Mengenal Jenis-Jenis Novel, Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya

Rabu, 10 Februari 2021 14:11 Penulis: Dita Tamara
Mengenal Jenis-Jenis Novel, Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Secara umum, ada beragam jenis karya sastra yang dikenal secara luas. Salah satunya yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu novel. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jenis-jenis novel yang perlu kalian ketahui. Namun sebelum itu, kalian juga harus mengetahui pengertian dari novel itu sendiri.

Novel merupakan karya sastra yang berbentuk cerita rekaan dalam bentuk karangan panjang yang mengisahkan hidup seseorang yang dianggap berkesan. Selain itu, novel akan mengandung serangkaian cerita kehidupan tokoh dan orang-orang di sekitarnya yang diceritakan dengan menonjolkan watak juga sifat setiap pelaku cerita di dalamnya.

Misalnya saja menceritakan kasih sayang seorang anak kepada ibunya yang sakit. Semua tokoh cerita dalam novel adalah fiktip belaka. Namun, dibuat kejadiannya seolah-olah nyata terjadi pada masa tersebut. Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasan jenis novel lengkap beserta penjelasannya. Namun, sebelum itu, kenali terlebih dahulu ciri-ciri dari novel. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Ciri-ciri Novel

Sama halnya dengan karya sastra lainnya, novel memiliki ciri-ciri yang perlu kalian ketahui. Berikut adalah ciri-ciri novel:

-Novel terdiri minimal 35.000 kata atau 100 halaman.

-Terdapat lebih dari satu pelaku yang diceritakan.

-Terdapat lebih dari satu efek dan emosi.

-Novel mempunyai alur cerita yang kompleks.

-Terkadang muncul tema sampingan selain tema utama.

 

2. Jenis Novel Berdasarkan Genre

Jenis-jenis novel berdasarkan genrenya dibagi menjadi beberapa jenis seperti novel romantis, novel horor, novel misteri, novel komedi, dan novel inspiratif. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

-Novel romantis, merupakan jenis novel yang mengisahkan kisah-kisah percintaan. Alur cerita dalam novel romantis membuat pembaca merasa bahagia dan sedih dengan perasaan yang dialami oleh sang tokoh. Adapun contoh dari novel romantis yaitu Ketika Cinta Bertasbih, Ayat-ayat Cinta, dan lain sebagainya.

-Novel horor, merupakan jenis novel yang memberikan efek menegangkan bagi pembaca. Hal tersebutlah yang membuat pembaca akan merasa ketakutan. Adapun contoh dari novel horor yaitu Bangku Kosong.

-Novel misteri, merupakan jenis novel yang akan menemukan alur cerita yang rumit dan penuh dengan teka-teki. Hal tersebutlah yang membuat pembaca merasa ketakutan. Adapun contoh dari novel ini yaitu Sherlock Holmes.

-Novel komedi, merupakan jenis novel yang memberikan cerita dengan adanya unsur humoris, sehingga membuat pembaca tertawa. Contoh dari jenis novel ini yaitu Marmut Merah Jambu.

-Novel inspiratif, merupakan jenis novel yang berisi tentang cerita isnpiratif seseorang yang diharapkan dapat memotivasi pembacanya. Adapun contoh dari jenis novel ini yaitu Laskar Pelang, 5 cm dan lain sebagainya.

 

3. Jenis Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

Jenis-jenis novel berdasarkan isi dan tokohnya dibagi menjadi beberapa jenis seperti teenlit, chicklit, songli, dan dewasa. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Teenlit, merupakan jenis novel yang menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan remaja, dan akan menggunakan tokoh yang masih remaja. Hal tersebut dibuat untuk menarik perhatian para pembaca. Contohnya seperti, Dealova, Perahu Kertas.

Chicklit, merupakan jenis novel yang berhubungan dengan masalah-masalah atau gaya hidup seorang wanita muda. Contoh dari jenis novel ini yaitu Testpack, Miss Jutek, dan lain sebagainya. 

Songlit, merupakan jenis novel yang menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan lagu-lagu yang sedang hits dan memiliki makna yang mendalam. Contohnya Buaya Darat dan Ruang Rindu.

-Dewasa, merupakan jenis novel yang berhubungan dengan urusan orang dewasa atau kehidupan orang dewasa. Contohnya seperti On The Island, Saman, dan Larung.

 

4. Jenis Novel Berdasarkan Kebenaran Cerita

Jenis-jenis novel berdasarkan kebenaran cerita dibagi menjadi beberapa jenis seperti fiksi, dan non fiksi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

-Novel Fiksi, merupakan jenis novel yang bercerita tentang hal fiktif atau khayalan semata, dan tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Kefiktifan ini juga termasuk tokoh, alur, dan latar yang digunakan dalam novel saja. Contoh: Harry Potter.

-Novel Non Fiksi, merupakan jenis novel yang bercerita tentang kejadian nyata. Biasanya jenis novel ini merupakan kisah sejarah atau pengalaman seseorang. Contoh: Laskar Pelangi.

Itulah sederet jenis novel dilengkapi dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ya.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI