40 Kata-Kata Mutiara Sunda yang Menyentuh, Jadi Nasihat Jalani Kehidupan

Selasa, 15 Juni 2021 12:33 Penulis: Dhia Amira
40 Kata-Kata Mutiara Sunda yang Menyentuh, Jadi Nasihat Jalani Kehidupan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Hidup memang tak selalu berjalan dengan baik, ada saja permasalahan yang terjadi untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih kuat lagi. Walaupun terkadang permasalahan tersebut membuat kita merasa ingin menyerah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap kuat dan bertahan, salah satunya yaitu dengan membaca kata-kata mutiara Sunda.

Ya, Indonesia memiliki banyak sekali suku, salah satunya Sunda. Setiap suku yang ada di Indonesia pasti memiliki nasihat bijak untuk sebuah kehidupan. Nasihat bijak itu akan menuntun kita untuk menjadi manusia baik, dan tidak merugikan orang lain. Seperti kata-kata mutiara Sunda berikut ini yang bisa menjadi sebuah nasihat bijak bagi kehidupan.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 40 kata-kata mutiara Sunda yang menyentuh dan bisa menjadi sebuah nasihat bagi kehidupan sehari-hari. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Mutiara Sunda Bagi Kehidupan

Kata-kata mutiara Sunda yang pertama yaitu ada kata-kata tentang kehidupan. Ya, dalam hidup kita memang membutuhkan sebuah nasihat agar dapat menjalani kehidupan di dunia dengan baik. Dan berikut ini beberapa kata-kata mutiara Sunda bagi kehidupan tersebut:

1. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor". (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda.)

2. "Hirup itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek". (Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bahagia, meski hati sedang dalam keadaan gundah.)

3. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina". (Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa.)

4. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana". (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya.)

5. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

6. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a sarta ditutup ku rasa sukur." (Hidup haruslah dimulai dengan doa serta diakhiri dengan rasa syukur.)

7. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya.)

8. "Jalmi tiasa sukses, margi gaduh seueur cara. Sedengkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seueur teuing alesan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.)

9. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh." (Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

10. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh." (Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana.

 

2. Kata-Kata Mutiara Sunda yang Bijak

Kemudian ada pula kata-kata mutiara Sunda yang bijak. Ya, kata-kata mutiara Sunda ini bisa menjadi sebuah nasihat agar kalian dapat menjadi pribadi yang lebih bijak lagi dalam menghadapi berbagai situasi. Berikut ini beberapa kata-kata mutiara Sunda yang bijak tersebut:

11. "Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri." (Tidak ada istilah cinta buta, yang ada orang itu sendiri yang membutakan dirinya.)

12. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu.)

13. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng." (Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai daripada hal-hal yang abadi.)

14. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi". (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga.)

15. "Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.)

16. "Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh." (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia.)

17. "Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten.)

18. "Kudu hade gogod hade tagog." (Kita harus menjaga tingkah laku diri yang baik.)

19. "Bengkung ngariung bongok ngaronyok." (Jika kita menghadapi suatu kesulitan atau masalah pecahkan secara bersama-sama.)

20. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja.)

 

3. Kata-Kata Mutiara Sunda yang Memberi Motivasi

Tidak hanya bijak saja, kata-kata mutiara Sunda juga ada yang dapat memberikan sebuah motivasi dalam hidup kalian. Ya, sebuah motivasi untuk tetap semangat memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Dan berikut ini beberapa kata-kata mutiara Sunda yang memberikan motivasi tersebut:

21. "Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok." (Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur.)

22. "Lakukeun naon anu urang sanggup, teras tinggalkeun ka Gusti." (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.)

23. "Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu.)

24. "Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun. (Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup.)

25. "Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya." (Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia.)

26. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksesan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu.)

27. "Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur.)

28. "Jalma anu menang nyaéta jalma anu tiasa ngontrol dirina." (Orang yang menang adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya sendiri.)

29. "Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.)

30. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalannya.)

 

4. Kata-Kata Mutiara Sunda Tentang Kisah Cinta

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata Sunda tentang kisah cinta. Bagi seorang manusia, kisah cinta memang menjadi satu hal yang tak bisa dilepaskan dalam hidup. Bahkan cinta menjadi salah satu hal yang membutuhkan banyak nasihat, karena hingga saat ini tak ada yang benar-benar ahli dalam menangani kehidupan cinta. Untuk kalian yang membutuhkan nasihat cinta, maka berikut ini ada beberapa kata-kata mutiara Sunda tentang kisah cinta:

31. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia." (Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

32. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur" (Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain.)

33. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan." (Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super nggak ada yang bener-bener asli.)

34. "Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat" (Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.)

35. "Cinta aa ka neng moal leungit-leungit sanajan aa geus kawin deui." (Cinta abang sama neng enggak akan hilang walau abang sudah kawin lagi.)

36. "Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas" (Aku jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.)

37. "Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik." (Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek.)

38. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro" (Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

39. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu." (Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

40. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet." (Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.)

Itulah 40 kata-kata mutiara Sunda yang menyentuh dan dapat menjadi sebuah nasihat baik bagi kehidupan sehari-hari. Semoga kata-kata mutiara Sunda ini dapat menuntun kalian untuk lebih baik lagi.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI