8 Jenis Motivasi yang Bisa Dijadikan Inspirasi, Supaya Makin Produktif!

Rabu, 10 Februari 2021 11:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Motivasi yang Bisa Dijadikan Inspirasi, Supaya Makin Produktif!
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Motivasi salah satu hal yang diperlukan oleh manusia untuk melakukan tugas tegas yang luar biasa. Motivasi sendiri merupakan suatu dorongan atau sebab yang menjadi dasar seseorang melakukan sesuatu sehingga mencapai tujuan tertentu. Motivasi dapat muncul dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain. Adanya motivasi menyebabkan seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan semangat. Motivasi juga akan berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi kerja seseorang.

Selain itu, motivasi juga sering digunakan seseorang untuk memotivasi teman maupun keluarga di sekitar supaya membuat perubahan ke arah yang benar. Perlu kalian ketahui pula jika ada beberapa jenis motivasi yang memberikan pengaruh dan memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Motivasi Peningkatan Diri

Jenis motivasi pertama yang perlu kalian ketahui yaitu motivasi peningkatan diri. Jenis motivasi ini umumnya bisa ditemukan dari diri sendiri. Motivasi peningkatan diri merupakan kemampuan untuk memenuhi keinginan, harapan, atau tujuan tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Jenis motivasi ini sangat diperlukan untuk menciptakan kesuksesan dalam suatu pekerjaan.

Menurut hirarki kebutuhan Maslow, orang memiliki kebutuhan manusia diatur dalam tangga lima langkah. Sebelum lebih tinggi tingkat kebutuhan diaktifkan, tingkat kebutuhan lebih rendah harus dipenuhi. Dalam urutan, kebutuhan bersifat fisiologis, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri.

 

2. Motivasi Prestasi

Selanjutnya, jenis motivasi yang perlu kalian ketahui yaitu motivasi prestasi. Biasanya, motivasi ini fokus terhadap pencapaian tujuan. Motivasi prestasi sendiri akan bermanfaat untuk memberikan motivasi kepribadian dinamis, dan menghormati diri sendiri. Seseorang yang menetapkan motivasi prestasi akan membuat target yang akan dicapai. Dengan melakukan motivasi ini, seseorang pun akan lebih bersemangat mencapai target supaya keinginannya pun tercapai.

 

3. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik merupakan jenis motivasi yang mengacu pada perilaku yang didorong oleh penghargaan eksternal seperti gaji, pengakuan, pujian, nilai, ketenaran dan sebagainya. Jenis motivasi ini berasal dari luar individu berbeda halnya dengan motivasi intrinsik yang berasal dari dalam keyakinan diri sendiri. 

Salah satu contoh motivasi ekstrinsik adalah saat seseorang developer tetap mengerjakan pekerjaan rutin setiap hari yang tidak menyenangkan karena alasan untuk mendapatkan uang. Meski motivasi ekstrinsik bisa bermanfaat untuk beberapa kasus tertentu, akan tetapi ini bisa menyebabkan kelelahan atau kehilangan efektivitas seiring waktu.

 

4. Motivasi Takut

Ketakutan ternyata merupakan salah satu jenis motivasi yang perlu kalian ketahui. Apabila kalian merasa takut akan kegagalan, maka kalian harus bertanggung jawab kepada diri sendiri maupun kepada orang yang dicintai untuk menciptakan motivasi supaya terhindar dari rasa takut. Jadi, jangan biarkan rasa takut yang ada di dalam diri kalian menjadi kebiasaan yang dapat mengendalikan kalian. Oleh sebab itu, lakukan dengan beragam cara yang positif.

 

5. Motivasi Insentif

Selanjutnya, jenis motivasi yang bisa kalian lakukan yaitu motivasi insentif. Jenis motivasi yang satu ini mendorong kalian untuk mendapatkan imbalan ketika pekerjaan kalian melebihi rata-rata. Singkatnya, motivasi ini ketika kalian bekerja untuk mendapatkan bonus maupun pekerjaan yang sedang kalian lakukan.

Biasanya, jenis motivasi ini akan sering kalian temukan di tempat kerja, dimana atasan memberikan motivasi ini supaya para karyawannya pun semakin semangat menyelesaikan pekerjaannya.

 

6. Motivasi Sikap

Sikap yang positif dapat membantu kalian untuk membangun hubungan yang kuat dan tetap termotivasi. Jika kalian memiliki tujuan dalam pikiran namun kurang motivasi, cobalah miliki sikap positif. Ini akan menaikkan motivasi kalian sendiri. Oleh sebab itu, selalu berpikir positif supaya dapat mencapai sesuatu hal yang mungkin dianggap tidak realistis oleh orang lain.

 

7. Motivasi Investasi

Selanjutnya, jenis motivasi yang penting untuk kalian ketahui yaitu motivasi investasi. Investasi sendiri bisa secara fisik, emosional, dan finansial dalam suatu tugas. Contohnya, jika ia ingin menjadi seorang pengusaha maka seseorang pun harus memiliki komitmen total dalam mencapai suatu tujuan tersebut. Untuk mencapai tersebut, harus dibutuhkan kerja keras supaya keinginannya pun tercapai.

 

8. Motivasi Sosial

Motivasi sosial merupakan jenis motivasi yang menganggap kehidupan sosial mereka sebagai motivasi terbesar mereka. Teman-teman mereka adalah motivator terbaik mereka untuk mencapai tujuan hidup. Menurut penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung dipengaruhi motivasi sosial untuk melakukan tugas-tugas demi menyenangkan hati orang-orang yang mereka hormati.

Itulah sederet jenis motivasi yang perlu kalian ketahui. Perlu kalian ketahui jika motivator terbesar merupakan diri sendiri untuk mencapai sebuah tujuan. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI