tersebut kalian tetap aman dan terhindar dari virus dan penyakit yang masih mengintai dan belum sepenuhnya pulih. Selain itu tetap perhatikan protokol kesehatan selama new normal pandemi corona covid-19.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI