10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah dan Secara Alami

Rabu, 04 November 2020 12:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah dan Secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mengalami masalah hidung tersumbat tentu saja membuat penderitanya merasakan tidak nyaman apalagi saat sedang beraktivitas. Sebab, pernafasan menjadi kegiatan alami yang sangat penting dilakukan oleh tubuh manusia. Apabila mengalami gangguan, maka produktivitas juga akan terganggu.

Biasanya, hidung tersumbat disebabkan oleh flu, pilek, hingga alergi. Nah, lendir atau yang biasa disebut ingus itu harusnya keluar dari hidung tertahan dan mengendap di hidung menyebabkan kalian jadi susah bernafas. Tak hanya susah bernafas dengan normal, hal tersebut juga berpengaruh terhadap indera penciuman.

Tak sedikit orang mencari cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan semprotan hidung untuk meredakannya. Namun, tak selalu menggunakan semprotan hidung itu merupakan langkah yang tepat, karena adanya risiko kesehatan yang akan ditimbulkan. Perlu kalian ketahui jika hidung tersumbat ternyata dapat dihilangkan dengan obat-obat alami lho.

Lalu, bagaimana cara mudah dan alami untuk mengatasi hidung tersumbat? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Uap Wajah

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama yaitu dengan melakukan uap wajah. Supaya tidur kalian tidak terganggu, uap wajah bisa menjadi solusi mengatasi hidung tersumbat nih. Uap wajah sendiri bertujuan untuk mencairkan lendir di hidung supaya tidak tersumbat lagi.

Cara menggunakannya, kalian hanya perlu menyiapkan mangkuk berukuran air besar yang sudah terisi air panas. Kalian juga bisa memasukkan minyak essensial dengan aroma yang menenangkan ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, hirup uap secara perlahan dan dalam hingga kalian bisa bernafas lebih bebas.

2. Pijat diantara Kedua Alis

Cara mengatasi hidung tersumbat yakni dengan memijat area titik diantara kedua alis. Berikan sedikit tekanan pada saat melakukan pijat di area alis. Hal ini bisa dilakukan selama satu menit.

Pijat titik diantara kedua alis memiliki beberapa manfaat seperti mencegah kering dan radang sinus, mengurangi tekanan pada sinus frontal, selain itu memijat di antara kedua alis dapat melakukan pencegahan hidung tersumbat.

 

3. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Selanjutnya, cara mengatasi hidung tersumbat bisa dengan memilih posisi tidur dengan kepala lebih tinggi. Cara ini memang sering digunakan dan ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Sebab, posisi ini dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat pada saat tidur. Untuk itu, kalian lebih miudah mengantisipasinya menggunakan dua bantal yang ditumpuk sehingga kalian tetap mendapatkan kualitas tidur yang baik.

4. Minum Banyak Cairan

Cara paling mudah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan memperbanyak minum cairan. Minumlah cairan setelah makan, saat minum obat, atau kapan pun ketika kalian sedang merasa butuh minum. Sebab, saat hidung kalian tersumbat, maka cairan yang kalian minum itulah dapat membantu mencairkan lendir yang nantinya dapat melegakan pernafasan kalian.

5. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih yang selama ini dikenal sebagai bumbu masakan, ternyata juga dapat mengatasi hidung tersumbat lho. Sifat antibakteri dalam bawang putih memang mempunyai banyak manfaat. Jika dikonsumsi setiap hari, bahkan bisa bekerja sebagai suplemen pencegah flu lho.

Jika kalian tidak bisa mengonsumsinya secara mentah, kalian bisa menghirup uap bawang putih dengan cara mengiris beberapa siung bawang putih. Setelah itu direbus dengan air mendidih. Cara ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat.

6. Pijat Sinus Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dengan memijat sinus hidung yang terletak pada tengah-tengah hidung. Kemudian lakukan gerakan memutar di area sisi hidung. Pijat ini dilakukan sekitar satu sampai dua menit dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah.

Lakukan pemijatan dengan lembut. Langkah ini merupakan langkah yang efektif, karena dapat membantu membuka saluran hidung. Selain itu, kalian bisa memijat titik diantara mulut dan hidung. Gerakan tersebut bisa dilakukan selama 2 sampai 3 menit untuk menghilangkan pembengkakan pada hidung.

 

7. Jahe

Jahe sebagai rempah-rempah ini memang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi hidung tersumbat. Jahe terkenal memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon memang terbukti ampuh. Jahe juga dapat menghilangkan racun berlebihan dalam tubuh, sehingga apabila mengonsumsinya secara rutin tubuh kalian akan tetap prima.

 

8. Humidifier

Humidifier merupakan pelembab ruangan bisa dijadikan solusi untuk meredakan hidung tersumbat dengan cepat. Hal ini karena humidifier mempunyai manfaat mengubah air menjadi uap sehingga udara di kamar kalian menjadi lembap. Menghirup udara yang lembap bisa meredakan pembengkakan pembuluh darah di area hidung, sehingga cairan akan mudah keluar dari hidung.

9. Garam

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam. Berkumur dengan air garam bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan karena air garam ampuh mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Cara menggunakannya, kalian hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam tersebut selama beberapa detik lalu dibuang.

10. Mengompres Hidung dengan Air Hangat

Mengompres hidung menggunakan air hangat merupakan salah satu alternatif mudah untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara melakukannya, kalian hanya memerlukan handuk kecil. Setelah itu, celupkan handuk tersebut pada air hangat. Jika sudah, kalian bisa langsung meletakkan handuk di hidung. Cukup mudah bukan?

Itulah sederet cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan mudah dilakukan. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kondisi hidung tersumbat tidak kunjung membaik dan sudah berlangsung beberapa hari hingga semakin parah. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI