5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol & Campuran Bahan Lainnya, Praktis dan Mudah

Jum'at, 14 Juni 2019 12:19 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol & Campuran Bahan Lainnya, Praktis dan Mudah
Ilustrasi Cara Menghilangkan Komedo (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Komedo yang muncul pada kulit wajah dapat menurunkan kepercayaan diri. Dilansir dari fimela.com, komedo merupakan benjolan kecil (papula) yang terdapat pada permukaan kulit. Komedo termasuk ke dalam jenis jerawat yang ringan. Biasanya komedo muncul di sekitar hidung dan dagu. Namun, komedo ternyata juga dapat muncul pada punggung, bahu, lengan, leher, dan dada. Munculnya komedo dapat disebabkan oleh pemakaiaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya atau perubahan hormon.


Komedo dapat dihilangkan dengan mudah jika dilakukan perawatan. Salah satu alternatif perawatan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan odol. Ternyata selain untuk membersihkan gigi dan mulut, odol juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Dilansir dari tribunnews.com, berikut cara menghilangkan komedo dengan odol.


1. Odol dan garam


Kandungan yodium pada garam bermanfaat untuk proses pengelupasan (eksfoliasi) komedo pada kulit. Selain itu, garam juga dapat membuat kulit lebih lembut. Caranya sangat mudah, yaitu campurkan masing-masing satu sendok garam dan odol ke dalam wadah dan aduk sampai rata. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang berkomedo. Diamkan selama lima menit sambil memijat lembut dengan jari. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk yang bersih.
Setelah kering, kamu juga dapat menempelkan sendok besi yang sudah didinginkan pada kulit wajah agar pori-pori dapat tertutup. Gunakan cara ini secara rutin agar kulit terasa lebih lembut dan komedo menjadi berkurang.


2. Odol dan putih telur


Putih telur mengandung protein, vitamin A, vitamin E, dan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu menghilangkan komedo pada kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan putih telur dengan odol di dalam wadah. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang berkomedo dan tempelkan beberapa lembar tissue pada bagian yang sudah dioleskan campuran putih telur dan odol. Diamkan selama 20 menit dan bersihkan.


3. Odol dan jeruk nipis


Sudah pasti jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut memiliki banyak manfaat yaitu dapat mengangkat komedo membandel, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak, dan mencerahkan kulit. Caranya, kamu tinggal mencampurkan satu sendok air perasan jeruk nipis dengan odol dan diaduk sampai merata. Oleskan pada bagian kulit wajah yang berkomedo dan tunggu selama 15 menit sambil memijat lembut dengan jari. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih dan keringkan.

 

4. Odol dan bubuk gelatin


Kamu bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu mencampurkan odol dengan bubuk gelatin. Dilansir dari wajahkorea.com, selain untuk membuat kue, bubuk gelatin juga dapat menghilangkan komedo yang membandel di kulit kamu. Sifat gelatin yang lengket dapat membantu membersihkan sisa-sisa kotoran pada kulit yang menjadi penyebab munculnya komedo dan tersumbatnya pori-pori. Cara penggunaannya adalah campurkan odol dengan gelatin, kamu juga bisa mencampurkan putih telur atau madu ke dalamnya. Kemudian, oleskan pada kulit wajah selama 15 menit dan bersihkan menggunakan air dingin.


5. Baby oil


Selain cara menghilangkan komedo dengan odol dan bahan-bahan lainnya, ternyata menggunakan baby oil dapat menjadi cara mudah untuk menghilangkan komedo. Baby oil dapat membantu mengangkat minyak dan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Caranya adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, gunakan handuk yang sudah dicelupkan air hangat untuk membasahi wajah agar pori-pori dapat terbuka. Oleskan baby oil pada bagian kulit wajah yang berkomedo. Setelah itu, balurkan lagi baby oil menggunakan kapas untuk mengeluarkan komedo. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin atau es untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka. Untuk hasil yang lebih maksimal, pijatlah wajah beberapa kali selama lima menit, lalu bilas lagi dengan air bersih.


Itulah 5 cara yang sangat mudah untuk menghilangkan komedo mulai dari campuran odol dan bahan-bahan lain sampai baby oil yang baik untuk kulit. Untuk hasil yang maksimal, harus dilakukan perawatan rutin untuk menghilangkan komedo secara menyeluruh. Selain itu, membiasakan gaya hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan setiap hari juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Saatnya tampil cantik dengan wajah bersih bebas komedo!

 

Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI