Jangan Malas, Ini 5 Cara Membersihkan Alat Makeup Agar Wajah Terhindar dari Jerawat - Bakteri

Kamis, 27 Agustus 2020 19:44 Penulis: Dita Tamara
Jangan Malas, Ini 5 Cara Membersihkan Alat Makeup Agar Wajah Terhindar dari Jerawat - Bakteri
ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian pecinta makeup, pastinya kalian akan banyak mengoleksi alat-alat makeup di meja rias kalian. Tentunya banyaknya alat makeup digunakan untuk menunjang penampilan agar tetap cantik dan menawan. Namun kalian jangan sampai lupa ya, karena bukan wajah aja lho yang perlu di rawat, namun alat-alat makeup yang sering kalian gunakan juga harus dirawat kebersihannya. Sayangnya, masih banyak perempuan yang cuek untuk membersihkan peralatan makeup yang terus menerus digunakan. Padahal alat makeup bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri hingga penyebab jerawat apabila tidak dijaga kebersihannya.

Menggunakan alat-alat kecantikan seperti kuas atau spons yang kotor tanpa pernah mencucinya tidak hanya menyebabkan jerawat dan bakteri saja. Namun, kotoran yang menempel pada kuas makeup atau beauty blender juga memberikan kontribusi pada kerusakan kolagen kulit yang menyebabkan penuaan dini Meski membersihkan alat makeup sedikit merepotkan, langkah ini jauh lebih baik dibandingkan kalian harus membeli baru peralatan makeup dan merogoh kocek yang tidak sedikit. Lalu, bagaimana cara membersihkan alat makeup agar terhindar dari jerawat hingga bakteri? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Tak hanya bagus untuk merawat kesehatan kulit, ternyata minyak zaitun dapat membantu membersihkan alat makeup lho. Cara membersihkannya, pertama-tama siapkan terlebih dahulu minyak zaitun dan sabun cuci piring. Setelah itu, campurkan 1 sendok minyak zaitun dan 2 sendok sabun cuci piring dalam wadah. Kemudian, balurkan spons makeup dalam campuran ini sambil dipijat lembut hingga spons bersih dari sisa makeup, lalu bilas dan keringkan.

Namun, untuk menghindari rasa berminyak dari minyak zaitun, kalian juga bisa membersihkan spons makeup dengan minyak zaitun terlebih dahulu, lalu mencucinya dengan sabun cuci piring sebelum dibilas hingga bersih. Minyak zaitun memang dikenal sebagai pengganti makeup remover. Tak heran jika minyak zaitun digunakan sekaligus untuk membersihkan alat makeup.

2. Air Panas

Selanjutnya, membersihkan alat makeup bisa sangat mudah kalian lakukan hanya dengan air panas. Pertama-tama kalian siapkan air yang kemudian dipanaskan. Masukkan air panas tersebut ke dalam wadah yang akan kalian gunakan untuk mencuci peralatan makeup. Kemudian, kalian bisa memasukkan peralatan makeup yang akan kalian cuci satu persatu. Nah, apabila air sudah kotor, sebaiknya kalian ganti dan ulangi kembali dengan cara diatas.

Apabila kalian mempunyai microwafe, ada baiknya memanaskan air menggunakan microwafe. Sebab, panas dari microwave dipercaya mampu menghilangkan noda atau bekas pada peralatan make up kalian secara tuntas.

3. Menggunakan Sabun

Membersihkan alat makeup dengan cara mudah dan murah yakni hanya dengan menggunakan sabun cair. Ada baiknya kalian memilih sabun bayi yang memiliki kandungan dan formula lembut untuk membersihkan alat makeup. Cara membersihkannya pun cukup mudah, pertama-tama basahi spons makeup, lalu tuangkan sabun secukupnya, kemudian bersihkan makeup yang menempel dalam spons dengan cara memijat atau meremas spons beberapa kali, lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini hingga spons bersih dari sisa makeup lalu keringkan.

Selain menggunakan sabun cair, kalian juga bisa menggunakan sabun batangan lho. Caranya pun hampir sama. Pertama-tama basahi spons dan sabun batangan, lalu gosokkan spons pada sabun sambil memijatnya agar sisa makeup di dalamnya keluar. Setelah spons bersih dari sisa makeup, bilas dan keringkan.

4. Menggunakan Remover Khusus Makeup

Membersihkan alat makeup yang paling efektif bisa dilakukan menggunakan air makeup remover. Air khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah dari make up ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan make up yang kotor. Namun untuk menggunakan air untuk make up remover, kalian harus membersihkan secara langsung setelah peralatan make up setelah digunakan supaya tidak boros.

5. Gunakan Sikat Gigi

Selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan alat makeup. Caranya pun terbilang mudah dan nggak ribet lho. Kalian hanya perlu menggosokkan sikat gigi bekas secara perlahan pada kuas makeup yang akan kalian bersihkan, Jangan lupa gosok dengan arah yang sama ya supaya tidak mengganggu bulu halus pada kuas make up.

Itulah sederet cara membersihkan makeup yang bisa langsung kalian praktekkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI