4 Hal Soal Kebiri Kimia, Eksekusi Bagi Para Pedofil yang Tengah Viral

Selasa, 27 Agustus 2019 14:55 Penulis: Galuh Esti Nugraini
4 Hal Soal Kebiri Kimia, Eksekusi Bagi Para Pedofil yang Tengah Viral
Ilustrasi (iStockphoto)


Kapanlagi Plus - Tengah viral di berbagai pemberitaan soal kebiri kimia. Hal ini dikarenakan keputusan pengadilan yang menjatuhkan tersangka seksual anak, M Aris asal Mojokerto, Jawa Timur. Kebiri kimia ini merupakan hukuman yang diberlakukan Indonesia untuk pertama kalinya.

Hukuman tersebut diambil karena pria berusia 20 tahun itu telah melakukan pelecehan terhadap 9 orang anak. Tak hanya dikebiri, pemuda warga Mengelo Tengah, Kecamatan Sooko itu juga dijatuhi 12 tahun penjara serta denda Rp 100 juta oleh Pengadilan Negeri Mojokerto.

Sebenarnya tahukah kalian tentang eksekusi kebiri itu sendiri? Dan apakah ada efek yang terjadi setelah pelaku dikebiri?

1. Pengertian Kebiri Kimia

Untuk kasus M Aris sendiri, pihak kejaksaan dari rumah sakit masih berkoordinasi untuk melakukan eksekusi itu. Tentu saja perlu adanya waktu lantaran semua pihak rumah sakit juga belum pernah melakukan kebiri.

Mengapa untuk para pedofil, kebiri menjadi hukuman yang pantas? Karena saat pria ini dikebiri, seluruh hormon yang menjadi sumber dorongan seks (testoteron) tidak dapat bekerja dengan semestinya. Ya, bisa jadi akan menurunkan gairah seksual dan libido pedofil.

2. Cara Melakukan Eksekusi Kebiri

Bagaimana cara melakukan kebiri kepada seseorang? Caranya bisa dengan melakukan pembedahan. Tepatnya melibatkan pengangkatan testis, lalu menyuntikkan senyawa kimia.

Namun, berbeda kebiri kimia tidak adanya pembedahan hanya saja melalui pemberian obat-obatan antiandrogen atau anafrodisiak, baik dalam bentuk pil atau lebih umum melalui suntikan, yang harus dilakukan secara rutin dan terus-menerus.

Eksekusi kebiri kimia ini ternyata sudah dilegalkan di beberapa negara, sekitar tahun 1944 lalu. Banyak yang setuju dengan kebiri kimia ini karena dianggap menjadi hukuman yang pantas untuk pelaku pedofil agar tak mengulangi perbuatan kejinya.

3. Efek Samping Kebiri Kimia

Ternyata ada juga efek samping bagi seseorang yang dikebiri kimia, seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, depresi, rasa panas dan anemia. Karena obatnya untuk melakukan kebiri ini akan berpengaruh pada hormon testosteron dan estradiol.

Bagi pria, estradino sendiri sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang, fungsi otak, dan proses kardiovaskular. Tak hanya itu saja, pria yang dikebiri juga akan mengalami ginekomastia (pertumbuhan kelenjar susu). Selain itu, ia akan mengalami pengurangan massa otot dan peningkatan massa lemak tubuh, serta melemahnya kekuatan tulang.

4. Michael Jackson Juga Dikebiri?

Soal kebiri, penyanyi Michael Jackson juga pernah dikaitkan. Dirinya diduga dikebiri kimia oleh ayahnya sendiri, Joseph Walter "Joe" Jackson. Hal ini menurut pengakuan dari dokter pribadi Michael Jackson, Conrad Murray dalam wawancaranya setelah kematian raja pop itu.

Diakui Conrad, ayah Michael adalah sosok yang kejam kepada anak-anaknya saat kecil. "Joe Jackson adalah salah satu ayah terburuk bagi anak-anaknya dalam sejarah. Kekejaman yang diutarakan oleh Michael dialami di tangan ayah kandungnya," ungkap Conrad seperti yang dilansir dari The Blast.

"Fakta bahwa dia secara kimiawi dikebiri untuk mempertahankan suaranya yang bernada tinggi, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," tutupnya.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI