6 Kelemahan Virus Corona Covid-19 yang Perlu Kalian Ketahui

Rabu, 08 April 2020 10:22 Penulis: Dhia Amira
6 Kelemahan Virus Corona Covid-19 yang Perlu Kalian Ketahui
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Saat ini penyebaran virus corona covid-19 telah mencapai angka tinggi, hal tersebut pun membuat masyarakat Indonesia banyak yang merasa takut dan panik. Nyatanya, virus corona covid-19 memiliki beberapa kelemahan loh KLovers, salah satunya yaitu terhadap panas.

Selain tidak kuat terhadap udara yang panas, masih ada beberapa kelemahan virus corona covid-19 yang bisa menjadi edukasi bagi kalian, serta dapat mengurangi tingkat kecemasan dan kekhawatiran terhadap virus corona covid-19.

Kelemahan yang dimiliki oleh virus corona covid-19 ini juga dapat menjadi pencegahan untuk kalian agar mengurangi tingkat penyebaran semakin banyak lagi. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 kelemahan virus corona covid-19 yang perlu kalian ketahui.

 

1. Melemah di Suhu Panas

Untuk kelemahan yang satu ini, mungkin kalian sudah pada tahu bahwa virus corona covid-19 tidak tahan terhadap suhu panas. Itulah mengapa saat ini pemerintah melakukan gerakan berjemur pada pukul 10 pagi yang dilakukan selama 15 hingga 20 menit saja.

Mengapa hal tersebut terjadi? Berdasarkan data yang diterbitkan oleh badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56 derajat celcius. Virus SARS sendiri memiliki kemiripan dengan virus corona covid-19, maka dari itu kita dianjurkan untuk berjemur.

Saat kalian berjemur pada jam 10 pagi, 15 hingga 20 menit saja badan kalian akan terasa panas dan mulai berkeringat. Hal tersebut dapat membunuh virus-virus yang ada di tubuh kita serta hal tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh, karena di dalam sinar matahari pagi terdapat vitamin D yang baik untuk tulang.

2. Tidak Bisa Lama di Permukaan

Faktanya bahwa virus corona covid-19 tidak dapat bertahan lama di luar dari tubuh manusia atau hewan yang telah ia singgahi. Virus corona covid-19 bisa bertahan lama di permukaan ketika ada hal yang dapat melindunginya seperti cairan yang ada pada tubuh manusia berupa cairan hidung atau cairan mulut.

Tapi ketika cairan tersebut mengering, maka virus corona covid-19 juga akan menghilang. Sehingga baik WHO maupun Kementerian Kesehatan RI tidak melarang pengiriman paket antar negara atau antar kota karena risiko penularan melalui media pengiriman paket tersebut sangatlah rendah.

3. Suhu Ruangan yang Kering

Karena virus corona tidak dapat bertahan di suhu yang panas, maka sirkulasi udara yang baik serta suhu ruangan yang kering akan sangat sedikit ditumbuhi oleh bakteri dan virus-virus termasuk virus corona covid-19.

Sebaliknya, bila ruangan rumah kita lembab dan kotor maka bakteri-bakteri dan virus-virus dapat dengan cepat berkembang dan datang. Sehingga, kita yang tinggal di rumah tersebut rentan terkena virus corona covid-19.

4. Dengan Sabun

Selanjutnya, kelemahan yang dimiliki oleh virus corona covid-19 adalah dengan sabun. Sudah banyak sekali gerakan atau challenge yang dilakukan agar masyarakat mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik. Hal ini dilakukan karena sabun adalah bahan yang paling ampuh dalam membunuh kuman, bakteri dan juga virus.

Mengapa sabun sangat ampuh dalam membunuh virus sekelas corona covid-19? Karena, virus corona sendiri memiliki 3 lapisan seperti DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus, lalu ada protein yang merupakan bahan baku virus untuk memperbanyak diri, dan yang terakhir yaitu Lapisan lemak sebagai pelindung luarnya.

Maka dapat disimpulkan bahwa, bila lapisan terakhir atau bisa di sebut dengan lapisan lemak yang menjadi pelindung dari virus corona rusak atau menghilang akibat sabun, maka virus corona pun akan ikut hancur dan hilang.

5. Disinfektan

Setelah sabun, kita juga dapat membunuh virus corona covid-19 dengan menggunakan cairan disinfektan loh KLovers. Kita sudah tahu bahwa saat ini cairan disinfektan sangat diperlukan dan sangat banyak kita jumpai di berbagai tempat.

Karena cairan disinfektan dapat membunuh bakteri dan juga virus yang terdapat pada benda-benda yang ada di sekeliling atau yang ada di tubuh kita. Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan agar virus yang hinggap di suatu benda atau pakaian yang dikenakan akan segera mati.

Hal tersebut bisa terjadi karena virus akan mati dalam satu menit saja. Cairan disinfektan sendiri berbahan alkohol dengan kadar 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1%, dengan begitu kalian dapat membersihkan benda benda yang sulit untuk dicuci dengan sabun seperti gagang telepon, sofa, meja kerja dan lainnya menggunakan cairan disinfektan.

6. Imun Tubuh

Hal terakhir yang menjadi kelemahan bagi virus corona covid-19 yaitu berada dalam tubuh. Apakah itu? Itu adalah imun tubuh, setiap manusia memiliki imun tubuh masing-masing.

Imun tubuh ini bekerja saat ada sesuatu benda asing atau zat asing yang masuk ke tubuh kita. Saat zat asing itu masuk maka imun tubuh akan berusaha untuk menghancurkan zat berbahaya tersebut demi melindungi diri kita. Maka dari itu, bila imun tubuh kita menurun, maka imun akan kalah dan virus corona dapat menguasai tubuh kita secara bebas.

Untuk menambah imun tubuh kita harus menjaga pola makan yang sehat, istirahat yang cukup serta banyak minum vitamin untuk menunjang kekebalan tubuh dalam diri kita.

Itulah 6 kelemahan virus corona covid-19 yang perlu kalian ketahui, semoga informasi di atas dapat menjadi sebuah sarana informasi bagi para KLovers di rumah dan menjadikan sebuah gerakan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia.

(kpl/dhm/gen)

Reporter:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI