4 Manfaat Berolahraga di Malam Hari, Perlu Dicoba untuk Si Super Sibuk saat Pagi

Selasa, 03 Mei 2022 10:08 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Manfaat Berolahraga di Malam Hari, Perlu Dicoba untuk Si Super Sibuk saat Pagi
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Kesibukan sehari-hari bukan jadi alasan untuk menyempatkan diri dalam berolahraga. Olahraga memegang peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh terutama buat kamu si super sibuk.

Jika nggak bisa dilakukan di pagi hari, olahraga juga bisa dilakukan di malam hari loh. Dengan pemilihan jenis olahraga dan durasi yang tepat, workout di malam hari juga memiliki manfaat yang sama dengan ketika dilakukan di pagi hari kok. Apa saja sih manfaat dari berolahraga di malam hari?

1. Metabolisme Tubuh Menjadi Lebih Siap

Dilansir dari Klik Dokter, aktivitas fisik seperti olahraga akan menjadi lebih maksimal ketika suhu tubuh berada di titik tertinggi. Menariknya, sebagian besar orang memiliki suhu tubuh yang relatif lebih tinggi ketika siang hingga malam hari. Otot juga menjadi lebih fleksibel serta kekuatan fisik berada pada puncaknya.

2. Menghindari Kebiasaan tak Sehat

Alih-alih melakukan sesuatu yang kurang sehat seperti rebahan semalaman sambil ngemil fast food, olahraga akan tubuh tetap bugar. Selain membakar kalori dan membentuk tubuh ideal, berbagai penyakit non-communicable disease juga bisa dicegah dengan melakukan olahraga.

3. Tidak Diburu Waktu

Dengan tingginya intensitas kesibukan yang ada, bukan nggak mungkin olahraga di pagi hari kurang maksimal akibat diburu waktu. Hal ini tentu saja berbeda ketika olahraga dilakukan di malam hari. Meskipun dilakukan dengan durasi singkat seperti 15 menit, olahraga yang dilakukan di malam hari akan menjadi lebih fokus dan maksimal.

4. Mendapatkan Performa Terbaik

Berolahraga di malam hari juga membakar kalori yang sama besarnya dengan olahraga di pagi hari. Dengan mengkondisikan kebiasaan olah tubuh yang tepat, maka olahraga bisa menjadi optimal di malam hari. Lakukan gerakan sederhana seperti cardio, jogging, hingga gerakan aerobik untuk memaksimalkan efek positif dari olahraga.

Baik pagi atau malam hari, olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Jangan biarkan tubuh kehilangan cairan ketika berolahraga ya. Seimbangkan cairan tubuh dengan minuman isotonik yang mengandung elektrolit dan bermanfaat dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI