5 Alasan Pensimu Harus Sukses dari Perencanaan

Senin, 25 Maret 2019 06:32 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
5 Alasan Pensimu Harus Sukses dari Perencanaan
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Menggelar pensi bukan hal yang mudah. Ada begitu banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari menyusun kepanitiaan, mencari venue, hingga mengundang band atau artis untuk semakin memeriahkan acara. Namun tanpa perencanaan yang matang, pensi berisiko terhambat dan jauh dari kata sukses. Ini lho 5 alasan pensimu wajib sukses dimulai dari fase perencanaan.

Menemukan Orang-Orang yang Tepat

Biasanya perencanaan pensi sekolah akan melibatkan tim inti yang terdiri dari wakil sekolah, ketua panitia, sekretaris, hingga bendahara. Menyusun rencana yang matang akan memudahkanmu untuk menemukan orang-orang tepat yang akan mengisi kepanitiaan. Misalnya pensimu akan mengusung tema rumah hantu, maka perlu tim dekorasi yang cukup kuat dan handal untuk mewujudkan konsep tersebut.

Mempermudah Manajemen Waktu

Persiapan membuat pensi sekolah seringkali membutuhkan waktu yang cukup panjang, bahkan berbulan-bulan lamanya. Namun tanpa perencanaan yang tepat, tetap saja bikin panitia kelabakan karena dikejar deadline. Berkat rencana yang matang, kamu tak kesulitan membuat timeline dan memberikan target pada setiap tim untuk menyelesaikan tugasnya.

Menjaga Kekompakan Panitia

Perencanaan yang matang juga memasukkan tugas-tugas yang sesuai untuk setiap panitia. Tumpang tindihnya pekerjaan yang diberikan atau dilakukan lama-lama bisa memicu konflik di antara panitia.

Hasilnya, drama berkepanjangan yang nggak hanya bikin hubungan pertemanan merenggang tapi juga gagalnya acara pensi. Memiliki rencana kerja yang tepat bisa memberikan kontribusi untuk mempertahankan kekompakan semua orang demi pensi yang sukses.

Membantu Menggaet Media Partner

Menggaet media partner termasuk salah satu cara yang cukup efektif untuk melakukan promosi maupun publikasi pensi sekolahmu. Tapi tanpa perencanaan yang tepat, panitia pun bisa jadi bingung saat ditanya kesiapannya dalam menggelar pensi. Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan media partner dalam mempromosikan gelaran acaramu, lho.

Mencari Sponsor

Acara sebesar pentas seni sekolah pun memerlukan perencanaan yang tepat. Panitia harus tahu mau membuat acara seperti apa, kapan dan di mana tempatnya, alasan membuat acara tersebut, hingga bagaimana mengemas acara tersebut dengan baik.
Perencanaan ini tentunya tak lepas dari biaya yang diperlukan untuk menggelar pensi yang “pecah”. Dituangkan pada proposal yang rapi dan tersusun dengan baik, hal ini yang akan menjadi pertimbangan pertama dari pihak sponsor yang akan menyuntikkan dananya.

Selain mengutamakan perencanaan, pencarian sponsor untuk menggelar pensi memang tergolong tugas yang cukup sulit, apalagi buat kamu yang belum punya pengalaman. Serahkan saja pada Hiventory untuk mencari sponsor yang tepat bagi acaramu. Langsung daftar di sini dan jangan lupa ikuti media sosial Hiventory juga, ya.

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI