5 Cara Melacak Nomor HP dengan Mudah, Manfaatkan Internet dan Aplikasi yang Dipakai Sehari-hari

Jum'at, 10 September 2021 16:22
5 Cara Melacak Nomor HP dengan Mudah, Manfaatkan Internet dan Aplikasi yang Dipakai Sehari-hari
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Dihubungi nomor yang tak dikenal tentu bisa jadi hal yang sangat mengganggu. Namun terkadang, panggilan telepon dari nomor baru yang belum dikenal juga seringkali mengundang rasa penasaran. Terlebih, jika kita sedang dalam posisi menantikan kabar dari seseorang. Di saat-saat seperti ini, memakai cara melacak nomor Hp bisa membuat hati sedikit lebih tenang.

Belakangan ini, cara melacak nomor hp jadi satu hal yang cukup sering dicari internet. Pasalnya seperti yang kita tahu, belakangan cukup marak terjadi penipuan melalui sms dan telpon. Tak tanggung-tanggung, terkadang pelaku bisa menghubungi kita secara terus menerus sehingga terasa sangat mengganggu. Melacak setiap nomor baru, bisa jadi satu langkah untuk lebih waspada.

Selain dua alasan di atas, melacak nomor hp juga akan sangat berguna untuk berusaha menemukan hp yang hilang. Untuk itu, simak ulasan mengenai cara melacak nomor Hp yang telah kapanlagi.com rangkum dari liputan6.com.

 

1. Cara Melacak Nomor HP dengan Google Maps

Google maps tentu sudah jadi hal yang tak asing lagi bagi sebagian besar orang. Biasanya, fitur dalam google ini dimanfaatkan untuk mencari lokasi suatu tempat. Ternyata, google maps juga bisa digunakan sebagai cara melacak nomor hp. Namun untuk melakukannya, tentunya kalian harus memastikan adanya koneksi internet yang stabil terlebih dahulu.

Adapun cara melacak nomor hp dengan google maps adalah sebagai berikut.

1) Pertama, buka dan akses aplikasi Google Maps. Agar lebih hemat kuota, sebaiknya kalian mengatur koneksi internet berdasarkan time based atau berdasarkan waktu, bukan berdasar jumlah data yang digunakan atau volume based.

2) Setelah aplikasi Google Maps dapat diakses, langkah selanjutnya masuk ke menu "option".

3) Jika sudah, masuk ke "Friend List" atau Daftar Teman, kemudian pilihlah "Add Friend" atau Tambah Teman.

4) Kalian bisa menambahkan atau mengirim undangan untuk keluarga, teman, pacar, tetangga, atau nomor HP yang posisinya ingin kamu lacak.

5) Sebelumnya, pastikan nomor HP yang akan dilacak telah menerima invite atau undangan.

6) Terakhir, klik pada salah satu teman atau kerabat yang ingin dilacak. Secara otomatis, google maps akan menunjukkan keberadaan lokasi kontak yang dilacak.

 

2. Cara Melacak No HP dengan Bantuan Fitur Google Maps

Fitur-fitur dalam aplikasi google maps tak saja bisa membatu kalian menemukan lokasi suatu tempat. Beberapa fitur di dalamnya juga dapat digunakan untuk melacak nomor hp. Berikut beberapa fitur google maps yang dapat digunakan untuk melacak nomor hp.

1) My Location

Fitur My Location bisa digunakan untuk mengetahui poisis nomor ponsel walaupun tidak menggunakan perangkat Gps.

2) Business Listings

Fitur Business listing biasanya digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu baik bisnis maupun tempat penting yang lain.

3) Latitude

Fitur Lattitude digunakan untuk melacak lokasi nomor hp teman.

 

3. Cara Melacak Nomor HP dengan GPS

Saat pergi ke tempat baru, GPS jadi satu aplikasi andalan untuk menunjukkan arah. Namun ternyata sama seperti google maps, GPS juga bisa dimanfaatkan untuk melacak nomor hp. Cara melacak nomor hp ini sangat cocok digunakan untuk menemukan hp yang hilang. Berikut cara melacak lokasi nomor hp dengan menggunakan GPS.

1) Buka situs www.SAT-GPS-Tracker.com.

2) Setelah itu, pilih menu track a phone number here.

3) Kemudian pilih negara di mana HP itu hilang, lalu isikan phone number code dengan angka 62 (kode Indonesia).

4) Selanjutnya, isi "phone number" dengan nomor hp yang ingin dilacak. Isi tanpa menggunakan angka 0 di bagian depan.

5) Terakhir, klik "search".

 

4. Cara Melacak Nomor HP dengan Email

Siapa sangka ternyata kalian juga bisa melacak suatu nomor hp hanya dengan menggunakan email. Cara melacak nomor hp ini cocok dilakukan untuk mencari hp yang hilang. Bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1) Buka gmail.com melalui PC.

2) Setelah itu, login dengan alamat email dan password sesuai dengan akun yang terpasang di hp yang hilang.

3) Setelah masuk, pilih ikon titik yang berjumlah 9 yang berada di pojok kanan atas.

4) Pilih menu akun Google, lalu pilih opsi buka aktivitas saya.

5) Temukan menu strip 3 yang berada di pojok kiri tampilan PC, kemudian klik kontrol aktivitas.

6) Setelah itu, kalian bisa klik pilihan kelola aktivitas.

 

5. Cara Melacak No HP Lewat HLR Lookup

HRL Lookup adalah salah satu jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak lokasi berdasarkan nomor hp. Oleh karena itu, cara melacak nomoer hp berikutnya bisa dengan menggunakan aplikasi ini. Langkah-langkah dalam cara ini mungkin tak sefamiliar empat cara yang sebelumnya. Namun, cara ini sangat patut dicoba karena sangat praktis dan mudah dilakukan.

Adapun cara melacak nomor hp dengan HLR Lookup adalah sebagai berikut.

1) Pertama, download aplikasi HRL Lookup di Playstore, kemudian install.

2) Setelah terinstall, buka aplikasi HRL Lookup, lalu perhatikan kolom yang tersedia. Masukkan 'nomor hp', kemudian klik bagian 'check'.

3) Selanjutnya akan muncul data-data terkait nomor HP yang telah dimasukkan, seperti kota, negara, provider, dan lainnya.

4) Perlu diketahui bahwa HLR (Home Location Register), sehingga lokasi yang ditunjukkan bukanlah lokasi letak nomor HP saat itu berada secara tepat, melainkan merupakan di mana kartu provider tersebut didaftarkan.

Itulah di antaranya beberapa cara melacak nomor hp yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI