Mengenal Jenis Pameran Seni Rupa Beserta Tujuan dan Fungsinya

Rabu, 10 Februari 2021 13:11 Penulis: Dita Tamara
Mengenal Jenis Pameran Seni Rupa Beserta Tujuan dan Fungsinya
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Tentu saja kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata pameran. Pameran sendiri merupakan suatu kegiatan yang menyajikan karya seni rupa dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh banyak orang. Diharapkan kegiatan pameran dapat terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator. Dengan adanya beragam bentuk apresiasi tersebut, membuat seniman belajar untuk meningkatkan hasil karyanya.

Perlu kalian ketahui, jika ada sederet jenis pameran yang tentunya memiliki tujuan berbeda-beda. Namun, sebelum membahas lebih lanjut jenis-jenis pameran, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu tujuan dan fungsi dari pameran itu sendiri. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Tujuan Pameran

Sebenarnya apa sih tujuan dari diadakannya pameran? Secara umum, tujuan diadakannya pameran antara lain:

-Tujuan Komersil, tujuan pameran yang pertama yaitu untuk mendapatkan keuntungan bagi seniman maupun pihak penyelenggara sebuah pameran. Biasanya pada pameran ini seniman bisa membuka penawaran khusus terhadap karyawannya, dan tidak jarang yang membuka lelang terhadap suatu karya.

-Tujuan sosial, selanjutnya tujuan pameran yaitu untuk menawarkan sebuah karya seni untuk dijual kepada penikmat karya tersebut. Biasanya, keuntungannya disalurkan untuk kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam dan lain sebagainya.

2. Manfaat Pameran

Adapun beberapa manfaat pameran seni rupa diantaranya adalah:

-Sebagai sarana apresiasi, salah satu manfaat pameran yang perlu kalian ketahui yaitu sebagai sarana apresiasi. Hal ini lantaran pameran dapat mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat.

-Sarana edukasi, selanjutnya pameran mempunyai manfaat sebagai sarana edukasi karena dapat mendidik seseorang untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal, dan pikiran manusia.

-Sarana rekreasi, pameran bisa dikatakan memiliki manfaat sarana rekreasi karena sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan lantaran rutinitas keseharian kalian. Dengan mengunjungi pameran, maka otak pun akan merefresh sekaligus mendapatkan ilmu baru.

-Sarana Prestasi, selanjutnya manfaat dari pameran yaitu dapat menjadi sarana prestasi. Sebab, dengan adanya pameran, bisa menjadi ajang kompetisi bagi para pecinta seni lantaran melalui karya seni kalian akan tau sebuah kreatifitas dari pencipta seni.

3. Jenis Pameran Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan:

1. Periodik, yaitu sebuah pameran yang diselenggarakan secara berkala pada periode tertentu, misalkan setahun sekali atau pameran yang merupakan event tahunan.

2. Insidental, merupakan jenis pameran yang diselenggarakan karena memang diperlukan dan pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja.

3. Permanen, pameran ini diadakan pada tempat yang tetap dan tidak akan berubah serta biasanya buka hampir setiap hari pada jam-jam tertentu. Biasanya jenis pameran permanen seperti di museum.

4. Jenis Pameran Berdasarkan Jumlah Seniman yang Tampil:

4. Pameran tunggal, pameran ini diselenggarakan oleh satu orang dan biasanya hanya terdapat satu jenis karya seni yang ditampilkan.

5. Pameran kelompok, jenis pameran ini diselenggarakan oleh sebuah kelompok atau komunitas seni. Biasanya, pada jenis pameran ini akan ditampilkan banyak karya seni yang diciptakan oleh berbagai seniman.

5. Jenis Pameran Dilihat dari Ragam Jenis Karya:

6. Homogen, pameran ini dimaksudkan untuk menampilkan satu jenis karya seni.

7. Heterogen, jenis karya di pameran ini ada beragam jenisnya.

6. Jenis Pameran Dilihat Karena Faktor Lainnya:

8. Pameran restospeksi, merupakan jenis pameran yang merupakan turunan dari pameran perorangan. Biasanya, pameran restospeksi ini diadakan oleh perorangan. Isi dari pameran ini biasanya mengenai perjalanan karir atau hidup dari seniman tersebut.

9. Pameran desain, pameran ini khusus untuk menampilkan produk misalnya produk elektronik, kerajinan tangan, furnitur, otomotif, dan lain sebagainya.

7. Jenis Pameran Dilihat dari Dimensi Karya Seni Rupa

11. Pameran karya seni rupa dua dimensi, merupakan jenis pameran yang hanya menyajikan karya seni yang memiliki bidang datar seperti lukisan, atau gambar yang hanya bisa dinikmati dari satu arah saja.

12. Pameran karya seni tiga dimensi, merupakan jenis pameran yang menyajikan karya seni memiliki kesan ruang yang sebenarnya. Sehingga, karya seni ini dapat diamati dari segala arah.

Itulah sederet jenis pameran lengkap dengan fungsinya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI