Simpan dengan Benar, Ini 6 Cara Merawat Buku Agar Tidak Menguning

Kamis, 27 Agustus 2020 17:33 Penulis: Puput Saputro
Simpan dengan Benar, Ini 6 Cara Merawat Buku Agar Tidak Menguning
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi orang yang mempunyai hobi membaca, buku jadi salah satu benda yang penting. Selain itu, ada pula sebagian orang juga menjadikan buku sebagai koleksi. Menyimpan buku juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika asal-asalan, buku bisa berubah warna menjadi kuning. Untuk itu, penting mengetahui cara merawat buku agar tidak menguning.

Lembaran kertas buku yang berwarna kuning memang umum terjadi pada buku-buku yang sudah berusia lama. Namun, jika disimpan dengan cara yang benar ternyata buku bisa tetap dalam keadaan baik dan tidak menguning. Dengan begitu buku akan lebih awet, sehingga bisa dibaca berulang kali. Lantas, bagaimanakah cara menyimpan buku agar tidak menguning?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara merawat buku agar tidak menguning.

 

1. Jauhkan dari Cahaya Matahari

Kertas atau buku termasuk benda yang rentan akan paparan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, di perpustakaan, buku-buku langka dan penting biasanya akan disimpan di rak atau tempat khusus yang relatif lebih aman. Bahkan, di berbagai perpustakaan besar terkadang disediakan ruangan khusus dengan fasilitas filter sinar ultraviolet.

Karena tidak memungkinkan untuk menyediakan filter ultraviolet. Sebagai gantinya, menjauhkan buku dari paparan sinar matahari. Sebaiknya, simpan buku pada lemari atau rak yang cukup teduh. Hal tersebut dirasa sudah cukup untuk mengurangi risiko buku yang menguning akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Jaga Sirkulasi Udara

Selain sinar matahari, udara juga bisa mempengaruhi kondisi buku. Dilansir dari bookwritten.com, gas dalam kertas tersebut keluar secara konsisten dan bisa mengakibatkan halaman buku jadi menguning. Terlebih jika buku diletakkan dalam rak berbahan dasar kayu. Sebab, kayu juga diyakini mempunyai gas atau bahan kimia yang serupa. Sehingga, dapat mempercepat proses buku menjadi kuning.

Salah satu cara merawat buku agar tidak menguning adalah dengan menyediakan sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik akan membuat gas dalam buku dan rak kayu menguap sempurna. Sesekali kalian juga bisa menyalakan kipas angin di depan rak buku. Cara ini bisa dilakukan untuk melancarkan sirkulasi udara di rak buku.

3. Jaga Suhu Ruangan

Suhu atau temperatur ruangan juga bisa mempengaruhi kondisi buku. Suhu ruangan yang terlalu panas bisa menyebabkan buku lebih cepat menguning. Hal tersebut juga jadi salah satu alasan mengapa rak buku sebaiknya dijauhkan dari jangkauan sinar matahari.

Namun, menyimpan buku di ruangan bersuhu rendah juga tidak baik untuk keawetan buku. Seperti yang kita tahu, suhu ruangan yang rendah bisa meningkatkan kelembapan. Oleh karena itu, dibandingkan ruangan ber-AC lebih disarankan menyimpan buku di ruangan yang cukup teduh dan sejuk secara alami.

4. Mengatur Posisi Buku

Cara merawat buku agar tidak menguning berikutnya adalah dengan mengatur posisi penyimpanan. Menyimpan buku secara sembarangan memang bisa membuatnya cepat rusak. Buku sebaiknya disimpan secara berdiri berjajar, bukan dengan ditumpuk. Cara ini akan membuat lembaran kertas dalam buku bisa mendapatkan aliran udara yang cukup. Dengan begitu, kelembapan buku akan terjaga, sehingga buku tidak cepat menguning.

5. Meletakkan Kamper

Selama ini kamper sering kali dipakai agar pakaian di lemari tidak berbau apek. Ternyata, tidak hanya di pakai di lemari, kamper juga bisa dipakai di rak buku. Selain membantu mencegah buku menguning, meletakkan kamper pada sudut-sudut rak, juga akan menyelamatkan buku dari serangga seperti ngengat. Tak hanya itu saja, kamper juga akan mencegah bau tak sedap seperti jamur pada buku akibat udara lembap.

6. Mengelompokkan Buku Berdasarkan Kondisi

Bagi kalian pecinta buku, sangat dianjurkan untuk mengelompokkan buku sesuai dengan kondisinya. Maksudnya, pisahkan antara buku yang masih dalam keadaan baik, buku yang sudah menguning, dan buku yang sudah rusak. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kalian. Sebab dengan begitu, kalian bisa lebih berhati-hati dalam mengambil, meletakkan, dan memperlakukan buku-buku yang kondisinya sudah tidak baik.

Selain itu, dilansir dari bookwritten.com, buku-buku yang sudah menguning dipercaya akan mengeluarkan gas kimia lebih banyak. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat buku-buku lain yang kondisinya masih baik, jadi ikut menguning. Itulah sebabnya mengapa sebaiknya kita pisahkan buku yang sudah menguning dari buku-buku lainnya.

Termasuk jika kalian membeli buku bekas yang keadaannya sudah menguning. Sebaiknya, simpan buku tersebut di tempat lain yang berbeda dengan buku-buku lainnya.

Nah, itulah di antaranya beberapa cara merawat buku agar tidak menguning. Kalian bisa menerapkan cara-cara di atas agar buku kalian menjadi lebih awet. Semoga bermanfaat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI