5 Cara Mengatasi Sepatu yang Berjamur Dengan Praktis dan Bisa Dilakukan di Rumah

Jum'at, 28 Agustus 2020 09:22 Penulis: Dhia Amira
5 Cara Mengatasi Sepatu yang Berjamur Dengan Praktis dan Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sepatu menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki, karena sering digunakan saat kita melakukan aktivitas di luar rumah. Tetapi terkadang sepatu yang sering digunakan maupun jarang digunakan tetap menimbulkan jamur, dan cara mengatasi jamur tersebut adalah dengan perawatan yang rutin.

Tentu saja bila sepatu tidak dirawat secara rutin, maka akan membuat sepatu cepat rusak karena berjamur. Kalian bisa kok melakukan cara-cara praktis untuk mengatasi dan merawat sepatu yang berjamur tersebut. Dan tentu saja cara ini bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Kira-kira apa saja ya cara mengatasi sepatu yang berjamur tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 cara mengatasi sepatu berjamur yang mudah serta praktis, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Jemur Pada Matahari

Cara mengatasi sepatu berjamur yang pertama yaitu dengan menjemur di bawah sinar matahari. Bila kalian memiliki sepatu dengan bahan kain, maka dapat menimbulkan jamur ketika disimpan di tempat yang lembab.

Jadi bila tidak ingin sepatu kalian memiliki jamur, maka kalian bisa menjemur sepatu tersebut di bawah sinar matahari. Kalian bisa mencuci sepatu tersebut, dan keringkan di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Dan setelahnya kalian bisa menjemur sepatu secara rutin, seperti 1 atau 2 kali dalam seminggu. Bila rajin menjemur sepatu, tidak akan membuat sepatu berjamur dan juga bau.

2. Cuka

Selain sinar matahari, kalian juga bisa mengatasi sepatu berjamur dengan menggunakan cairan cuka. Hal ini karena cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga dapat membunuh jamur pada sepatu.

Caranya cukup mudah, kalian bisa memasukkan cuka ke dalam botol yang bisa di semprot. Setelah itu semprotkan cairan cuka pada sepatu yang berjamur secara merata, dan biarkan selama semalaman. Atau kalian bisa menggunakan cuka setelah menggunakan sepatu selama seharian penuh.

3. Baking Soda

Selain itu kalian juga bisa loh mencampurkan cuka dengan baking soda. Selain dapat menghilangkan jamur, cara ini juga digunakan untuk menghilangkan warna kuning pada sepatu.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan baking soda dan cuka dengan takaran satu banding satu. Setelah itu beri sedikit air hangat dan aduk hingga berbentuk adonan pasta. Kemudian gosok bahan itu pada sepatu, dan bilas dengan menggunakan air.

4. Bedak Bayi

Bedak bayi juga dapat menjadi cara mengatasi sepatu yang berjamur selanjutnya. Sepatu yang berjamur biasanya terjadi karena sepatu yang kita gunakan lembab, dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tetapi dengan menggunakan bedak bayi, maka kita kan sedikit mengurangi kelembapan pada sepatu tersebut. Dan membuat sepatu terhindar dari jamur secara berlebihan, juga bau yang tidak sedap.

5. Menggunakan Alkohol

Dan cara mengatasi sepatu berjamur yang terakhir yaitu dengan menggunakan alkohol. Untuk menggunakan alkohol pada sepatu kain harus dengan hati-hati ya KLovers, kalian harus memperhatikan takaran alkohol tersebut agar sepatu tidak cepat rusak.

Pertama kalian bisa mencampurkan alkohol pada air, dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian tuang campuran alkohol tersebut pada kapas atau kain, dan lap pada sepatu secara perlahan. Jangan terlalu digosok ya KLovers, karena ini dapat membuat sepatu rusak.

Setelah itu, keringkan sepatu di depan kipas angin hingga benar-benar kering. Kemudian cuci sepatu dalam 1 ember air dan 1 sendok teh sabun seperti biasa. Setelah itu jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Itulah 5 cara mengatasi sepatu yang berjamur dengan cara yang mudah dan juga praktis. Kalian juga bisa melakukan hal tersebut di rumah, dan jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, paling tidak dijemur pada sinar matahari. Hal ini agar sepatu tidak rusak semakin parah. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI