5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Selasa, 14 April 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian salah satu orang yang mencari cara mengatasi hidung tersumbat? Hidung tersumbat disebabkan oleh banyak faktor seperti alergi, flu, atau pilek. Ketika kalian mempunyai masalah hidung tersumbat, maka bernapas akan menjadi tantangan yang melelahkan bukan?

Apabila hidung sudah tersumbat, maka produktivitas juga akan terganggu. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Selain itu, gangguan bisa disebabkan akibat menghirup polusi, alergi tertentu, sinusitis, dan infeksi lainnya seperti Ispa dan influenza.

Tentu saat hidung kalian tersumbat, langkah dan penanganan yang mudah sangat diperlukan. Berikut ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang mudah:

 

1. Pijat Titik di Antara Kedua Alis

Cara mengatasi hidung tersumbat yakni dengan memijat area titik di antara kedua alis. Berikan sedikit tekanan pada saat melakukan pijat di area alis. Hal ini bisa dilakukan selama satu menit.

Pijat titik di antara kedua alis memiliki beberapa manfaat seperti: mencegah kering dan radang sinus,  mengurangi tekanan pada sinus frontal, selain itu memijat di antara kedua alis dapat melakukan pencegahan hidung tersumbat

2. Pijat sinus hidung

Lakukan pijat sinus hidung yang terletak pada tengah-tengah hidung. Kemudian lakukan gerakan memutar di area sisi hidung. Pijat ini dilakukan sekitar satu sampai dua menit dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah. Lakukan pemijatan dengan lembut.

Langkah ini merupakan langkah yang efektif, karena dapat membantu membuka saluran hidung. Oleh sebabnya, hidung akan mudah untuk menghembuskan udara melalui hidung dan hidung menjadi tidak tersumbat lagi.

Selain itu, kalian bisa memijat titik di antara mulut dan hidung. Gerakan tersebut bisa dilakukan selama 2 sampai 3 menit, gerakan ini juga bermanfaat membantu menghilangkan pembengkakan pada hidung.

3. Uap Wajah

Tak hanya sulit bernapas, hidung yang tersumbat terutama di malam hari akan mengganggu kualitas tidur. Supaya hal ini tidak berlangsung lama, uap wajah dapat menjadi solusi untuk mengatasi hidung tersumbat.

Pada dasarnya, uap wajah bertujuan untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di wajah. Tidak hanya itu, ternyata uap wajah dapat mencairkan lendir di hidung dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan mangkuk berukuran besar yang sudah terisi air panas, jika memungkinkan, kalian bisa menambahkan minyak esensial dengan aroma yang menenangkan. Setelah itu tutup rambut menggunakan handuk dan dekatkan wajah ke mangkuk tersebut. Hirup uap secara perlahan dan dalam hingga kalian bisa bernafas lebih bebas.

4. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Cara selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan cara tidur posisi kepala lebih tinggi. Mungkin sebagian orang sudah melakukan hal seperti ini. Posisi ini dapat membantu memulihkan hidung tersumbat karena posisi kepala yang lebih tinggi dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat pada saat tidur.

Jika kalian sering mengalami hidung tersumbat di malam hari, maka kalian bisa mengantisipasinya menggunakan dua bantal yang di tumpuk. Disarankan untuk menggunakan bantal yang nyaman, sehingga tidak membuat leher kalian sakit.  

5. Menggunakan Humidifier

Humidifier merupakan alat pelembab udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap air ini akan meningkatkan kelembapan udara sehingga berada dalam suhu yang ideal.

Dengan menggunakan humidifier, akan membantu meningkatkan kelembapan di kamar kalian dan membuat ruangan Anda lebih hangat. Humidifier juga akan membantu kalian bernapas lebih mudah pada saat tidur. Hal ini dikarenakan udara yang kering dalam sebuah ruangan, dapat mengiritasi kerongkongan dan saluran pernapasan. Oleh sebabnya, tingkat kelembapan dalam ruangan perlu diperhatikan.

Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kondisi hidung tersumbat tidak kunjung membaik dan sudah berlangsung beberapa hari hingga semakin parah.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI